manfaat minyak kelapa vco untuk kesehatan
manfaat minyak kelapa vco untuk kesehatan

Manfaat Minyak Kelapa VCO untuk Kesehatan

Posted on

MANFAAT MINYAK KELAPA VCO UNTUK KESEHATAN

manfaat minyak kelapa vco untuk kesehatan
manfaat minyak kelapa vco untuk kesehatan

Novi Marof – Pada artikel ini saya akan membahas tentang manfaat minyak kelapa vco untuk kesehatan tubuh manusia.

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) akhir-akhir tengah menjadi tren populer. Hal ini dikarenakan minyak kelapa vco diduga memiliki banyak sekali manfaat. Minyak kelapa vco ini mengandung kandungan yang baik untuk tubuh manusia. Tidak hanya di Indonesia, minyak vco juga banyak dicari di berbagai negara lainnya.

Virgin Coconut Oil (VCO) dihasilkan dari sebuah proses ekstrasi buah kelapa segar. Jika dibandingkan dengan minyak kelapa lainnya, minyak kelapa vco ini lebih berwarna jernih dan bening.

Manfaat Minyak Kelapa VCO untuk Kesehatan

"<yoastmark

Minyak vco terkenal karena memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Manfaat tersebut antara lain;

  1. Memperbaiki Pencernaan

Minyak kelapa vco memiliki manfaat untuk meningkatkan pencernaan karena dapat membantu tubuh menyerap vitamin, kalsium, dan magnesium yang larut dalam lemak. Jika minyak vco dikonsumsi bersamaan dengan asam lemak omega-3, itu dapat membuatnya dua kali lebih efektif, karena sudah tersedia untuk dicerna dan digunakan oleh tubuh.

Minyak kelapa vco mampu membantu meningkatkan bakteri dan kesehatan usus dengan menghancurkan bakteri jahat dan kandida. Adanya ketidakseimbangan Candida bisa menurunkan asam lambung, yang dapat menyebabkan peradangan dan pencernaan yang buruk.

Minyak kelapa sangat berkhasiat untuk kesehatan pencernaan dan membantu mengobati atau mencegah sakit maag dan radang usus besar.

  1. Kandungan Polifenol untuk Jantung

Manfaat minyak vco salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan polifenol dalam minyak kelapa kelapa murni mampu mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh penumbukan plak lemak pada dinding pembuluh darah.

  1. Mengurangi Lemak Jahat

Minyak kelapa murni juga bisa mengurangi lemak jahat yang ada dalam tubuh. Manfaat minyak vco dapat menurunkan kolesterol total, lemak jahat, dan trigliserida, dan dapat meningkatkan lemak baik.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Hati dapat mengubah kandungan minyak kelapa menjadi keton. Keton merupakan sumber energi alternatif bagi otak.

  1. Memerangi Infeksi Bakteri di Tubuh

Minyak VCO mempunyai sifat antibakteri. Jadi minyak jenis ini bisa digunakan untuk melawan infeksi di dalam tubuh. Manfaat minyak kelapa dalam hal ini diketahui dari penelitian laboratorium, meskipun tidak menggunakan hewan sebagai percobaan atau objek manusia.

  1. Untuk Diabetes

Manfaat minyak vco selanjutnya yautu untuk diabetes. Rantai asam lemak dalam minyak kelapa dipercaya mampu memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa juga diyakini mampu memperbaiki sensitivitas insulin.

  1. Mengurangi Risiko Alzheimer

Kandungan zat keton yang terkandung dalam minyak kelapa murni merupakan asal muasal perannya untuk kesehatan otak. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga fungsi otak saat tubuh memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah. Keton juga mampu membantu meningkatkan memori dan sangat berpotensi untuk membantu para penderita alzheimer.

  1. Mencegah Penyakit Hati

Sebuah penelitian dengan hewan laboratorium melihat efek konsumsi minyak kelapa pada kesehatan hati. Hasilnya, hewan yang mengonsumsi minyak kelapa secara teratur selama 4 minggu memiliki kesehatan hati yang lebih baik daripada yang tidak. Namun, para peneliti masih membutuhkan penelitian lebih lanjut lagi untuk memastikan efektivitas minyak kelapa ini pada manusia.

  1. Membersihkan Rongga Mulut

Berkumur dengan minyak kelapa adalah metode perawatan gigi tradisional yang sudah ada sejak lama. Metode ini dirancang untuk melindungi gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang, meringankan gejala gingivitis, dan menjaga keseimbangan bakteri di rongga mulut.

  1. Membuat Rambut Berkilau

Beberapa orang percaya bahwa mengoleskan minyak kelapa ke rambut membuat rambut bersinar dan melindunginya dari kerusakan. Hal ini karena minyak ini dapat diserap ke dalam kulit kepala dan lebih baik dari minyak mineral; Namun, manfaat minyak kelapa sepertinya tidak berlaku untuk semua jenis rambut. Tidak ada salahnya untuk mencobanya, tetapi ada baiknya untuk mengetahui apakah jenis rambut Anda cocok dengan perawatan minyak kelapa.

  1. Melembapkan Kulit

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai pelembab yang baik untuk kaki, tangan dan siku. Minyak ini juga bisa digunakan sebagai pelembab wajah untuk kulit kering, manfaat minyak kelapa untuk kulit tidak berhenti sampai di situ. Karena bahan ini juga dikatakan dapat membantu memperbaiki tumit yang pecah-pecah, untuk perawatan ini Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada tumit sebelum tidur lalu memakai kaos kaki. Ulangi cara ini sampai tumit Anda halus.

Baca artikel menarik lainnya : Khasiat Minyak VCO untuk Kesehatan Tubuh Manusia

  1. Membantu Penurunan Berat Badan

Banyak orang percaya bahwa minyak kelapa dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Khasiat minyak kelapa dalam hal ini diyakini karena adanya bahan unik yang disebut MCT, bahan ini dirancang untuk mengubah lemak dalam minyak kelapa secara langsung menjadi energi dan tidak menumpuk di dalam tubuh dalam waktu lama.

Namun, bukan berarti minyak kelapa bisa digunakan sebagai satu-satunya solusi penurunan berat badan. Anda masih perlu mengimbanginya dengan makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur.

  1. Percepat Penyembuhan Luka

Dalam sebuah percobaan pada hewan, minyak kelapa telah terbukti mempercepat penyembuhan luka karena dapat meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi peradangan pada kulit. Anda dapat mencoba ini dengan mengoleskan minyak kelapa pada luka yang lebih kecil dan menutup luka dengan perban. Namun, hati-hati saat menggunakannya dan pastikan bahan dan alat yang digunakan benar-benar steril untuk menghindari infeksi.

  1. Dipercaya Dapat Melawan Jamur

Minyak kelapa murni juga dianggap membantu melawan infeksi jamur Candida albicans. Penelitian serupa telah dilakukan untuk mengidentifikasi manfaat minyak kelapa dalam memerangi infeksi bakteri.

  1. Untuk Lambung

Penyakit asam lambung, atau GERD, biasanya disebabkan oleh kerusakan sfingter esofagus bagian bawah (LES). LES adalah otot melingkar yang ditemukan di bagian bawah kerongkongan.

LES bertindak sebagai pintu otomatis yang terbuka ketika makanan atau minuman masuk ke perut. Setelah makanan tertelan, LES menutup untuk mencegah asam lambung dan makanan naik kembali ke kerongkongan. Jika LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan benar, asam lambung dapat keluar dari lambung dan menyebabkan penyakit refluks.

Penyebab penyakit asam lambung biasanya pada faktor keturunan, stres, penggunaan obat-obatan tertentu, obesitas, hernia hiatus, kehamilan, gastroparesis atau konsumsi makanan yang kaya lemak.

Meskipun ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan asam lambung, kebiasaan makan yang buruk, termasuk makan berlebihan, mungkin yang paling umum dari semuanya. Minyak kelapa (VCO) secara signifikan mengurangi kecenderungan untuk makan berlebihan dan membantu Anda menghindari rasa lapar di antara waktu makan.

Cara Membuat Minyak Kelapa VCO

Jika Anda ingin mencoba untuk membuat minyak kelapa vco sendiri di rumah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini/

Alat dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat minyak vco:

  • Pilihlah buah kelapa yang tua, sesuaikan dengan kebutuhan Anda
  • Air secukupnya
  • Saringan
  • Parutan
  • Botol atau wadah untuk menyimpan minyak kelapa vco

Sebenarnya, ada banyak cara untuk menghasilkan minyak kelapa, termasuk pemanasan, fermentasi, pengolahan dingin, dan penyulingan. Ada juga minyak kelapa murni yang dibuat tanpa pemanasan. Cara membuat minyak kelapa murni dengan fermentasi

Cara Membuat Minyak Kelapa VCO dengan Fermentasi

Bila Anda membutuhkan minyak kelapa dalam jumlah kecil, proses fermentasi adalah yang terbaik.

  1. Pilih buah kelapa yang matang dan juga segar.
  2. Bersihkan kelapa, kemudian parut. Campurkan parutan kelapa tersebut dengan air matang kemudian peras untuk mendapatkan santan.
  3. Santan dari parutan kelapa dituangkan ke dalam botol atau wadah, kemudian diamkan selama 24 jam di dalam ruangan dengan suhu sekitar 32 derajat Celcius. Proses penyimpanan ini bertujuan untuk memisahkan air dengan minyak.
  4. Kemudian saring air yang telah dipisahkan dari minyaknya dan minyaknya sendiri akan berubah menjadi putih pucat

Cara Membuat Minyak Kelapa VCO dengan Pemanasan

Proses pembuatan minyak kelapa dengan cara pemanasan, berikut caranya:

  1. Pertama, siapkan daging kelapa.
  2. Kemudian, parut daging kelapa tersebut menggunakan parutan
  3. Kemudian, campurkan kelapa yang sudah dipaut tadi dengan air matang. Lalu peras dan saring untuk mendapatkan santannya.
  4. Siapkan wajan dengan api kecil. Tuangkan air santan tersebut.
  5. Aduk santan secara perlahan karena jika terus diaduk maka santan akan menguap dan terpisah hanya menyisakan minyak dan endapan yang disebut dengan blondo.
  6. Setelah minyak terbentuk, tuangkan ke dalam botol yang sudah

Cara Membuat Minyak Kelapa VCO dengan Perebusan

  1. Siapkan empat gelas air dan panaskan hingga mengepul.
  2. Sambil menunggu airnya mendidih, parut dua butir kelapa yang sudah tua.
  3. Campurkan parutan kelapa ke air panas, lalu haluskan menggunakan blender hinga halus.
  4. Saring campuran air kelapa yang sudah diblender menggunakan saringan yang rapat agar mendapatkan santan yang banyak.
  5. Jika santan sudah mengental, masak dengan api
  6. Aduk terus sampai air mendidih dan menguap dan krim keemasan terpisah dari minyak.
  7. Proses ini bisa memakan waktu hingga satu jam. Pastikan Anda tidak berhenti mengaduknya.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Stay Safe!