cara membuat gula semut dari gula merah

Cara Membuat Gula Semut dari Gula Merah Kelapa

Posted on

cara membuat gula semut dari gula merah

Cara Membuat Gula Semut dari Gula Merah – Gula menjadi salah satu bahan pokok yang harus ada di dapur rumah tangga, kegunaan dari gula ini sendiri sangat banyak salah satunya untuk bahan pelengkap dari suatu minuman dan masakan. Kalian pasti sudah tau bahwa ada berbagai jenis gula, antara lainya adalah gula kristal putih atau yang biasa kita kenal dengan gula pasir, gula jawa atau gula merah, gula aren dan satu lagi ada gula semut.

Teman – teman apakah kalian tahu apa itu gula semut? Harus kalian tahu gula semut ini bukan gula yang dikerubutin semut lho ya. Namun gula semut merupakan gula yang terbuat dari nira pohon kelapa seperti gula merah yang dibentuk menjadi serbuk serbuk tipis seperti kerubungan semut.

Nah kalau untuk gula merah kelapa kalian sudah pada tahu belum? yaps bener sekali gula yang juga berbahan utama nira pohon kelapa yang sering di kenal dengan nama gula jawa oleh masyarakat jawa. Gula ini merupakan salah satu pemanis alamai, dan cara pembuatanya pun cukup mudah hanya memanaskan nira yang didapat hingga kandungan arinya berkurang dan menjadi kental.

Nah cairan nira yang sudah mengental tersebut lalu akan di cetak dan akan menjadi gula balok maupun gula semut. Biasanya gula merah kelapa ini digunakan untuk bahan pemanis pada pembuatan makanan dan minuman sehingga memunculkan rasa manis citarasa karamel.

Mungkin sebagian dari kalian masih kurang begitu familiar dengan gula semut ini, padahal penggunakan gula semut ini akan jauh lebih praktis jika dibandingkan dengan menggunakan gula merah kelapa balok. Untuk proses pembuatanya, gula semut ini ternyata memiliki dua jenis cara yaitu dibuat dengan gula merah kelapa dan langsung di buat dari nira kelapanya. Nah pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat gula semut dari gula merah kelapa, untuk mengetahui proses – prosesnya yuk langsung simak saja di bawah ini.

Cara Membuat Gula Semut dari Gula Merah Kelapa

Pembuatan gula semut dengan hasil dan kualitas yang maksimal akan membutuhkan bahan – bahan baku yang berkualitas baik juga, jadi tolong persiapkan bahan bakunya dengan bagus dan baik.

1. Memilih Gula Merah Kelapa yang Berkualitas

Pertama yang harus kalian lakukan adalah memilih gula merah kelapa cetak dahulu yang bagus. Ciri dari gula merah kelapa yang bagus adalah jika terkena panas maka tekturnya akan cepat meleleh.  Namun, jika gula merah kelapa yang kalian gunakan itu ternyata sulit leleh jika terkena panas, kalian wajib berhati – hati.

Karena mungkin dalam proses pembuatanya produsen mencampurkan bahan kimia lainya yang tidak di sarankan bagus untuk membuat gula semut. Dengan bahan baku yang kurang berkualitas, hasil dari gula semutnya maka akan kurang berkualitan dan memuaskan juga.

2. Cara Membuat Gula Semut, Perajangan Gula Merah

Langkah selanjutnya setelah kalian mendapatkan gula merah kelapa cetak yang berkualitas baik, rajang atau sisirlah gula merah yang akan kalian gunakan itu. Pastikan dan usahakan kaian merajangnya dengan tipis, kalian bisa juga menggunakan mesin perajang. Nah hal tersebut dapat berpengaruh dalam proses pembuatan gula semut untuk memudahkan ketika proses pengeringan dan penghancuran gula semut nantinya.

3. Oven Gula Merah Kelapa Rajangnya

Kemudian keringkan gula merah kelapa yang sudah kalian rajang tadi. Bisa juga untuk mempercepatnya dengan cara di oven. Usahakan proses pengovenanya sampai kadar airnya berkurang menjadi 5% saja. S

4. Penepungan Agar Gula Lebih Halus

Jika sudah pengeringanya selesai, Seanjutnya lakukan proses penepungan dan perajangan kembali sampai benar – benar halus. Usahakan hasil dari proses ini bener – bener halus soalnya akan berpengaruh dengan tahap selanjutnya.

5. Pengayakan Gula Semut

Langkah terakhir adalah proses pengayakan gula semut, hal ini bertujuan untuk memisahkan butiran gula semut yang masih berukuran besar. Lakukan pengayakan ini setelah tahap penepungan agar hasil dari gula serutnya dapat berukuran seragam.

Itulah cara membuat gula semut dari gula merah kelapa yang dapat kalian coba, bagaimana cukup mudah bukan?

Tips yang perlu kalian perhatikan adalah pastikan gula merah kelapa cetak yang kalian gunakan kualitasnya benar – benar bagus.