roti canai

Cara Memasak Roti Maryam Di Teflon

Posted on

Hai apakabar semua? Terimakasih sudah mampir di web ini. Pada artikel kali ini akan membas tentang “ Cara Memasak Roti Maryam Di Teflon “. Memasak menggunakan telfon akan menjadikan roti Maryam tersebut menjadi lebih lebar dan mudah untuk dibentuk nantinya. Mau tau caranya? Yuk simak pembahasanyya dibawah ini!

roti canai

Cara Memasak Roti Maryam Di Teflon

Roti maryam atau roti canai adalah roti pipih India. Roti ini mudah ditemukan di Singapura dan Malaysia, biasanya dijual di warung-warung makan asal India. Di Jakarta dan sekitarnya, roti ganja banyak dijual di stasiun-stasiun kereta api.

Roti ini memiliki rasa margarin yang asin dan manis dengan taburan atau pisau manis yang kental. Anda juga bisa memasak dengan keju atau pisang seperti roti panggang. Cara membuat roti maryam sangat sederhana, karena tidak membutuhkan oven, cukup teflon saja. Yuk coba bikin roti mary dengan resep porsi yang enak. Bisa untuk makan malam atau sarapan.

Bahan – Bahan :

  • 250 gram tepung protein
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • 75 gram margarin
  • 2 sendok makan minyak
  • 75 ml air
  • 75 gram mentega tawar untuk melumasi
  • 50 ml minyak goreng untuk melumasi

Langkah – Langkah :

  1. Campur tepung terigu, garam, telur, margarin , minyak dan air. Uleni sampai halus.
  2. Kerjakan adonan hingga elastis. Timbang 50 gram setiap adonan. pembulatan. Biarkan selama satu jam
  3. Gilas adonan di atas meja yang sudah diolesi minyak hingga tipis.
  4. Terapkan secara tidak teratur. Peran kecil. Bentuk lingkaran bulat.
  5. Masak di atas pan anti lengket yang diolesi sedikit unsalted butter dengan cara ditekan dengan spatula. Masak hingga mendidih dan berwarna kecokelatan.

Baca Juga :  Cara Mmebuat Roti Canai Simpel Mudah Dan Praktis

  1. Melancarkan saluran pencernaan

Meski terbuat dari tepung terigu, roti canai memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi dalam roti ini dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Meski bisa melembutkan saluran pencernaan, roti ini cukup bermasalah bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan.

  1. Perlambat rasa lapar Anda

Kandungan serat yang sangat tinggi dalam roti ini tidak hanya membantu menenangkan sistem pencernaan tetapi juga memperlambat rasa lapar selama beberapa jam karena roti ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup yang dapat membuat perut membesar.

  1. Bantu usus besar

Manfaat kesehatan lain dari roti canai adalah membatu usus besar. Usus besar merupakan salah satu organ pencernaan yang berfungsi sebagai tempat pemberhentian terakhir makanan sebelum sisa makanan dikeluarkan dari tubuh. Kandungan karbohidrat yang tinggi dan kompleks dalam roti marya membantu mengeluarkan sisa makanan di usus besar.

  1. Rendah lemak

Meskipun sandwich mengandung banyak karbohidrat, mereka tidak membuat perut Anda gemuk. Hal ini dikarenakan kandungan lemak pada sea bread lebih sedikit dibandingkan dengan nasi, sehingga roti ini cocok sebagai makanan diet.

  1. Periksa gula darah Anda

Tidak seperti makanan berkarbohidrat pada umumnya, yang dapat mempengaruhi kadar gula darah. Ternyata roti canai sama sekali tidak menaikkan gula darah, malah sebenarnya roti ini bisa mengontrol gula darah.

Asal Muasal Roti Canai

Ada yang familiar dengan nama roti maryam? Makanan dengan nama unik ini sebenarnya hampir sama dengan roti cane dan roti prata; ketiganya memiliki rasa yang sama yaitu hambar dan cenderung gurih, tidak hanya itu; roti ini juga memiliki bentuk yang hampir sama.

Makanan ini memiliki banyak julukan karena identik dengan daerah Arab dari berbagai daerah atau bahkan negara yang menggunakan nama dengan versi yang berbeda, karena pada awalnya hanya terdapat di desa Arab atau desa khas Timur Tengah.

Di India biasa disebut roti cane karena berasal dari Chennai (Madras), di Malaysia dan Singapura disebut Prata, Palata (Myanmar), di Cina dikenal dengan Yin Du Jiang Bing yang berarti kue panggang India, sedangkan di Eropa itu dikenal sebagai Terbang. Roti (roti terbang).
Roti marya ini memiliki keunikan; ciri khas makanan ini adalah teksturnya yang terlihat hampir seperti jaring yang menyatu, ada yang berlapis-lapis tapi tidak saling menempel. Menurut tradisi, roti maryam biasanya disantap saat sarapan dengan gula merah dan bisa juga menggunakan madu. Makanan ini berbentuk bulat dan pipih dengan rasa yang gurih.

Kesamaan Roti Canai

Di India, jenis makanan ini menjadi makanan pokok sehari-hari. Dikatakan pula bahwa roti ini merupakan cikal bakal dari Martabak yang juga dibuat dari bahan tersebut, hanya saja Martabaknya mengandung berbagai macam daging dan bumbu.
Sebenarnya cara membuat roti maryam ini cukup mudah, dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, yang terpenting membuat roti ini membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Butuh waktu untuk membuat roti ini.

Dalam proses penggorengan juga sangat penting diperhatikan agar adonan tidak lengket di wajan atau teflon. Tidak perlu menggoreng roti maryam ini sampai benar-benar matang, cukup setengah matang saja, karena setelah itu penyajiannya perlu dipanaskan kembali agar lebih enak saat memakan roti maryam.
Dengan perkembangan zaman dan banyaknya makanan atau jajanan yang ditawarkan, roti maryam pun tidak kalah bersaing dengan makanan lain; sebenarnya memperbaharui sangat erat dengan menambahkan aroma atau bumbu untuk mencicipi roti maryam.

Isian Roti Canai

Isian roti maryam biasanya bisa diisi dengan rasa coklat atau keju; untuk yang original atau tidak ditambah isiannya juga bisa disajikan dengan kari atau kuah kari untuk varian gurih, dan untuk varian manis bisa juga ditambah madu, gula icing, coklat, keju, selai atau susu kental manis.
Saat ini banyak yang menjual roti maryam karena peminatnya yang besar, biasanya dijual dengan makanan beku (frozen food), kemudian roti maryam yang dikemas tersebut kemudian dimasukkan ke dalam lemari es hingga membeku. Membeku seperti es dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Oleh karena itu, roti Maryam bisa lebih awet dan tahan lama, serta tidak mengurangi rasanya. Ini juga harus diperhitungkan dalam kemasan roti maryam; setiap lembar roti ganja harus dipisahkan satu sama lain seperti kertas roti; cara ini berfungsi agar roti tidak saling menempel, tidak merusak bentuk roti maryam, dan memudahkan dalam mendapatkan roti.

Selain kemasan roti maryam, informasi yang diberikan juga menggunakan kertas atau stiker dengan variasi roti seperti original, coklat atau keju. Penyajiannya cukup sederhana yaitu dengan cara memanaskan roti maryam dengan teflon dan menggunakan api kecil agar tidak mudah gosong. Panaskan roti maryam sampai berwarna cokelat muda, lalu angkat. Roti Maryam siap dinikmati, bisa ditambah topping sesuai selera.

Dari artikel diatas kita tau bahwa roti canai merupakan cemilan khas dari daerah timur atau Arab. Roti ini cocok banget untuk menjadi sebuah dagang online seperti sekarang. Terimakasih sudah baca web ini , semoga dapat membantu kalian. sekian dan selamat mencoba!