SEJARAH DAN PENGERTIAN KALIGRAFI

Posted on

 

Kaligrafi adalah seni rupa yang disusun huruf – huruf Arab yang indah. Yang menulis menggunakan pena, kuas ataupun alat tulis yang bisa digambar di media tertentu. Yang dirangkai menajdi kalimat yang tersusun.

Istilah Kaligrafi dalam bahasa Arab adalah Khatt, yaitu coretan tangan, dasar garis atau tulisan pena. Khatt atau kaligrafi adalah sebuah tulisan indah yang memiliki nilai estetis . dan sedangkan dalam bahasaYunani adalah Kallos yang memiliki arti indah dan graphia yang berarti aksara, tulisan, atau gambar.

Berikut pengertian Kaligrafi,  menurut Para Ahli :

  • Menurut Echols dan Hassan Shadily Kaligrafi adalah à adalah “kalios dan graph” yang artinya suatu tulisan atau aksara yang indah.
  • Menurut Rahman Kaligrafi à adalah sebuah rangkaian huruf Hijaiyah yang memuat ayat Al-Qur’an maupun Al-Hadist dimana rangkaian huruf itu dibuat dengan proporsi yang sesuai, baik jarak.
  • Menurut Bela Safira Kaligrafi à adalah suatu bentuk karya seni rupa yang lebih menekankan keindahan pada huruf sehingga mempunyai nilai-nilai estetika.
  • Menurut Sirojuddin Kaligrafi à adalah seni yang menulis huruf Arab dengan indah yang mengenai ayat – ayat Al-Qur’an atau Al-Hadist.

 

Selanjutnya, kita akan membahas tentang Sejarah Kaligrafi

 

 

Sejarah Kaligrafi

Pada abad ke-7, yaitu masa pencatatan Al-Qur’an muncul istila kata “Kufic” yang artinya kaligrafi pertama yang digunakan untuk mencatat Al-Qur’an. Yang dikembangkan oleh salah satu dari kota Iraq , Oleh karena itu disebut dengan kata “kufic” yang diambil dari kata “kufa”.

Alphabet Arab yang digunakan di Al-Qur’an sulit untuk dilacak dan diketahui usulnya, bahkan menurut lagenda bahwa penemu Alphabet Arab  adalah Nabi Idris. Konon katanya Alphabet tidak memiliki garis lengkung, namun seniman “kufic” mengatakan bahwa seniman pertama kaligrafi adalah Ali bin Abi Thalib, beliau adalah penulis master Kaligrafi pertama.

Sultan Ali Mashhadi mengatakan bahwa Ali bin Abi Thalib adalah Kaligrafi master yang pertama dan dapat dilacak dari Ali yang khas yaitu cara penulisan Alphabet 1/6 garis melengkung dan  5/6 garis lurus ,

 

Berikut gambar Huruf Alif karya Ali Bin Abi Thalib :

Pada abad ke-16 adalah permulaan dari seni kaligrafi islam, dimana gaya – gaya kaligrafi dari Al-Qur’an dibentuk. Semenjak saat itu kaligrafi penting bagi kebudayaan islam.

 

Masuknya Kaligrafi Arab ke Eropa

Kaligrafi Arab mulai dikenal di Eropa pada abad pertengahan. Dan pada masa tersebut Kaligrafi sering digunakan termasuk Raja Sicily, Italia pada tahun (1095-1154). Yang memiliki matel dan diabgian bawah mantel menggunakan “kufic” . mantel adalah = milik kerajaan yang di lindungi oleh hukum.

 

Kemudian pada masa selanjutnya. Kaligrafi maupun tulisan Arab masuk di Eropa (Jerman) dan diperkenalkan oleh bangsawan Jerman ia adalah Bernhard von Breydenbach pada abad ke-15.

Lalu, Kaligrafi maupun tulisan Arab mulai lebih luas dan diperkenalkan oleh bangsawan Australia yang bernama Adolf Grohman pada tahun (1825-1895). Kemudian hasil penelitian Adolf Grohman dikembangkan oleh Dominique Sourdel dan Janine Sourdel-Thomine.

 

>

>

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Telepon: 031-7871416

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://kubah-surya.com

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.