cara menghilangkan jamur di jok mobil

Kembalikan Keindahan Interior Mobil dengan Cara Menghilangkan Jamur di Jok Mobil

Posted on

Salah satu yang mengganggu pada mobil adalah munculnya jamur pada jok karena terlalu lembab. Hal tersebut akan kemungkinan besar terjadi saat musim hujan. Untuk itu perlu cara menghilangkan jamur di jok mobil dengan benar baik untuk jok kain maupun kulit.

 

Cara Menghilangkan Jamur Di Jok Mobil Kain

  1. Perlengkapan membersihkan jamur

Siapkan terlebih dahulu perlengkapan untuk membersihkan jamur pada jok mobil. Perlengkapan tersebut berupa vacuum cleaner, cairan pembersih, dan sikat. Sikat yang digunakan sebaiknya berbulu lembut agar tidak merusak jok, seperti sikat gigi bayi.

baca juga: cuci jok mobil jakarta

  1. Mulai membersihkan jamur

Cara menghilangkan jamur di jok mobil yang pertama adalah menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu yang menempel. Dengan cara ini debu tidak akan semakin menempel ketika menggunakan cairan pembersih. Setelah menggunakan vakum berikan cairan pembersih pada jok mobil.

Cairan pembersih bisa menggunakan deterjen khusus atau campuran air dan deterjen biasa. Oleskan atau semprotkan cairan pembersih pada bagian yang kotor kemudian sikat perlahan. Usahakan menyikat dengan satu arah agar tidak merusak serat kain jok mobil.

  1. Ulangi pembersihan

Jika jamur pada jok tidak langsung hilang, ulangi hingga beberapa kali agar bersih maksimal. Setelah jamur hilang. Keringkan dengan kain microfiber dan buka mobil di bawah matahari agar jok semakin cepat kering.

baca juga: cuci karpet Jakarta

Cara Menghilangkan Jamur di Jok Kulit Mobil

Untuk menghilangkan jamur pada jok mobil berbahan kulit, langkahnya sedikit berbeda dari jok kain. Hal tersebut bertujuan agar jok kulit tidak cepat rusak. Kulit untuk jok mobil bisa berupa kulit asli atau kulit sintetis.

  1. Jok mobil kulit

Untuk jok kulit asli perlu mempersiapkan cairan khusus untuk membersihkan jamur yang sesuai dengan jenis kulit. Setelah membersihkan jamur sebaiknya memberikan lapisan pelindung agar jamur tidak muncul lagi.

  1. Jok mobil kulit sintetis

Untuk membersihkan jamur pada jok kulit sintetis perlu mempersiapkan kain halus, air hangat, dan cairan pembersih. Cairan pembersih bisa berupa cairan khusus atau dengan sampo bayi. Caranya dengan membasahi kain dengan sedikit air dan gosok pada jok yang sudah diberikan sedikit sampo bayi.

Itulah tadi cara menghilangkan jamur di jok mobil agar interior mobil tampak bersih dan bagus. Dengan rajin membersihkan jok mobil maka jamur tidak akan mudah muncul.