Cara Membuat Minyak Atsiri Sederhana

Posted on

Baiklah kawan kawan bertemu lagi, disini saya akan memberikan sebuah informasi tentang cara membuat minyak atsiri sederhana kepada kalian, nah bagi yang penasaran yuk simak sampai selesai artikel ini.

Minyak Atsiri

cara membuat minyak atsiri sederhana

Minyak atsiri atau juga dikenal sebagai minyak atsiri identik dengan rasa khasnya. Nah minyak atsiri tidak hanya digunakan sebagai bahan dalam pembuatan produk kosmetik karena memiliki efek menenangkan.

Minyak atsiri tidak hanya digunakan untuk kecantikan atau aromaterapi, tapi bisa juga digunakan untuk. Arlin Chondro, pendiri Peek Me Naturals, menjelaskan 12 jenis minyak esensial dan manfaatnya untuk kesehatan:

lavender

Minyak lavender dapat membantu mengatasi alergi. Lavender juga memiliki kandungan antidepresan yang dapat membantu melawan pusing, trauma, dan depresi. Untuk penggunaan topikal, minyak ini juga baik untuk mengobati luka luar dan luka bakar.

lemon

Dalam kasus lemon, minyak esensial diekstraksi dari kulit. Saat dihirup, minyak esensial lemon berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi rasa mual. Untuk kalian yang sedang mengalami kulit wajah yang berjerawat, minyak atsiri sangat cocok bagi kalian.

Kulit kayu manis

Minyak esensial ini, yang diperoleh dari kulit pohon kayu manis, meningkatkan tekanan darah. Pada dosis tertentu, minyak atsiri ini juga berguna untuk mengurangi gas dan kembung saat dioleskan.

Kajeput

Minyak atsiri kayu putih atau yang lebih dikenal dengan tanaman kayu putih berkhasiat untuk mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan konsentrasi. Minyak ini juga sangat baik untuk mengobati masalah pernapasan, menghilangkan lendir, dan sebagai agen antimikroba.

Kunyit

Bagi kalian yang mempunyai masalah tulang kalian bisa menggunakan minyak atsiri dari ekstrak tanaman kunyit karena sangat efektif pada arthritis dan rematik. Saat dihirup, aroma minyak atsiri kunyit dapat memberikan efek menenangkan dan menghangatkan.

Cananga / Yangga

Minyak atsiri yang diperoleh dari bunga kenanga ini efektif sebagai antidepresan saat dihirup. Sementara digunakan untuk aplikasi topikal, minyak ini berguna untuk merawat rambut dan kulit berminyak.

Peppermint

Bagi penderita gangguan pencernaan, minyak esensial daun peppermint bisa menjadi pilihan. Tak lupa juga minyak ini juga bagus untuk melawan demam, nyeri otot atau saraf, dan sinus. Namun, bila digunakan secara topikal, minyak esensial ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 5 tahun.

Lada hitam

Saat dihirup, minyak esensial lada hitam dapat membantu berhenti merokok. Ketika dioleskan kepada kulit, dapat membantu meredakan rasa mual dan muntah, serta memberikan perasaan hangat dan meningkatkat aliran pada darah.

Adas

Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, minyak atsiri biji adas bisa menjadi pilihan karena dapat membantu mengurangi nafsu makan. Selain itu, bila dioleskan, minyak atsiri juga efektif melawan jamur pada kulit.

Jahe

Ketika dioleskan, minyak esensial akar jahe dapat membantu mengobati diare, menghangatkan tubuh, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi radang sendi dan radang sendi.

Serai

Minyak atsiri serai bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit dan peradangan pada kulit. Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa menggunakan minyak ini dengan obat diabetes juga memiliki efek yang bertentangan. Selain itu, minyak serai juga tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 2 tahun.

Nilam

Minyak atsiri daun nilam ini aman untuk segala usia. Untuk penggunaan topikal, minyak ini sangat bagus untuk mengobati masalah kulit seperti peradangan, bekas luka, eksim dan dalam rejimen perawatan kulit yang baik untuk kulit kering.

Cara membuat minyak serai di rumah

Air (penyulingan air)

Membuat minyak atsiri dengan air adalah cara termudah dibandingkan dengan yang lain. Prosesnya adalah sebagai berikut:

Bahan suling ditempatkan dalam ketel suling berisi air. Dengan cara ini bahan dicampur dengan air. Perlu diperhatikan bahwa dengan metode ini, perbandingan antara jumlah air matang dan bahan-bahan diseimbangkan sesuai dengan kapasitas ketel yang tepat.
Dalam hal bahan yang telah melalui proses pendahuluan seperti pencacahan dan layu, selanjutnya dimasukkan dan dipadatkan.
Kemudian ketel ditutup rapat agar tidak ada kebocoran yang menyebabkan uap yang berlebihan.
Uap yang dihasilkan dari air mendidih dan zat dimasukkan ke dalam tabung pendingin, sehingga terjadi pengembunan.
Selain itu, air dan minyak diserap di tangki pemisah.
Air dan minyak dipisahkan berdasarkan beratnya.

Sekian dari artikel Cara Membuat Minyak Atsiri Sederhana, nah bagi kalian yang ingin membuat minyak atsiri sendiri bisa membeli alat destilasi dulu ya, nah kalian dapat membeli alat destilasi dengan harga yang murah tapi berkualitas.