macam-macam-merek-gula-pasir

Macam Macam Merek Gula Pasir di Pasaran

Posted on

Ada banyak macam macam merek gula pasir yang dijual di pasaran Indonesia. Kira-kira ada apa aja sih mereknya? Buat yang penasaran simak artikelnya sampai habis yaa.

Penjelasan Gula Pasir

Gula pasir merupakan salah satu anggota sembako (sembilan bahan pokok) yang sampai saat ini paling dibutuhkan di dalam kehidupan masyarakat Indonesia sebagai pemanis alami makanan dan minuman.

Terbuat dari sari beberapa macam tumbuhan, seperti misalnya tebu, nira, aren, dan juga kelapa. Namun pada umumnya, gula pasir dibuat menggunakan sari tebu, yang kemudian dikristalkan hingga menjadi serbuk-serbuk seperti pasir.

Gula pasir mempunyai tekstur butiran-butiran yang cukup kasar. Gula jenis ini biasanya berwarna putih kekuningan atau kuning kecoklatan.

Memiliki rasa manis, partikelnya mudah larut dalam air, dan rentan terhadap kelembaban adalah beberapa ciri khas dari gula pasir. Gula yang pada dasarnya tidak memiliki aroma ini akan mengeluarkan aroma harum saat diproses menjadi karamel.

Salah satu jenis karbohidrat sederhana ini sangat mudah dijumpai dalam bentuk kemasan di warung-warung, pasar, dan pusat perbelanjaan.

Manfaat Gula Pasir

Selain bermanfaat untuk menambah energi, gula pasir juga memiliki beberapa manfaat lain sebagai berikut :

1. Sebagai penyedap masakan   

Masakan tanpa garam akan terasa hambar. Makanan dan minuman tanpa gula? Bagaimana menurut kalian?

Itulah penyebabnya mengapa gula pasir menjadi salah satu bahan utama dalam pengolahan atau pembuatan makanan dan minuman. Gula dimanfaatkan sebagai pengimbang rasa garam serta sekaligus sebagai penguat rasa.

2. Redakan Nyeri Saat Haid

Kandungan yang ada di dalam gula bermanfaat untuk meredakan nyeri dan kram saat haid yang kerap membuat wanita merasa tidak nyaman. Gula dapat memperbaiki mood serta meredakan rasa pegal-pegal ketika haid.

Caranya dengan mencoba mengonsumsi secangkir teh hangat beraroma peppermint dan ditambahkan sedikit gula batu yang tidak memiliki kandungan lemak dan kolesterol.

3. Haluskan Kulit Wajah dan Bibir

Gula pasir jika dipadukan dengan madu manis dapat digunakan sebagai scrub. Caranya dengan mengoleskan madu + gula pasir tersebut pada permukaan kulit wajah atau bibir kemudian pijat perlahan dengan arah gerakan memutar.

Diamkan hingga kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dan keringkan. Metode ini dipercaya bisa mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga membuat kulit menjadi terasa lebih halus dan lembut.

4. Meredakan Sres

Cokelat dan juga es krim telah dipercaya menjadi obat/penyembuh mujarab saat sedang stres. Dalam konteks yang satu ini, kandungan hormon dopamine pada gula yang dapat menimbulkan rasa bahagia serta mengurangi stres.

5. Meningkatkan Tekanan Darah

Dalam keadaan darurat, orang yang menderita tekanan darah rendah, dapat mengonsumsi gula yang mana berguna sebagai salah satu sumber energi. Gula akan memperlancar aliran darah serta oksigen ke otak.

6. Fungsi Otak Meningkat

Jika Anda memerlukan konsentrasi tinggi, konsumsilah gula atau bisa juga makanan manis secukupnya. Hal ini dapat memacu peningkatkan fungsi otak agar bekerja lebih maksimal.

7. Sembuhkan Luka

Sejak tahun 1700 SM, melakukan tabur gula di atas luka (terbuka) sudah dilakukan oleh para tabib di Mesir. Gula dipercaya memiliki kandungan antibakteri yang bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme dan mengurangi pembengkakan. Selain itu, gula juga dapat merangsang jaringan kulit untuk beregenerasi.

Untuk menerapkan terapi gula dalam kondisi darurat ini, pastikan jika perdarahan luka sudah berhenti lebih dari 24 jam. Terkait ini, konsultasikan pada dokter sebelum mencobanya ya.

Macam Macam Merek Gula Pasir di Pasaran Indonesia

1. Gulaku

Meskipun mempunyai warna yang putih dan bersih, gula pasir merek Gulaku ini tidak memakai pemutih ataupun pengawet. Produk yang satu ini juga mempunyai rasa manis alami sehingga cocok jika digunakan untuk kebutuhan sehari-hari oleh semua anggota keluarga. Kelian juga tidak perlu khawatir karena gula yang satu ini diproses serta dikemas secara higienis sehingga terjamin kebersihannya.

2. Tropicana Slim Stevia

macam-macam-merek-gula-pasir

Jika kalian termasuk tipe orang yang sangat memperhatikan kesehatan, sebaiknya ganti gula kalian dengan produk yang satu ini. Tropicana Slim Stevia ini diekstrak dari daun Stevia rebaudiana sehingga rasa manis yang dihasilkan alami, bebas gula, dan tentu saja nol kalori. Produk gula yang satu ini dapat mencegah terjadinya diabetes dan ampuh digunakan untuk berdiet.

Sebenarnya produk Tropicana Slim tidak hanya satu ini. Ada banyak macam-macam Tropicana Slim dan manfaatnya masing-masing untuk kesehatan.

3. Rose Brand

macam-macam-merek-gula-pasir

Gula putih merek Rose Brand ini memiliki kandungan fruktosa alami yang memberikan rasa manis. Paling cocok untuk melengkapi aneka masakan dan minuman tradisional yang akan kalian buat. Gula Rose Brand ini diproses dari tebu pilihan yang menghasilkan warna gula alami serta kualitas yang terjamin.

4. Nulife Sweetener

Apakah kalian belum bisa lepas dari manisnya gula tebu, namun ingin tetap selalu hidup sehat? Jika iya, gula rendah kalori yang satu ini dapat kalian jadikan alternatif.

Produk ini memiliki kandungan sukralosa dari tebu yang aman dikonsumsi. Nulife Sweetener ini tergolong baik untuk kesehatan karena tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan tidak akan diserap oleh tubuh.

5. CSR | Caster Sugar

Gula putih yang berasal dari Australia ini mempunyai tekstur yang halus sehingga lebih cepat larut jika dibandingkan dengan gula putih biasa. Hal ini dikarenakan sifatnya tadi, gula ini paling pas jika digunakan untuk menyiapkan sarapan pada pagi hari saat kalian sedang terburu-buru.

Kalian pun tetap dapat menikmati sarapan lezat, seperti pancake, muffin, dan lainnya dengan ditemani teh atau kopi hangat manis.

6. Maniskita

Merek gula yang satu ini diproduksi oleh petani lokal serta berada di bawah naungan BUMN. Jika kalian ingin ikut andil untuk menambah pemasukan/income negara, kalian bisa mengonsumsi gula ini. Gula pasir ini juga mempunyai rasa manis yang pas sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan keluarga ataupun usaha catering.

7. Diabetasol

Meskipun memiliki tingkat kemanisan 600 kali lebih banyak dibandingkan dengan gula tebu, produk ini diketahui aman untuk penderita diabetes. Gula Diabetasol ini memiliki kandungan pemanis sukralosa dan tanpa kalori sehingga aman untuk dikonsumsi. Jadi, apabila kalian penderita diebetes atau kalian ingin menghindari asupan kalori berlebih dari gula putih biasa, produk ini bisa menjadi salah satu alternatif solusi.

8. Cap Semut Sugar

Gula putih ini mempunyai warna yang lebih putih dan jernih karena dihasilkan dari tebu alami. Dikarenakan kualitasnya yang sangat terjaga, tidak heran jika gula ini mempunyai rasa yang tidak terlalu pekat saat menyentuh tenggorokan. Pastinya sangat cocok untuk kalian yang tidak menyukai rasa manis berlebih.

9. Sania

Jika kalian mempunyai budget terbatas, tidak ada salahnya jika memilih produk yang satu ini. Dengan harga yang cukup terjangkau, gula putih ini telah mendapatkan sertifikasi halal dan lolos uji kualitas SNI. Gula putih ini juga mempunyai rasa yang lebih manis daripada refined sugar. Tidak heran jika gula ini cocok untuk tambahan berbagai bumbu masakan.

Dapat diketahui bersama jika macam macam merek gula pasir tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing. Jadi, kalian bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Jumlah Maksimum Konsumsi Gula Per Hari

Gula adalah salah satu sumber energi yang dibutuhkan manusia. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, gula dapat menyebabkan kalian rentan mengalami gangguan kesehatan.

Pasalnya, kelebihan asupan gula per hari tidak hanya dapat memicu penambahan berat badan secara cepat, tetapi juga dapat menyebabkan kalian mengalami obesitas yang mana penyebab utama dari diabetes dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengontrol asupan gula per hari yang masuk ke dalam tubuh. Batas konsumsi gula harian yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam per hari, yaitu 50 gram gula atau setara dengan 5 – 9 sendok teh.

Bagi kalian yang rutin beraktivitas serta berolahraga, jumlah tersebut mungkin tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena sistem tubuh kalian mampu membakar banyak kalori.

Meski demikian, bagi kalian yang mengidap diabetes sebaiknya benar-benar memperhatikan asupan gula dan karbohidrat agar kadar gula darah kalian tetap terkendali.

Cara Mengontrol Asupan Gula Per Hari

1. Konsumsi Makanan dalam Bentuk Asli

Hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga asupan gula yaitu dengan cara mengonsumsi makanan dalam bentuk aslinya atau bukan olahan. Gula alami yang terkandung dalam makanan, terutama buah-buahan segar.

Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi buah-buahan segar kalian seharusnya tidak memerlukan gula dalam bentuk olahan lagi. Selain itu, kalian juga perlu mengimbangi asupan gula dari zat gizi protein serta lemak.

2. Periksa Label Gizi pada Makanan Kemasan

Jika kalian mengonsumsi makanan kemasan, jangan lupa untuk selalu membaca informasi nilai gizi yang terletak di bagian belakang kemasan guna mencari tahu berapa kandungan karbohidrat serta gulanya.

Kandungan gula dapat dilihat pada kemasan dengan memperhatikan kata-kata yang mempunyai akhiran ‘osa’ atau ‘ol’, seperti glukosa, dekstrosa, fruktosa, maltosa, laktosa, sukrosa, manitol, serta sorbitol pada kemasan makanan olahan.

3. Rutin Cek Gula Darah

Hal lain yang bisa kalian lakukan guna mengontrol asupan gula per hari, yaitu dengan cara rutin melakukan pengecekan gula darah.

Pasalnya, hal ini membantu kalian untuk mengetahui bagaimana tubuh bereaksi terhadap makanan tertentu sehingga tubuh mampu melakukan penyesuaian dalam mengonsumsi makanan ataupun obat-obatan nantinya.

4. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Selain dari tiga cara yang sudah disebutkan di atas, kalian juga dapat melakukan perubahan gaya hidup dengan menerapkan gaya hidup sehat. Dimulai dari rutin berolahaga, mengontrol porsi makan harian, istirahat dengan cukup, hingga mengendalikan stres.

Hindari juga mengonsumsi minuman ringan, permen, kue, jus buah dengan tambahan gula, buah kaleng, dan buah kering. Gunakan pemanis alami seperti misalnya kayu manis, vanili, ekstrak almon, jahe, dan madu saat membuat menu makanan.

Cukup banyak bukan macam macam merek gula pasir yang ada di pasaran Indonesia? Kalian tinggal sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Serta yang terpenting jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan gula harian ya.

Suka manis boleh, tetapi jangan berlebihan dalam konsumsi gula. Sehat itu mahal harganya.

Cukup sekian dulu artikel kali ini. Semoga dapat memberikan manfaat.