Piano Termahal Dunia, Salah Satunya Ada di Jakarta

Posted on

Sebuah instrumen musik ternyata bisa memiliki nilai prestis yang tinggi. Seperti Liminal, piano ciptaan maestro Paolo Fazioli yang diklaim sebagai yang termahal di dunia ini.

Tentu kalian langsung berkhayal berapa harga piano ini sampai menjadi yang paling mahal. Saat dikonfirmasi, piano mewah ini dibanderol seharga kurang lebih 6 miliar rupiah!

Apa sih yang membawa dampak Liminal memiliki harga setara rumah mewah? Sang pencipta piano, Paulo Fazioli mengatakan latar belakang pembuatannya yang perlu selagi lama dengan jual piano yamaha.

“Berbeda dari mengolah masal, kami hanya membawa dampak 140 piano setahun. Jadi satu piano bisa dibikin berbulan-bulan, bahkan sampai dua tahun,” kata Paulo Fazioli ditemui di Fagetti Building, Mangga Dua Jakarta.
Karena proses pengerjaan yang dikerjakan secara handmade, piano ini memiliki kualitas nada terbaik. Pemilihan material terhitung benar-benar diperhatikan, sampai-sampai engselnya saja terbuat dari emas supaya tak merubah nada senar. Nilai estetika menjadi hal yang perlu bagi Fazioli.

“Tentu kami menegaskan nada yang dihasilkan bisa Bel Canto (seperti nada opera yang lembut). Tapi kami terhitung menghendaki membawa dampak piano yang memiliki estetika tinggi. Karena itu semua bagian kami finishing bersama dengan prima supaya enak dilihat,” ujar Fazioli.