Cara Masak Nasi Pakai Rice cooker

Cara Masak Nasi Pakai Rice cooker

Posted on

Pada artikel ini saya akan membahas cara masak nasi pakai rice cooker. Caranya sangat sederhana dan mudah yang bisa Anda lakukan di rumah. Yuk simak artikel berikut ini!

Kandungan Gizi Nasi Putih

Cara Masak Nasi Pakai Rice cooker

Nasi putih merupakan sumber utama karbohidrat yang menjadi makanan pokok di berbagai negara, khususnya Indonesia. Satu porsi nasi putih seukuran mangkuk (180 gram) setidaknya mengandung 50 gram karbohidrat.

Meskipun kandungannya tinggi, karbohidrat dalam nasi putih sebagian besar terdiri dari gula dan pati daripada serat. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian bagi penderita diabetes dalam mengatur jumlah nasi putih yang dikonsumsi.

Selain karbohidrat, vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium adalah nutrisi lain yang terkandung dalam nasi putih.

Fungsi Penting Nasi Putih Bagi Tubuh

Fungsi nasi dalam penanak nasi di rice cooker Karbohidrat dalam nasi putih berperan penting dalam suplai energi tubuh. Saat Anda makan nasi putih, karbohidrat di dalamnya dipecah menjadi glukosa, yang kemudian diserap dan dilepaskan ke aliran darah.

Glukosa ini diedarkan ke seluruh tubuh sebagai bahan bakar, terutama untuk otak. Selain sebagai sumber energi, manfaat nasi putih juga bisa didapat dari kandungan nutrisi lainnya, yaitu:

  • Vitamin B1 (tiamin), yang membantu metabolisme karbohidrat.
  • Magnesium sebagai komponen penting dalam pembentukan struktur tulang dan pengaturan kontraksi otot.
  • Mangan untuk mendukung otak, sistem saraf, dan enzim dalam tubuh.

Meski nasi putih kaya akan nutrisi, konsumsi nasi putih secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Salah satu risiko terlalu banyak mengonsumsi nasi putih adalah terjadinya sindrom metabolik, yang sering dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.

Beberapa ahli gizi lebih memilih untuk mengkonsumsi beras merah (brown rice) karena mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan mineral daripada beras putih. Namun karena nasi merah kurang mengembang dan rasanya hambar, kebanyakan orang tetap memilih nasi putih.

Cara Memasak

Cara Masak Nasi Pakai Rice cooker

 1. Ambil Nasi Dengan Gelas Takar

Ada berbagai varian/ukuran gelas ukur atau gelas ukur. Ini dia beberapa di antaranya:

  • 200 ml, dibutuhkan 5 gelas untuk membuat 1 liter nasi.
  • 250 ml, membutuhkan 4 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.
  • 335 ml, dibutuhkan 3 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.
  • 600 ml, dibutuhkan 1 dan 2/3 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.

2. Cuci beras di wadah terpisah

Tentu saja, cuci beras 2-3 kali sebelum dimasak. Jika rice cooker yang Anda gunakan menggunakan wajan teflon (anti lengket), sebaiknya cuci beras di wadah yang berbeda agar lapisannya tidak tergores sehingga wajan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

3. Tuang beras ke dalam Magic Com

Tuang beras yang sudah dicuci ke dalam panci rice cooker. Setiap penanak nasi memiliki petunjuk takaran di panci. Perhatikan dulu.

4. Tuang air dalam takaran

Petunjuk takaran pada panci sangat membantu dalam melihat berapa banyak air yang dibutuhkan untuk memasak nasi yang Anda tambahkan ke panci. Dalam hal ini, volume air umumnya sedikit di atas beras.

Tingginya sekitar 1-2 cm. Namun ukuran ini juga perlu disesuaikan dengan jenis nasi yang Anda masak, baik itu nasi pulen atau nasi kering.

Sekadar informasi, cara memasak nasi putih yang benar adalah jika nasinya lebih pulen, airnya tidak banyak, nasinya akan empuk dan lembut. Di sisi lain, jika Anda memasak nasi pera, Anda perlu menambahkan lebih banyak air agar nasi tidak terlalu keras atau kering.

5. Tutup penutup Magic Com

Jika jumlah dan volume air sudah sesuai, tutuplah penutup rice cooker dan/atau Magic Com. Beginilah proses memasak nasi di rice cooker dimulai. Ingat, sebelum memasuki tahap ini, pastikan lokasi colokan listrik terpasang dengan benar.

6. Proses memasak dimulai

Dengan beberapa merek Magic-Com, hanya tersedia tombol on dan off (tuas). Ini adalah penanak nasi tua. Pada penanak nasi dengan teknologi terkini, ibu-ibu cukup menekan tombol masak digital dan memilih mode nasi putih (white rice).

7. Aduk nasi setelah masak

Agar nasi putih yang sudah matang tidak menggumpal dan lembek (overcooking), sebaiknya nasi diaduk.

8. Nasi enak siap dihidangkan

Nasi putih enak siap dihidangkan!

Alasan Nasi Merah Lebih Baik Daripada Nasi Putih

Cara Masak Nasi Pakai Rice cooker

1. Serat lebih tinggi

Beras merah dianggap sebagai salah satu jenis beras yang paling bergizi karena dibuat tanpa membuang kulitnya. Satu cangkir beras merah mengandung 218 kalori, 4,5 gram protein, 1,8 gram lemak, 3,5 gram serat, dan 45,8 gram karbohidrat.

Sedangkan nasi putih dengan porsi yang sama mengandung 242 kalori, 4,4 gram protein, 0,4 gram lemak, 53,2 gram karbohidrat, dan 0,6 gram serat. Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dan kalori yang lebih sedikit.

2. Lebih banyak vitamin

Beras merah adalah sumber tiamin, niasin, dan vitamin B6 yang baik. Satu porsi beras merah mengandung 0,2 mg tiamin, 2,6 mg niasin, dan 0,3 mg vitamin B6.

Vitamin B sekarang ditambahkan ke beberapa beras putih yang dijual di pasar, yang umumnya hilang selama pemrosesan. Vitamin B ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

3. Lebih banyak mineral

Setiap porsi nasi merah dapat memberikan 86 mg magnesium (22% dari tunjangan harian yang direkomendasikan) dan 150 mg fosfor (15% dari tunjangan harian yang direkomendasikan).

Sedangkan nasi putih hanya mengandung 24 mg magnesium dan 69 mg fosfor. Magnesium penting untuk menjaga kekebalan tubuh, fungsi jantung dan saraf. Sedangkan fosfor dibutuhkan untuk menjaga kesehatan fungsi ginjal, tulang dan gigi.

Sekian artikel cara masak nasi pakai rice cooker, semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencobanya!