Cara Memasak Sayur Bayam Jagung

Cara Memasak Sayur Bayam Jagung Manis yang Gampang

Posted on

Halo teman – teman semua! Pada artikel kali ini saya menulis cara memasak sayur bayam jagung manis yang gampang, nikmat dan mestinya bermanfaat bagi tubuh kalian. Karena sayur bayam jagung manis itu mudah untuk dibuat, kalian bisa langsung mempraktekannya langng dirumah masing – masing.

Bukan cuma itu saja, saya juga akan membahas beberapa hal menarik mengenai sayur bayam jagung manis. Kalau ingin tahu kelanjutannya, kalian bisa simak penjelasan dibawah ini dan pastikan simak sampai habis ya, biar tidak ada yang terlewatkan.

Cara Memasak Sayur Bayam Jagung

Sayur Bayam Jagung Manis

Bayam adalah sayuran yang sangat bergizi. Memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K hingga vitamin E.

Belum lagi nutrisi lain yang baik untuk tubuh, seperti asam folat (yang sangat baik bagi wanita yang seadang hamil), magnesium, kalsium dan kalium, dan besi dan natrium. Bayam juga dikenal kaya akan serat dan sifat antioksidan.

Namun, bayam yang dimasak dan diproses di balik semua makanan enak harus segera dimakan dan tidak boleh dipanaskan kembali. Ini karena kandungan nitrat yang cukup tinggi, yang diubah menjadi nitrit saat dipanaskan kembali.

Meskipun nitrat bersifat karsinogen, nitrit dapat menyebabkan kanker.
Jadi jika Anda membuat resep sayur bayam bening seperti di bawah ini, Anda harus segera menghentikannya.

Jagung manis juga telah ditambahkan ke resep sayur bayam ini. Anda bisa menambahkan sayuran lain sesuai selera, seperti wortel atau oyong. Yuk, kita buat resep bayam ini sekarang juga!

 

Mengapa Harus Segera Disantap?

Selain senyawa nitrat karsinogenic (pemicu kanker), senyawa ini jika masuk ke dalam tubuh dapat membuat orang yang menggunakannya merasa lemas atau mengantuk. Ini dikarenakan senyawa nitrat membuat darah sulit untuk mengikat dan mengangkut oksigen. Alhasil distribusi oksigen ke seluruh organ tubuh menjadi tidak efisien dan organ akan kekurangan oksigen.

Karena itulah jangan mengonsumsi bayam yang sudah melewati waktu 4 jam setelah dimasak. Ini dilakukan untuk mencegah senyawa nitrat dalam bayam berubah dalam tubuh seiring waktu.

Cara Memasak Sayur Bayam Jagung Manis

Cara memasak sayur bayam jagung manis memanglah mudah, tetapi sebelum itu ada beberapa peralatan yang harus kalian persiapkan untuk memasak.

Peralatai itu diantaranya panci untuk merebus, pisau dan talenan untuk memotong, wadah seperti baskom untuk menaruh bahan, sendok sayur atau centong, dan yang terakhir adalah mangkuk saji. Kalau sudah dipersiapkan semuanya, langsung saja kita simak proses pembuatan dan bahan – bahannya dibawah ini.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan :

  • Bayam ( 2 ikat )
  • Jagung manis yang sudah dipipil atau dirontokkan ( 2 buah jagung )
  • Wortel manis yang sudah diiris serong ( 100 gram )
  • Air ( 2.500 ml )
  • Temu kunci yang sudah dimemarkan atau digeprek ( 4 ruas jari )
  • Tomat merah yang sudah dipotong ( 1 buah )
  • Bawang merah yang sudah diiris tipis ( 3 buah )
  • Garam (secukupnya)
  • Gula pasir (secukupnya)

Cara membuat :

  1. Siapkan panci, tuang air, didihkan, lalu masukkan bawang bombay dan kunci potong, tunggu hingga tercium aromanya
  2. Tambahkan wortel dan jagung manis dan masak sampai sangat lembut.
  3. Masukkan tomat, gula dan garam, aduk dan aduk – aduk rata, diamkan sebentar
  4. Jika sudah, tambahkan bayam dan masak hingga matang sepenuhnya.
  5. Selanjutnya mengoreksi apakah sudah bening dan sudah sesuai dengan keinginan Anda, lalu matikan kompor, angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk saji, dan sayur bayam jagung sudah siap disantap dengan nasi hangat.

Nah, itu tadi adalah pembahasan mengenai “Cara Memasak Sayur Bayam Jagung Manis yang Gampang”. Sepertinya cukup sekian dulu untuk yang bisa saya bagikan dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya, see you next time!