Tips memasak daging sapi agar cepat empuk

Tips Memasak Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Posted on

Tips Memasak Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Tips memasak daging sapi agar cepat empuk

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips memasak daging sapi agar cepat empuk, simak peljelasannya di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Baca juga: cara membuat minyak kelapa murni secara tradisional

Tips memasak daging sapi agar cepat empuk

1. Potong berlawanan arah serat

Teknik paling sederhana untuk membuat tekstur daging empuk adalah dengan memperhatikan bentuk potongan daging. Hindari memotong daging mengikuti alur serat, cobalah memotong daging berlawanan dengan arah serat. Cara ini terbukti efektif membuat daging bertekstur lebih empuk.

Perhatikan juga bentuk dan ukuran potongan daging. Untuk membuat rendang atau sop, boleh saja membuat potongan daging yang agak tebal karena proses masaknya memang lama. Tapi untuk masakan yang cepat olah, coba potong daging dengan bentuk irisan tipis atau kecil.

Masakan seperti teriyaki, sate goreng atau tongseng hanya membutuhkan waktu masak yang singkat jadi buatlah potongan dagingnya lebih tipis. Selain cara memasak daging supaya cepat empuk, bumbu juga bisa meresap dengan baik pada daging yang ukurannya lebih kecil.

2. Pukul-pukul daging

Cara memasak daging supaya cepat empuk juga bisa dilakukan dengan cara memukul-mukul daging. Daging harus dipotong lebih dulu sebelum dipukul, lalu manfaatkan ulekan atau alat pemukul daging untuk membuat tekstur daging lebih empuk.

Pukul daging di kedua sisinya hingga teksturnya agak empuk. Pukul dengan perlahan agar serat daging tidak terlalu hancur. Cukup pukul beberapa kali hingga daging memar, karena jika terlalu banyak dipukul maka sari daging akan keluar dan membuat daging jadi cenderung kering.

3. Gunakan panci presto

Kalau di rumah ada panci presto atau panci bertekanan tinggi, kamu bisa mengandalkannya untuk mempersingkat waktu masak. Panci presto memproses pemasakan daging dengan tekanan tinggi sehingga daging leibih cepat empuk.

Tidak semua olahan daging bisa dimasak dengan panci presto, jadi perhatikan jenis makanan yang akan dibuat. Misalnya untuk memasak sop kaki sapi atau sop iga, kamu bisa mengandalkan panci presto ini.

Selain lebih praktis dan efisien, penggunaan panci presto juga lebih menghemat penggunaan gas. Dibandingkan panci biasa, panci presto bisa menjadi cara memasak daging supaya cepat empuk hanya dalam hitungan menit saja.

4. Rendam dengan teh dan jahe

Kandungan tanin dalam teh berperan aktif untuk melunakkan serat dan otot pada daging. Teh bisa dijadikan bahan perendam untuk mengempukkan daging. Gunakan teh hitam yang pekat karena teh jenis ini paling efektif mengempukkan daging.

Lakukan perendaman daging dalam teh selama kurang lebih 30 menit. Teh yang menyerap dalam daging tidak akan merubah rasa daging, sebaliknya teh justru bikin daging jadi lebih aromatik.

Selain teh, kamu juga bisa melumuri daging dengan jahe parut. Jahe mengandung enzim proteolitik yang dapat membuat ikatan protein pada daging menjadi lebih kendur sehingga daging jadi empuk. Caranya mudah, cukup lumuri parutan jahe pada daging dan diamkan selama 30 menit sebelum dimasak. Jahe juga ampuh mengurangi aroma prengus pada daging kambing.

5. Gunakan daun pepaya

Banyak penjual sate yang mengandalkan daun pepaya untuk membuat daging empuk. Secara alami, daun pepaya mengandung enzim papain yang bisa memecah protein dalam daging.

Tidak perlu banyak, cukup ambil selembar daun pepaya lalu jadikan pembungkus daging. Diamkan minimal selama 30 menit lalu daging bisa langsung diolah. Semakin lama dibungkus daging akan lebih cepat empuk.

Getah daun pepaya akan memecah serat daging hingga menjadi lunak. Kini juga dijual bubuk papain atau getah pepaya sebagai bahan pengempuk daging.

Itulah tips memasak daging sapi agar cepat empuk. Selamat mencoba!