cocopeat sabut kelapa

Berbagai Penjelasan Cocopeat Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam

Posted on

Halooo, assalamualaikum kali ini saya akan menjelaskan tentang cocopeat sabut kelapa, meliputi cocopeat sebagai media tanam, berbagai variasi bentuk cocopeat, manfaat penggunan cocopeat sera tren penggunaan cocopeat. Semoga dapat membantu anda dan selamat membaca.

Cocopeat Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam

Media tanam tanaman dalam budidaya hortikultura tersedia dalam berbagai jenis pilihan. Salah satu obat yang paling umum digunakan adalah “Cocopeat”. Kelapa (kelapa: kelapa, gambut: gambut atau iroro) sering disebut sabut kelapa (iribrofiber) atau ram kelapa (irur bubuk).

Bahan ini terbuat dari kulit atau tempurung kelapa.

pada umumnya sabut kelapa diperoleh dari limbah kelapa yang  menggunakan kelapa sebagai bahan baku dalam produknya.Sabut kelapa terdiri dari serat dan gabus adalah penghubung antar serat. Setiap kelapa mengandung 75% serat.

Sabut kelapa mengandung zat kimia seperti selulosa, lignin, arang, tanin dan kalium. Rata-rata 1 butir kelapa dapat menghasilkan besi seberat 0,4 kg dengan kandungan serat 30%.

Pengolahan sabut kelapa menghasilkan produk utama, yaitu (1) serat panjang (fiber), (2) serat halus atau serat pendek (rambut), dan (3) bubuk atau bubuk couran. Serat dapat diolah menjadi matras, karpet, geotekstil, dll, dan debu/serbuk iritan diolah kembali menjadi kompos, partikulat untuk furniture atau cocopeat.

Baca juga : Jual Cocomesh Murah dan Berkualitas

Berbagai Variasi Bentuk Cocopeat

cocopeat sabut kelapa

Serbuk sabut kelapa yang berasal dari industri kemudian dimasukkan ke dalam proses pencucian, dipanaskan, disaring dan kemudian diperiksa dengan teliti sebelum diolah menjadi kelapa.

Cocopeat umumnya dikemas dalam bentuk kemasan serbuk curah atau dalam kemasan terkompresi (compressed and solidified) dalam bentuk balok (briket), plank board, dan piringan cakram. Penggunaan kokopeat sebagai media tanam biasanya dengan menambahkan air sehingga terurai, berkembang dan diangin-anginkan.

Cocopeat seberat 1 kg bisa membusukkan 15 liter cocopeat basah. Struktur kokopeat yang dikemas dalam bentuk kompres dapat menyebabkan kokopeat membusuk selama 10 tahun pemakaian. Hal ini sangat menguntungkan karena penggunaan kokopeat bisa bertahan lebih lama.

Manfaat Penggunaan Cocopeat

cocopeat sabut kelapa

Cocopeat umumnya digunakan dalam pertanian dan hortikultura serta industri penyerap. Dalam bidang pertanian cocopeat sering digunakan sebagai media tanam, termasuk lingkungan tumbuh hidroponik sebagai pengganti lingkungan tanah.

Sayangnya kandungan nutrisi dalam kokopeat rendah, sehingga perlu ditambahkan bahan lain sebagai tanaman pengganti tanah. Penambahan kompos atau pupuk organik lainnya dan kulit kayu akan menjadi alternatif yang baik untuk campuran sumber daya tanaman.

Cocopeat secara alami memiliki tingkat pH pada kisaran 5,8-6 yang berarti sedikit asam. Namun, pada beberapa tanaman yang populer ditanam, kisaran pH ini merupakan kisaran pH optimal untuk pertumbuhan yang baik (persyaratan pH tanaman umumnya 5,5-6,5).

Cocopeat dipastikan masih mengandung cendawan yaitu Trichoderma sp yang bersimbiosis dengan cocopeat terhadap cendawan patogen Pythium sp. Pada kokopeat steril, Trichoderma sp menghilang.

Beberapa cocopeat tidak rusak sama sekali (oleh lem kelapa) sehingga masih dapat menggunakan nitrogen yang ada di udara. Kondisi ini menyebabkan persaingan antara kokopeat dan tanaman yang diatasi jika kandungan nitrogen tidak mencukupi.

Ada juga cocopeates berkualitas buruk yang masih mengandung garam atau residu tanin, sehingga perlu dibersihkan beberapa kali untuk menghilangkan garam dan tanin. Kokopeat tidak cocok digunakan sebagai bahan bakar karena menghasilkan banyak asap dan menghasilkan panas.

Tren Penggunaan Cocopeat

Selain meningkatkan sumber daya, kelapa memiliki keunggulan lain, salah satunya adalah untuk menggantikan lumut kelapa yang lebih baik, karena bebas dari bakteri dan spora jamur. Kokopeat adalah bahan yang ramah lingkungan.

Dalam budidaya jamur, kokopeat sangat cocok sebagai substrat yang memberikan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan jamur karena cocopeat mengandung kadar selulosa dan lignin yang tinggi. Cocopeat merupakan bahan penyerap yang baik.

Baca juga : Berikut Ini Beberapa Manfaat Cocomesh Sabut Kelapa

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cocopeat sabut kelapa bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)