Makhluk Berkaki Delapan

Makhluk Berkaki Delapan Ini Hidup di Wajah Kita dan Jumlahnya Banyak

Posted on

Mengenali cara mengobati tungau yang hinggap di kulit

Tanpa disadari, kita semua mempunyai sejumlah hewan yang selalu hidup di permukaan wajah kita. Hewan tersebut tidak dapat dilihat, tetapi keberadaannya ada di permukaan wajah kita. Apakah kamu tahu makhluk apa itu? Hewan itu disebut dengan tungau mikroskopis di wajah yang berkaki delapan dan mirip dengan laba laba. Kamu tidak perlu membayangkan bentuknya.

baca juga: cuci sofa cikarang

Yang jelas, hampir semua manusia memiliki hewan tersebut pada permukaan kulitnya. Makhluk ini juga dipercaya menghabiskan hidup di atas wajah kita. Mereka akan makan, berkembang biak dan akhirnya mati di wajah kita. Meskipun begitu, tungau mikroskopis di wajah ini tidak membahayakan nyawa. Ada dua jenis tungau yang hidup di wajah kita: diantaranya bernama demodex folliculorum dan D. Brevis. Lalu, bagaimana cara menghilangkan tungau dari wajah kita?

Berikut tips yang dapat dilakukan untuk menghilangkan tungau di wajah

Tungau sendiri memiliki banyak jenis dan penanganan yang akan dilakukan akan berbeda beda. Berikut ini jenis tungau yang paling umum ditemui, diantaranya:

baca juga: cuci springbed cikarang

  1. Sarcoptes scabiei, merupakan tungau yang dapat menggigit dan dapat masuk hingga ke bawah permukaan kulit. biasanya tungau ini akan menyebabkan kudis atau skabies. Ada beberapa gejala yang timbul, diantaranya gatal, muncul ruam atau melepuh yang berisi cairan hingga kulit kemerahan dan bersisik. Untuk menangani hal ini, kamu dapat menggunakan obat oles yang memiliki kandungan anti tungau.
  2. Tungau debu, biasanya berkembang di dalam rumah yang umumnya hidup dan berkembang biak di lingkungan yang cukup hangat dan lembab seperti halnya kasur bahkan hingga sofa. Gejala yang muncul akibat gigitan tungau debu ini yaitu dapat menyebabkan alergi dan memicu kambuhnya gejala asma. Kamu dapat menggunakan jenis obat seperti antihistamin yang berfungsi untuk mengurangi rasa gatal dan lainnya.
  3. Demodex, jenis tungau ini sering ditemui pada folikel rambut, kulit dan wajah. Gigitan dari tungau ini dapat menimbulkan kemerahan bahkan hingga iritasi. Ada beberapa metode pengobatan yang dapat digunakan yaitu menggunakan obat oles yang berbentuk krim atau lotion hingga melakukan perawatan pada kulit wajah secara berkala.