harga jasa pemasangan pipa HDPE

Cara Pemasangan Pipa Hdpe yang Baik dan Benar 

Posted on

Jika ingin melakukan pemasangan untuk jenis pipa hdpe ini, memang tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Pemasangan pipa hdpe ini harus bisa menggunakan teknik yang paling tepat.

Sehingga, hal tersebut membuat harga jasa pemasangan pipa HDPE berbeda-beda. Ini karena, tidak semua teknik penyambungan bisa digunakan pada pipa hdpe. Berikut ini adalah cara penyambungan pipa hdpe yang dapat digunakan.

Beberapa Metode Penyambungan Pipa HDPE

  1. Penyambungan dengan Metode Fitting Mechanical Joint 

Pertama untuk ara penyambungan pipa hdpe yang pertama ini adalah dengan menggunakan metode penyambungan jenis fitting compression yang mana nantinya hanya tinggal disambungkan tanpa harus menggunakan lem pipa. Berikut ini adalah langkahnya :

– Buka terlebih dahulu compression collar dan lepaskan union beserta ring penjepitnya.

– Pasang union beserta ring penjepit ke dalam ujung pipanya.

– Pasang kembali compression collar lalu kencangkan menggunakan tangan atau alat pengencang standar.

Berikutnya Anda hanya tinggal melakukan hal yang sama pada pipa – pipa yang akan disambungkan. Jika Anda tidak memiliki waktu, maka bisa menggunakan jasa pemasangan pipa dengan harga jasa pemasangan pipa hdpe yang sesuai dengan budget Anda.

  1. Penyambungan Metode Butt Fusion Joint

Proses dalam penyambungan ini akan memakai mesin Butt Fusion atau welding machine yang biasanya digunakan oleh https://www.wintara-corp.com/. Caranya dengan pada kedua ujung pipa dipanaskan terlebih dahulu sampai mencapai derajat tertentu baru disambung dengan menempelkan pada kedua ujungnya memakai alat Butt Fusion tersebut. Jasa pemasangan pipa Surabaya dan di Indonesia banyak yang menggunakan metode satu ini.

  1. Penyambungan Menggunakan Metode Electrofusion 

Metode penyambungan yang terakhir dengan harga jasa pemasangan pipa hdpe yang terbaik adalah dengan menggunakan fitting electrofusion yang dapat dialiri listrik dan juga membuat fitting menjadi lebih panas agar dapat menyatu dengan baik di pipa. Cara lebih lengkapnya adalah seperti di bawah ini :

– Bersihkan pad ujung-ujung pipa yang nanti akan disambungkan.

– Pasangkan ujung-ujung pipa ini ke electro fitting.

– Hubungkan elektroda pada electrofusion ke electro fitting lalu hidupkanlah.

– Persenyawaan sambungan ini sudah terjadi jika pada warna lampu indikator berubah menjadi kuning.