Cara Membuat Foam Susu untuk Latte Art

Cara Membuat Foam Susu Untuk Latte Art

Posted on

Cara Membuat Foam Susu Untuk Latte Art – Seiring waktu, penampilan minuman menjadi sangat penting, begitu juga dengan rasanya. Sebagai daya tarik, permintaan kopi dengan konsep dan karakteristik yang berbeda meningkat di beberapa kedai kopi. Salah satunya, Latte Art.

Latte Art adalah seni menghias secangkir espresso dengan bahan dasar cappuccino dan café latte. Ada dua teknik untuk mendekorasi kopi. Yang pertama dikenal sebagai free pour, yang melibatkan menuangkan susu kukus langsung ke espresso. Bentuknya bisa sangat berbeda, seperti hati, tulip, mawar, dan inovasi lain dari desain ini.

Teknik kedua disebut etching, yang melibatkan menuangkan susu ke espresso dan kemudian menggunakan alat gambar untuk membentuknya. Gambar yang dihasilkan juga sangat beragam karena penggunaan alat bantu. Gambar-gambarnya adalah beruang, babi, kucing, angsa, dan sebagainya.

Teknik Dalam Pembuatan Latte Art

Cara Membuat Foam Susu Untuk Latte Art

1. Free Pouring

Ini adalah teknik paling dasar dalam membuat latte art. Cocok untuk pemula karena satu-satunya kunci adalah mengontrol penuangan susu. Biasanya teknik tersebut juga digunakan dalam kompetisi atau kejuaraan di dalam dan luar negeri.

2. Etching

Teknik kedua ini tidak hanya didasarkan pada pengendalian penuangan susu, tetapi juga membentuk seni dengan bantuan pena penghapus.

Biasanya susu yang dituangkan sedikit lebih berbusa. Baru kemudian dibentuk sesuai selera dengan pena etsa. Selain spidol, teknik kedua ini juga menggunakan alat penekan untuk mengaduk bubuk kakao.

3. Teknik 3D

Teknik 3D mengandalkan foam yang dihasilkan dari pengocokan susu. Microfoam biasanya dibentuk dengan cara ditumpuk agar sesuai dengan pola gambar yang diinginkan.

Selain teknik, ada tiga cara lain yang perlu diperhatikan pemula dalam pembuatan latte art, yaitu ekstraksi espresso, steamed milk, dan basic art. Selain teknologi, kunci dari latte art yang baik adalah metode ekstraksi espresso dan frothing milk. Jika ingin melakukan seni, bisa mempelajarinya dari waktu ke waktu.

Baca juga : Cara Membuat Kopi Susu Kekinian

Cara Membuat Foam Susu Untuk Latte Art

  1. Caranya adalah dengan mengisi gelas dengan susu. Jangan mengisinya terlalu penuh dan sisakan ruang di dalam gelas untuk busa yang keluar nantinya.
  2. Kemudian tutup tutupnya dan kocok gelas berisi susu beberapa saat sampai susu berbusa.
  3. Buka tutupnya dan masukkan ke dalam microwave selama setengah menit. Busa naik dan panas microwave menstabilkannya.
  4. Tuang susu ke dalam kopi Anda dengan sendok.

Jenis Susu yang Baik untuk Membuat Foam

Cara Membuat Foam Susu Untuk Latte Art

1. Susu Full Cream

Susu full cream mengandung banyak lemak dan protein, yang dapat membuat busa lembut saat terbentuk. Tidak hanya itu, suhu susu juga harus diperhatikan, suhu susu menentukan bagus tidaknya penampakan buih susu.

Dengan susu murni yang dingin, Anda dapat membuat susu gelembung kecil atau (mikrofoam) kecil.

2. Susu Mentah atau Raw Milk

Selain susu murni, ada jenis susu mentah atau raw milk yang berasal langsung dari peternakan sapi perah. Jenis Susu ini sangat cocok untuk membuat foam/busa susu. Saat busa yang terbuat dari susu mentah dicampur ke dalam cappuccino, Anda bisa merasakan rasa karamel ekstra.

3. Susu HTST

Susu ini cocok untuk foam. Susu ini dapat memberikan rasa kopi yang lebih manis dan membuat tekstur cappucino lebih kental ketika busa susu dicampurkan ke dalam cappucino.

Nah, itulah cara membuat foam susu untuk latte art. Dan untuk kalian yang punya usaha kopi kalian bisa menggunakan mesin pembuat kopi, dengan mesin tersebut lebih bisa efektif dan efisien. Untuk mesin lainnya kalian bisa mengunjungi RumahMesin . Semoga membantu:)