Manfaat Tomat untuk Wajah

Manfaat Tomat untuk Wajah yang Wajib Kamu Ketahui

Posted on

Manfaat tomat untuk wajah pada dasarnya berasal dari kandungan antioksidan, vitamin C, dan kandungan lainnya, seperti vitamin A, vitamin B, magnesium, dan kalium. Dilihat dari banyaknya kandungan dalam buah tomat, tak ada salahnya Anda memanfaatkan buah tomat untuk merawat kesehatan kulit wajah Anda.

Meskipun mengandung beberapa nutrisi dan vitamin yang bisa menjaga kesehatan kulit, namun manfaat tomat untuk wajah masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, bila Anda memiliki masalah kulit tertentu, sebaiknya dikonsultasian terlebih dahulu dengan dokter kulit. Dengan begitu, manfaat tomat untuk wajah bisa didapatkan secara maksimal. Yuk kita simak manfaat tomat untuk wajah berikut ini!

1. Melembapkan kulit

Manfaat buah tomat yang pertama yaitu dapat membuat kulit menjadi lebih lembab. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kering, tak ada salahnya Anda mencoba mengonsumsi atau menggunakan masker tomat. Manfaat ini berkat kandungan potasium dan kalium pada tomat yang mampu melembabkan kulit.

2. Meredakan peradangan kulit

Manfaat tomat selanjutnya untuk wajah adalah meredakan peradangan kulit. Buah tomat bersifat sebagai anti-inflamasi dan antioksidan seperti likopen, beta-karoten, lutein, vitamin C, dan vitamin E. Dengan beberapa kandungan tersebut, buah tomat dapat meredakan peradangan serta iritasi pada kulit.

3. Mengurangi produksi minyak berlebih 

Manfaat buah tomat yang berikutnya yaitu dapat digunakan sebagai toner wajah. Manfaat buah yang satu ini diyakini mampu mengurangi produksi minyak berlebih serta menyegarkan kulit wajah. Cara membuat toner wajah dari buah tomat yaitu dengan mencampurkan jus tomat dan timun segar. Setelah itu oleskan toner tersebut ke wajah dengan menggunakan kapas.

4. Mencegah tanda-tanda penuaan

Buah tomat juga bermanfaat untuk mencegah penuaan. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda dapat mengonsumsi buah tomat secara langsung atau diolah menjadi jus. Manfaat ini diklaim berasal dari kandungan berbagai jenis vitamin B yaitu vitamin B1, B3, B5, B6, dan B9 pada buah tomat.

Tertarik untuk menanam tomat sendiri di rumah? yuk simak informasi sleengkapnya di sini.

5. Merangsang produksi kolagen | Manfaat Tomat untuk Wajah

Buah tomat juga bermanfaat untuk merangsang produksi kolagen. Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang menyusun kulit. Untuk mendapatkan kulit wajah yang elastis, maka diperlukan kadar kolagen yang mencukupi.

Buah tomat dikenal mengandung banyak vitamin C yang dapat merangsang produksi kolagen pada tubuh. Anda bisa mendapatkan manfaat buah tomat yang satu ini dengan cara mengonsumsinya. Berkat manfaat ini kulit Anda akan terasa lebih kencang.

6. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Manfaat buah tomat yang selanjutnya yaitu dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Dalam sebuah studi penelitian, menemukan bahwa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak likopen, seperti tomat, dapat melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar ultraviolet dari matahari.

Dengan demikian, kulit Anda akan terhindar dari rasa terbakar sinar matahari atau biasa disebut sebagai sunburn. Dalam studi penelitian lainnya, para peneliti mengamati adanya penurunan tingkat sensivitas kulit pada beberapa orang yang mengonsumsi buah tomat serta makanan yang tinggi likopen lainnya.

7. Mengangkat sel kulit mati

Buah tomat ternyata juga bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Banyak orang percaya bahwa tomat memiliki enzim yang dapat mengelupas sel kulit mati. Hasilnya, kulit wajah akan terlihat lebih sehat dan cerah. Jika Anda tertarik dengan manfaat tomat untuk wajah ini, tidak ada salahnya Anda mencoba dengan cara membuat scrub dari campuran buah tomat dan gula pasir di rumah.

Setelah itu, scrub tomat dioleskan ke permukaan kulit. Namun sebaiknya hindari penggunaan scrup ini pada kulit wajah. Hal ini dikarenakan butiran gula pasir yang kasar justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah yang cenderung lebih tipis dibandingkan kulit tubuh lainnya.

8. Mempercepat penyembuhan luka | Manfaat Tomat untuk Wajah

Buah tomat mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Seperti yang kita tahu, kandungan vitamin C seringkali dijadikan bahan dalam produk-produk kecantikan. Pada dasarnya, vitamin C bermanfaat untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak serta mempercepat penyembuhan luka.

9. Menangkal radikal bebas

Selain vitamin C, buah tomat juga merupakan sumber utama likopen yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh untuk menangkal efek buruk yang bisa disebakan oleh radikal bebas. Untuk mendapatkan manfaat dari buah tomat yang satu ini, Anda bisa mengoleskan masker tomat pada wajah.

10. Membantu mengurangi risiko kanker kulit | Manfaat Tomat untuk Wajah

Kandungan utama dalam buah tomat yaitu likopen. Likopen merupakan senyawa karotenoid yang dapat memberikan warna merah pada buah tomat. Selain bersifat sebagai antioksidan, likopen juga bersifat sebagai anti kanker.

Meskipun begitu, manfaat buah tomat untuk mengurangi risiko kanker kulit masih sebatas hanya dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung likopen secara langsung. Belum ada penelitian yang menjelaskan manfaat tomat bila dioleskan pada kulit penderita kanker.

Selain menyehatkan, buah tomat juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan wajah. Beberapa manfaat buah tomat untuk wajah tadi bisa Anda dapatkan dengan cara mengonsumsi buah tomat ataupun dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat serta menambah wawasan Anda tentang manfaat buah tomat.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Tanaman Cabe Rawit Agar Berbuah Lebat