cara membua roti canai rumahan

Cara Membuat Roti Canai Rumahan

Posted on

Hallo? Apakabar semua terimakasih sudah membuka web ini. Pada artikel kali ini akan membahas tentang ” Cara Membuat Roti Canai Rumahan”. Sebelumnya kita akan membahas bagaimana cara membuatnya yang pasti gampang lah kalo mau coba dan berusaha! Mau tau caranya? Yuk langsung aja simak artikel dibawah ini dengan penjelasannya.

cara membuat roti canai rumahan

Cara Membuat Roti Canai Rumahan

Roti canai adalah salah satu jenis roti pipih India yang paling populer. Di Indonesia sendiri, makanan ini mudah ditemukan dimana-mana. Biasanya roti canai disajikan dengan taburan keju dan berbagai topping lezat lainnya.

Membuat roti ini ternyata cukup mudah lho. Baru-baru ini, resep roti canai juga dibagikan oleh chef Devina Hermawan. Tidak hanya mudah disiapkan, roti juga bisa digunakan sebagai makanan beku untuk menyimpan makanan ringan di rumah.

Bahan – Bahan :

  • – 280 gram tepung terigu protein tinggi
  • – 120 ml susu cair
  • – 100 ml minyak
  • – 1 sendok teh baking powder
  • – 1/2 sendok teh garam
  • – 1/2 sendok teh gula pasir
  • – 2 sendok makan margarin
  • – 1 butir telur
  • – Susu kental manis, sesuai selera
  • – Mentega, secukupnya

Cara Membuat Roti Canai Rumahan:

  1. Campurkan tepung terigu, baking powder, garam dan gula, lalu aduk rata. Dalam mangkuk terpisah, campurkan terong dan susu dan aduk hingga merata. Kemudian tuangkan campuran susu dan telur ke dalam campuran tepung, aduk perlahan. Tambahkan margarin kemudian uleni adonan.
  2. Diamkan adonan selama kurang lebih 15-30 menit di tempat tertutup. Selanjutnya, bagi adonan menjadi 6 bagian yang sama. Bulatkan dan rendam dalam minyak selama minimal 4 jam pada suhu kamar.
  3. Ambil sepotong adonan dan pipihkan dengan rolling pin. Jangan lupa olesi permukaan adonan dengan minyak atau margarin. Setelah itu taburi adonan dengan tepung di kedua sisinya, lalu lipat seperti kipas origami.
  4. Gulung adonan menjadi lingkaran lalu istirahatkan lagi selama 15-30 menit. Selanjutnya, masak adonan dengan api sedang-rendah sampai berwarna cokelat keemasan. Sajikan roti canai dengan topping pilihan Anda.

Baca Juga : Cara Membuat Roti Canai Anti Gagal

Manfaat dari Roti Canai

1. Melancarkan saluran pencernaan

Meski dibuat dengan tepung terigu, roda rami memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi pada roti ini dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Meski bisa melunakkan saluran pencernaan, roti ini cukup bermasalah bagi penderita saluran pencernaan.

2. Perlambat rasa lapar Anda

Kandungan serat yang sangat tinggi dari roti ini tidak hanya membantu melancarkan sistem pencernaan, tetapi juga memperlambat rasa lapar selama beberapa jam, karena roti ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi untuk membuat perut membesar.

3. Bantu usus besar

Manfaat kesehatan lain dari roda ganja adalah mencekik usus besar. Usus besar merupakan salah satu organ pencernaan yang berfungsi sebagai tahap terakhir makanan sebelum sisa makanan dikeluarkan dari tubuh. Kandungan karbohidrat yang tinggi dan kompleks dalam roti maryam membantu mengeluarkan sisa makanan dari usus besar.

4. Vetarma

Meskipun sandwich tinggi karbohidrat, mereka tidak menggemukkan perut. Hal ini dikarenakan kandungan lemak pada sea bread lebih rendah dibandingkan dengan nasi, sehingga roti ini cocok sebagai makanan diet.

5. Periksa gula darah Anda

Tidak seperti karbohidrat pada umumnya yang dapat mempengaruhi kadar gula darah. Ternyata canai wheel sama sekali tidak menaikkan gula darah, nyatanya roti ini berhasil mengontrol gula darah.

Story Roti Canai

Kebanyakan orang mungkin sudah tahu apa itu roti canai? Ya, konon roti tersebut berasal dari India, tepatnya dari Chennai, yang kemudian menjadi asal mula namanya. Roti canai sudah masuk ke negara tetangga salah satunya Indonesia.

Di Indonesia, makanan ini paling dikenal karena dibawa oleh para pedagang Arab, dan biasanya dijual di warung-warung yang bernuansa Timur Tengah. Dikatakan juga bahwa roti dari Timur Tengah ini merupakan cikal bakal maraknya ganja, hanya perbedaan penggunaan isian rotinya. Bahkan jika kita amati bentuknya, roti canai sangat mirip dengan martabak.

Roti ini memiliki sejarah yang panjang. Kejelasan asalnya masih menjadi pertanyaan. Karena roti khas seperti ini juga sudah ditemukan di berbagai negara, bahkan di Eropa; dengan nama Pane Volante.

Ciri khas dari makanan ini adalah memiliki rasa yang rata namun gurih.
Seiring dengan perkembangan zaman, banyak bermunculan toko-toko yang menjual makanan ini dengan berbagai macam rasa. Seperti roti marya yang hanya ditaburi gula atau madu. Atau bisa juga dengan mencampurnya dengan potongan kecil daging.

Sedangkan roti canai bisa disajikan dengan saus kari atau dengan isian coklat dan keju. Begitu pula dengan roti kertas, ia berkreasi memberikan rasa yang lebih kuat dengan menambahkan banyak rasa, salah satunya adalah keju coklat yang menjadi favorit banyak orang.

Roti kain atau lebih dikenal dengan roti prata memiliki bahan mirip kulit yang sangat tipis. Namun, sandwich di Indonesia biasanya disajikan dengan keju, cokelat, dan susu, kemudian ditemani segelas teh tarik.

Keunikan Roti Canai

Kembali ke keunikan rotinya, roti ini memiliki tekstur yang sangat ringan, tipis dan renyah. Penampilan roti kain ini berbentuk kerucut hingga sekitar 30cm seperti topi penyihir.

Saat berkunjung ke Kedai Roti Canai Pak Bandri, penulis berkesempatan merasakan secara langsung proses pembuatan roti kain. Pembuatan roti kain sebenarnya tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan roti canai, dan bahan dasarnya hampir sama.

Perbedaan

Perbedaannya hanya pada cara menghaluskan adonan sehingga membentuk kerucut memanjang. Rasa dari roti tawar ini hampir mirip dengan pancake yang garing dan ada porsi yang kental.

Disarankan juga untuk tidak sendirian jika Anda menyukai roti kain, karena jika diperhitungkan porsinya cukup besar dan cukup untuk lebih dari 2 orang. Oleh karena itu sangat cocok sebagai camilan jika Anda sedang mengunjungi keluarga.
Karena makanan ini adalah makanan ringan, tetapi dapat digunakan sebagai makanan di pagi hari, itu sehat dan rendah lemak; sehingga makanan ini dapat dicerna setiap hari tanpa mengkhawatirkan gula darah. Karena makanan ini justru bisa mengontrol kadar gula darah, tetap stabil.

Kombinasi makanan berserat tinggi bertujuan untuk menghindari penyakit berbahaya, termasuk obesitas, penyakit kardiovaskular dan diabetes. Seperti jenis roti lainnya, terlalu banyak roti modern saja tidak cukup. Karena roti modern biasanya dibuat dengan menambahkan bahan seperti ragi. Oleh karena itu, ragi ini menjadi pemicu masalah, terutama masalah pencernaan.

Tak heran jika masyarakat India dan Timur Tengah menyiapkan makanan ini sebagai menu sarapan di pagi hari. Namun di Indonesia sendiri, makanan ini tidak hanya bisa disantap di pagi hari, tapi juga bisa dinikmati sepanjang waktu. Karena di Indonesia makanan ini dinikmati sebagai camilan, bukan sebagai makanan pokok.

Nah dari artikel diatas kita tau bahwa roti canai mulai dari sekarang sudah mulai dikenal dengan orang. Pada pembahasan Roti Canai manfaat dan keunikan roti canai bisa dilihat dan itu simpel banget bukan? Terimaskasih sudah membaca artikel ini sampai selesai , semoga dapat membantu kalian dan selamat mencoba !