HTQ UIN Malang Gelar Seminar Qur’an Nasional

Posted on

Info gresik – Hai’ah Tahfizh Al-Qur’an (HTQ) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar Seminar Nasional bertajuk ‘Menumbuhkan Jiwa Qur’ani bersama Menyelami Kalam Ilahi bagi Generasi Z’. Acara yang dihadiri lebih dari 200 orang dilakukan di Aula Gedung KH.

Ketua Panitia Seminar Nasional HTQ UIN Malang, Husni Nur Miftah mengatakan, acara ini menghadirkan dua tokoh bidang kajian Al Qur’an di antaranya KH. M. Afifuddin Dimyathi bersama materi berjudul Menambah Rasa Cinta, Menyibak Keindahan tak Terhenti, Mengarungi Samudera tak Bertepi dan juga Dr. H. Fahrur Rozi yang membawakan materi Waqaf Tanda Berhenti, Bahasa Cinta untuk Memaknai.

“Seminar ini memiliki tujuan untuk mengajak generasi Z mengenal dan menyadari ilmu-ilmu yang terkandung didalam bunyi, bahasa, dan arti Al Qur’an,” katanya.

Dijelaskan, bersama mengenal rahasia keindahan Al Qur’an maka dapat terlihat dorongan dan tekad yang baik untuk mempelajari dan menyadari Al Qur’an. Terutama bagi para penghafal Al Qur’an, dorongan mesti selamanya dipupuk bersama berkumpul bersama orang-orang berilmu.

Senada bersama itu, Ketua HTQ UIN Malang, Drs. Abdullah Zainur Rouf, M.HI terlampau menopang kegiatan yang diinisiasi oleh pengurus HTQ beserta para pembina. HTQ sebetulnya spesialis didalam menghafal Al Qur’an bagi mahasiswa UIN Malang khususnya, supaya kegiatan semacam ini penting sebagai ikhtiar tingkatkan dorongan didalam menghafal Al Qur’an.

Materi pertama yang dibawakan oleh KH. Afifuddin Dimyathi menjelaskan, para penghafal Al Qur’an merupakan hamba pilihan Allah. Selain itu, Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an, Jombang selanjutnya terhitung menyatakan mengenai Keindahan sastra dan Stilistika didalam Narasi Al Qur’an.Sementara itu, materi ke-2 yang dibawakan oleh KH. Fahrur Rozi menyatakan mengenai Ragam dan Urgensi Waqaf-Ibtida’ di didalam Al Qur’an.