AYAM KENTUCKY

Cara Membuat Ayam Kentucky Sederhana ala Rumahan

Posted on

Cara Membuat Ayam Kentucky Sederhana – Apa kalian bingung dengan resep dan cara yang bertebaran di internet?. Jika iya, kalian pas sekali karena telah memilih artikel ini. Karena saya sendiri akan menyajikan Cara Membuat Ayam Kentucky Sederhana.

Coba kunjungi Resep Ayam Kentucky Kriuk Anti Gagal dan Praktis. Disitu kalian bisa mendapatkan resep membuat ayam kentucky dengan praktis.

Baca Juga : cara membuat dalgona good day cappucino creamy

Bagaimana Ayam kentucky dibuat?

1. Periksa dada, paha, kaki dan sayap ayam

KFC menggunakan ayam asli tetapi ayam-ayam itu dimasukkan ke dalam karung karena sudah diolah menjadi potongan yang diinginkan. Langkah pertama dalam membuat ayam goreng KFC adalah mengecek ayamnya. Pada dasarnya, ini adalah hal kontrol kualitas, orang-orang di belakang restoran melihat apakah ayamnya memar, apakah ada kelebihan lemak atau sisa bulu atau organ yang tidak disengaja tertinggal. Mereka biasanya baik-baik saja.

2. Celupkan ayam ke dalam air garam

Ini untuk membuat breading menempel.

3. Keringkan ayam dengan cara dibolak-balik sebanyak 7 kali

Anda akan segera melihat bahwa KFC terobsesi untuk melakukan sesuatu sebanyak 7 kali. Pengeringan dilakukan agar ayam tidak terlalu basah saat dibumbui.

4. Letakkan ayam di atas resep rahasia Breading Asli

Sekarang kesenangan dimulai.

5. Lumuri ayam di tepung panir dengan gerakan gaya dada semu

Breadingnya sangat halus sehingga ketika Anda memasukkan tangan ke dalam bak pencampur, pada dasarnya rasanya seperti berenang di debu peri.

6. Untuk 7 kali

Ya, 7 pukulan.

7. Kumpulkan ayam dalam keranjang dan lakukan ini (cukup menyenangkan) lihat gerakan gergaji … 7 kali

Sekali lagi, dengan 7 kali. Ini dilakukan untuk memastikan ayam tidak dilapisi tepung roti berlebihan (dan untuk menggunakan kembali tepung rotinya).

8. Letakkan ayam yang sudah dilapisi tepung roti di rak penggorengan

Ada seluruh bagan yang digunakan KFC untuk mengajari karyawannya cara menempatkan potongan ayam yang dilapisi tepung roti di rak dengan ilustrasi berbeda tergantung pada ukuran potongannya.

9. Rack ’em dan tekan goreng mereka

KFC pressure menggoreng ayam gorengnya yang terdengar menakutkan dan mengagumkan dan membutuhkan mesin khusus untuk melakukannya.

10. Tunggu lebih dari 10 menit sampai mesin bekerja dan… begitulah cara membuat ayam goreng KFC.

Pro Tip : Ayam goreng KFC rasanya sangat lezat saat Anda yang membuatnya.

Namun, kali ini saya akan membahas cara membuat ayam kentucky yang sederhana. Dan tentunya bisa banget untuk dicoba dibuat dirumah masing –  masing.

Cara Membuat Ayam Kentucky Sederhana ala Rumahan

Bahan-bahan :

  1. 500 g ayam segar
  2. 500 g tepung trigu apa aja
  3. 1 sdm mujung meizena
  4. 1 sdt baking powder
  5. 4 siung bawang putih
  6. 1/2 sdt ketumbar
  7. 1 sdm garam
  8. 1 saset penyedap rasa
  9. secukupnya air

Langkah

  1. Bersihkan ayam lalu campurkan bawang, ketumbar, garam yang sudah dihaluskan diamkan (marined) selama 30-60menit

  2. Campurkan tepung terigu, baking powder, meizena, penyedap rasa, garam, mrica

  3. Lalu ambil sedikit tepung trigu original beri air untuk adonan dominan cair

  4. Tiriskan ayam yang sudah dimarined ± 1jam lalu masukkan kedalam tepung kering lalu ketepung cair 2 atau 3 kali diulang sesuai selera (kalo bisa tepung keringnya taruh di toples trus kocok2 agar kriting kriting manjah hehe)

  5. Panaskan minyak goreng hingga benar benar panas, lalu masukkan dan tunggu hingga kuning keemasan

  6. NB : pakailah minyak yang banyak, agar permukaan ayamnya terrendam keseluruhan dan matang dengan sempurnya.

     

Tips bahan untuk menghasilkan ayam kentucky yang enak

  • Bumbu tiruan KFC – Ada 1,5 sendok makan merica di dalamnya yang terdengar sangat banyak. Tapi percayalah, Anda membutuhkannya untuk rasa KFC dan tidak membuatnya pedas. Juga, ingatlah bahwa hanya sejumlah tertentu yang akhirnya menempel pada ayam itu sendiri!
  • Buttermilk – dalam gaya Selatan sejati, ayam direndam dalam buttermilk asin. Cemerlang untuk melunakkan ayam dan menyuntikkan garam;
  • Telur membantu tepung menempel lebih baik;
  • Tepung jagung / tepung jagung – membuat kerak renyah tetapi tidak keras. Inklusi cukup standar dalam breading ayam goreng;
  • Tepung – hanya putih biasa, tepung serbaguna; dan
  • Minyak – minyak sayur, canola atau kacang tanah, untuk rasa netral dan kemampuan untuk memanaskan sampai suhu yang dibutuhkan tanpa membakar ayam atau minyak yang berasap.

Menggunakan kembali minyak

Biasanya, minyak yang digunakan untuk menggoreng dapat digunakan kembali 3 kali atau lebih setelah dibersihkan. Namun, saya menemukan bahwa untuk Ayam Goreng, biasanya hanya baik untuk satu porsi Ayam Goreng atau makanan beraroma serupa. Saya pikir minyaknya terlalu ternoda oleh bumbu yang sangat beraroma dan sementara minyaknya bisa dibersihkan dari semua bagian di dalamnya, Anda tidak bisa menghilangkan rasanya.

Untuk menghilangkan kotoran, menurut saya cara terbaik dan termudah adalah metode Cook’s Illustrated menggunakan metode tepung jagung/tepung maizena dan air, dimasak dalam minyak dengan api kecil sampai mengeras dan menyerap semua kotoran. Saring “jeli” tepung jagung, lalu simpan minyaknya untuk penggunaan lain. (PS Menggunakan saringan halus tidak cukup baik untuk menyaring minyak setelah resep ini, Anda harus menggunakan saringan kopi atau sejenisnya yang memakan waktu lama.)

 

Demikian cara membuat ayam kentucky sederhana. Dengan resep ini, kalian bisa membuat ayam kentucky dengan mudah, dan pastinya sederhana. Apabila kalian ingin merasakan ayam mentucky yang berhasail dan tidak lembek, kalian bisa kunjungi cara memasak ayam kentucky agar kriuk tidak lembek.