Jamu Pelancar Haid

Jamu Pelancar Haid yang Ampuh Melancarkan Siklus Menstruasi

Posted on

Jamu Pelancar Haid – Setiap wanita yang sudah pubertas mengalami menstruasi setiap bulannya. Menstruasi atau datang bulan disebabkan karena adanya peluruhan dinding rahim (endometrium) karena tidak dibuahi. Pada umumnya, siklus menstruasi pada wanita terjadi selama 28 hari dengan lama 4-6 hari.

Namun tidak jarang wanita mengalami gangguan saat menstruasi, seperti haid tidak teratur, nyeri haid, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, banyak wanita yang memilih untuk mengonsumsi obat pelancar haid, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi minuman kunyit.

Kunyit atau dengan nama latin Curcuma longa merupakan salah satu tanaman rimpang herbal yang sering digunakan sebagai bumbu dapur, pewarna pada masakan, dan minuman herbal yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Menurut National Center for Biotechnology Information, kunyit memiliki aktivitas estrogenik yang hampir mirip dengan salah satu hormon yang memiliki peran penting dalam mengatur siklus menstruasi setiap wanita yaitu hormon estrogen. Maka tak heran jika kunyit sangat berkhasiat dalam mengatasi gangguan menstruasi.

Manfaat Kunyit sebagai Pelancar Haid 

Saat menstruasi, beberapa wanita mungkin mengalami gejala-gejala seperti kram perut, pusing, bad mood, dan sembelit. Kandungan dalam kunyit dapat memberikan manfaat untuk mengatasi gejala-gejala tersebut. Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Memperlancar Siklus Menstruasi

Seorang wanita yang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, atau lebih dari 35 hari siklus menstruasi, biasakan akan merasakan nyeri yang lebih hebat daripada biasanya. Umumnya, aliran darah bisa lebih deras atau justru lebih sedikit.

Kunyit adalah sumber estrogen yang baik bagi wanita dan berperan sebagai fitoestrogen. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat emmenagogue yang mampu merangsang aliran darah di daerah panggul dan rahim.

2. Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri menstruasi adalah salah satu hal yang umum terjadi. Nyeri ini bisa terjadi di perut, panggul, payudara, hingga punggung bawah. Jika tidak segera diatasi, hal ini tentu membuat tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas.

Untungnya kunyit memiliki sifat analgesik yang mampu mengurangi rasa sakit yang terjadi saat menstruasi. Kunyit juga mengandung senyawa kurkumin yang mampu menghambat hormon penyebab nyeri dan peradangan.

3. Jamu Pelancar Haid untuk Mengatasi Kram Perut 

Gejala seperti kram perut saat menstruasi juga menjadi salah satu kondisi yang bisa mengganggu dan membuat aktivitas menjadi tidak nyaman. Kram perut biasanya terjadi karena adanya kontraksi yang kuat dari otot-otot rahim.

Kunyit memiliki sifat anti spasmodik yang dapat membantu meringankan gejala sindrom pra menstruasi atau biasa disebut sebagai PMS, seperti kram perut atau nyeri menstruasi. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu meredakan rasa sakit.

Artikel Lainnya : Manfaat Kunyit Asam untuk Diet

4. Memperbaiki Suasana Hati

Wanita yang sedang mengalami menstruasi terkadang menjadi lebih mudah marah dan emosional. Hal ini disebabkan akibat adanya perubahan hormonal pada wanita saat sedang mengalami menstruasi sehingga dapat menyebabkan perubahan emosi yang cukup drastis.

Kunyit adalah salah satu bahan dasar yang mampu mengontrol emosi pada saat mengalami menstruasi. Kandungan kurkumin dalam kunyit diyakini dapat menyeimbangkan berbagai zat kimia pada otak sehingga mampu mengatur emosi serta menghindari perubahan suasana hati.

5. Mencegah Gejala PMS (Premenstrual Syndrome)

Sindrom pramenstruasi atau PMS seringkali terjadi pada beberapa wanita tepat sebelum menstruasi. Beberapa gejala tersebut diantaranya yaitu muncul jerawat, lemas, sakit kepala, dan flu. Namun tak perlu khawatir karena kunyit dapat membantu mengatasi gejala-gejala tersebut. Kunyit diyakini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang agar tetap bekerja dengan baik dan tidak mudah terserang penyakit.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam untuk Pelancar Haid

Jamu kunyit asam merupakan salah satu jamu yang sudah banyak dikenal dengan khasiatnya untuk melancarkan haid. Obat tradisional ini terbuat dari bahan utama kunyit dan asam jawa serta dengan penambahan bahan-bahan lainnya yang membuatnya enak dan berkhasiat. Simak cara pembuatan jamu asam berikut ini!

Jamu Kunyit Asam Bisa Redakan Nyeri Haid, Ini Resepnya Jika Mau Bikin Sendiri

Bahan-bahan:

  • 1 ons kunyit
  • 1 ons gula jawa
  • 1/2 sdt garam
  • 1 bungkus kecil asam jawa
  • 600 ml air.

Cara membuat: 

  1. Kupas lalu cuci kunyit hingga bersih.
  2. Haluskan kunyit dengan menggunakan blender. Proses hingga benar-benar halus.
  3. Setelah itu, masak air bersama kunyit yang telah dihaluskan.
  4. Tambahkan asam jawa, dan gula jawa. Aduk-aduk agar gula larut dan merata. Jangan lupa beri garam secukupnya.
  5. Jamu kunyit asam siap dinikmati.

Artikel Lainnya : Khasiat Jamu Kunyit Asem untuk Kesehatan

Demikian tadi resep jamu kunyit asam sebagai salah satu jamu pelancar haid. Sangat mudah bukan? yuk praktekkan resep tadi di rumah, selain simple, bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah kita jumpai di sekitar kita.