Cara-Membuat-Minyak-Kelapa-Murni-Secara-Tradisional

Cara Membuat Minyak Kelapa Murni Secara Tradisional Gampang Banget

Posted on

Hai Teman Teman kali ini saya akan Membuat Artikel tentang Cara Membuat Minyak Kelapa Murni Secara Tradisional Gampang Banget Semoga bermanfaat Bagi Sesama

Cara Membuat Minyak Kelapa Murni Secara Tradisional Gampang Banget

Cara-Membuat-Minyak-Kelapa-Murni-Secara-Tradisional

Bahan dan alat:

3-4 kelapa matang dan segar untuk menghasil 1 liter santan, dan 50 gram minyak dapat diekstraksi.
Air secukupnya
Parutan
Saringan
Botol penyimpanan

Cara Membuat Minyak Kelapa Murni Secara Tradisional Gampang Banget

1. Kupas kelapa, buang dagingnya dan bersihkan. Kemudian parut daging kelapa.

2. Parut kelapa dengan kain hingga rapat, untuk diambil santannya. Kemudian Anda bisa menambahkan sedikit air panas agar lebih mudah diperas.

3. Setelah santan diekstraksi, saring dengan kain untuk memisahkan kotorannya.

4. Masukkan santan ke dalam panci, lalu nyalakan kompor ringan. Biarkan masak selama 2 hingga 3 jam, tetapi pastikan panasnya tetap rendah.

5. Aduk terus hingga santan berubah warna menjadi coklat, santan kemudian diuapkan dan dipisahkan hingga menghasilkan minyak dan residu.

6. Setelah santan mengental, angkat dari kompor dan dinginkan. Tambahkan santan kental dingin dan rem dengan kain untuk memisahkan minyak. Kumpulkan dalam mangkuk dan simpan dalam kaleng atau botol plastik.

Minyak kelapa buatan sendiri ini bisa bertahan selama satu tahun atau setidaknya 8 hingga 10 bulan. Anda hanya perlu memasukkannya ke dalam wadah kedap udara dan jangan meletakkannya di luar karena bisa terkontaminasi dan kualitasnya akan hilang.

Ingin Membuat Minyak Kelapa Murni Dengan Lebih Mudah Gunakan Mesin Berikut : Mesin Minyak Kelapa Suplai Pabrik

Manfat Minyak Kelapa Murni

Cara-Membuat-Minyak-Kelapa-Murni-Secara-Tradisional

1. Meredakan peradangan kulit

Beberapa penyakit kulit, seperti psoriasis, dermatitis kontak, dan eksim, dapat menyebabkan pembengkakan pada kulit. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena minyak kelapa bisa rusak.

Minyak kelapa dikenal memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga lebih baik untuk mengatasi peradangan pada kulit. Selain itu, kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya juga dapat mengurangi radikal bebas di dalam tubuh.

Namun, perlu dicatat bahwa penelitian umum tentang minyak kelapa hingga saat ini masih terbatas. Oleh karena itu, Anda perlu lebih berhati-hati dalam menggunakannya, terutama jika Anda ingin menggunakannya sebagai bahan perawatan, dapat dikonsumsi atau dioleskan pada area kulit yang terkena.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa diketahui dapat membantu proses penyembuhan luka ringan. Minyak kelapa juga dikenal dapat meningkatkan kadar antioksidan dan kolagen di kulit.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa minyak kelapa yang dikombinasikan dengan antibiotik efektif untuk mengobati luka bakar. Selain mempercepat penyembuhan luka, sifat antimikroba dari minyak kelapa juga dapat mencegah infeksi.

Ingin Mengenal Tentang Mesin Berkualitas Baik Kunjungi : RumahMesin

3. Melembapkan kulit

Menjaga asupan cairan tubuh Anda penting agar kulit Anda bisa terhidrasi dengan baik. Untuk menyempurnakannya, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada kulit Anda, terutama bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering.

Kulit yang lembab dan terhidrasi dapat menjaga fungsi kulit sebagai penghalang masuknya bakteri, mempercepat penyembuhan luka, dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

4. Mengobati jerawat

Ada kepercayaan bahwa minyak kelapa dapat menyumbat pori-pori kulit. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat mencegah penyumbatan pori-pori, sehingga mencegah dan mengobati jerawat.

Minyak kelapa memiliki senyawa anti inflamasi, sehingga dapat menghilangkan berbagai jenis peradangan pada kulit, termasuk jerawat. Selain itu, sifat antibakteri dari jenis asam lemak yang ada dalam minyak kelapa juga dapat mengurangi terjadinya jerawat.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa asam laurat dan asam kaprat dalam minyak kelapa telah terbukti membunuh bakteri penyebab jerawat.

5. Menjaga kesehatan rambut

Rambut yang sehat adalah rambut yang memiliki kadar protein yang baik di setiap helainya. Namun, penggunaan produk perawatan rambut atau pewarna yang mengandung bahan kimia diketahui dapat merusak protein, sehingga rambut juga bisa rusak.

Namun, penggunaan minyak kelapa pada rambut dapat dipahami bermanfaat dalam melindungi rambut dari kehilangan protein, sehingga rambut tetap sehat dan kuat.

Baca Juga : Khasiat Minyak Kelapa untuk Obat, Lengkapp Nihh!!

Sekian Dulu Pembahasan Dari Saya Tentang Cara Membuat Minyak Kelapa Murni Secara Tradisional Gampang Banget Semoga Bermanfaat bagi Kita semua