kegunaan minyak serai wangi
Posted on
Minyak serai wangi? Demikian beberapa kegunaan minyak serai wangi. Serai atau serai tidak hanya bisa digunakan untuk bumbu masakan. Saat diolah dan dikemas menjadi minyak atsiri, minyak grapefruit memiliki manfaat kesehatan. Apa saja manfaat minyak jeruk yang bisa didapatkan?

Baca juga : Alat Destilasi Minyak Atsiri

Kegunaan Minyak Serai Wangi

kegunaan minyak serai wangi

1. Untuk Obat Anti Ketombe

Manfaat minyak serai yang pertama adalah dapat mengobati ketombe. Menurut sebuah penelitian di Thailand pada tahun 2015, minyak jeruk dapat digunakan sebagai tonik rambut.

Dalam penelitian tersebut, peneliti menggunakan hair tonic yang mengandung minyak atsiri serai (Cymbopogon flexuosus) dua kali sehari selama 14 hari.

Di akhir penelitian, jumlah ketombe tampak menurun drastis setelah mengoleskan minyak esensial jerami pada rambut.

2. Untuk Obat Jamur Kulit

Beberapa penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Nanomedicine pada tahun 2015 menunjukkan bahwa minyak jeruk nipis telah terbukti dapat mencegah pertumbuhan jamur tertentu, terutama Candida albicans, yang menyebabkan infeksi jamur.

Namun sayangnya, penelitian dan uji klinis yang mencoba minyak ekstrak grapefruit untuk mengobati semua jenis infeksi jamur masih kurang. Jadi jamur candida satu-satunya yang bisa menyembuhkan kandidiasis sejauh ini.

3. Sebagai Aromaterapi Untuk Meredakan Rasa Cemas

Minyak serai jika anda gunakan sebagai aromaterapi akan dapat memengurangi kecemasan. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine ini menunjukkan bahwa hanya dengan mencium aroma minyak jerami dapat mengurangi kecemasan.

Peserta penelitian dibagi menjadi beberapa kelompok, beberapa menghirup minyak jerami (tiga atau enam tetes) dan mereka yang menghirup minyak pohon teh (tiga tetes).

Segera setelah menghirup, peserta penelitian diuji lagi. Hasilnya, partisipan yang menghirup minyak jerami mengalami penurunan tingkat kecemasan dan ketegangan dibandingkan dengan partisipan yang menghirup minyak pohon teh.

4. Pewangi Alami

Manfaat lain dari minyak serai adalah aroma alaminya. Anda dapat menggunakan minyak esensial lainnya, seperti minyak lavender atau minyak pohon teh, atau menambahkan minyak esensial lainnya ke dalam parfum Anda sendiri.

Selain itu, Anda juga bisa membersihkan piring atau wajan berminyak dengan minyak serai.

5. Menambah Nafsu Makan

Bagi anda yang sering tidak tahan lapar, coba hirup aroma minyak esensial grapefruit. Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam jurnal Neuroscience Letters menemukan bahwa menghirup aroma minyak esensial grapefruit dapat memblokir saraf lambung yang menyebabkan rasa lapar.

6.  Mengobati Flu

Sudahkah anda mencoba berbagai metode, tetapi flu dan flu masih datang? Cobalah untuk menghirup aroma minyak kayu putih (eucalyptus) secara teratur.

Ya, manfaat minyak esensial kayu putih dapat meredakan hidung tersumbat dan tersumbat karena alergi. Eucalyptus mengandung sifat antibakteri yang mengendurkan otot-otot hidung. Anda juga bisa menyampurkan beberapa tetes minyak esensial kayu putih ke dalam air hangat agar aroma lebih segar.

Beberapa hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memakai Minyak Serai

kegunaan minyak serai wangi

Minyak lemon sebaiknya hanya digunakan secara eksternal, tidak sampai dikonsumsi. Ini karena minyak serai memiliki efek toksik. Selain itu, beberapa orang mungkin mengalami iritasi saat mengoleskan minyak esensial pada kulit jerami.

Jadi, anda perlu melakukan tes kulit sebelum menggunakan minyak serai. Jangan gunakan pada area mata atau area sensitif tubuh lainnya, seperti alat kelamin.

Baca juga : Cara Membuat Kacang Telur Crispy, Renyah dan Enak

Berikut beberapa kegunaan minyak serai wangi . Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Baca juga artikel lainnya di rumahmesin.com Selamat mencoba…

Terima kasih:)