Aneka Olahan Mie Jagung Kuah Sederhana

Posted on

Di artikel kali ini saya akan berbagi tentang aneka olahan mie jagung yang bisa kamu coba dirumah. Mie jagung ini juga dikenal dengan nama bihun, nah bihun ini sering dipakai di beberapa masakan dan bahkan juga bisa diolah langsung menjadi suatu makanan, contohnya saja mie goreng.

Manfaat Mie Bihun Bagi Tubuh

Sebelum saya jelaskan tentang olahan mie atau bihun yang akan saya sampaikan. Saya ulas sedikit dahulu manfaat dari mie jagung ini atau biasa disebut bihun. Bihun ini tentu saja terbuat dari bahan alami dan tentunya lebih sehat daripada mie instan. Apa sajakah manfaatnya, simak berikut ini.

1. Menjaga kadar gula darah pada tubuh

Bihun jagung memiliki indeks glikemik rendah, sehingga baik untuk penderita diabetes. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan kemungkinan peningkatan gula darah dari karbohidrat dalam suatu makanan.

Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, semakin tinggi risiko lonjakan gula mendadak. Di sisi lain, makan bihun jagung sangat baik karena memiliki indeks glikemik yang rendah, tidak seperti bihun beras yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

2. Melancarkan Organ Pencernaan

Makan bihun jagung bisa memperlancar pencernaan. Hal ini karena bihun jagung mengandung serat yang tinggi. Ini tentu menjadi santapan yang sangat cocok bagi Anda yang sering mengalami gangguan pencernaan. Oleh karena itu, mengonsumsi bihun jagung dapat membantu Anda mengatasi sembelit atau sulit buang air besar.

3. Baik Sebagai Program Diet Sehat

Bagi Anda yang ingin makan sehat, jangan ragu untuk mengonsumsi mie jagung sebagai menu diet. Ini karena makan bihun jagung bisa menunda rasa lapar, sehingga risiko obesitas bisa dikurangi. Mie jagung memiliki kalori lebih sedikit daripada mie beras. Oleh karena itu, bihun jagung merupakan menu sehat untuk diet.

4. Membantu Memperlambat Proses Oksidasi pada Tubuh

Bihun jagung kaya akan nutrisi. Misalnya, 100 gram bihun jagung memiliki setidaknya 265 kilokalori (kkal). Selain itu, bihun jagung juga mengandung bahan lain seperti protein, serat, sodium, dan beta-karoten.

Kandungan betakaroten dalam bihun jagung dapat berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Antioksidan tentu dibutuhkan untuk memperlambat proses oksidasi yang dapat merusak sel-sel tubuh. Dengan kandungan nutrisi yang begitu tinggi, tak heran jika bihun jagung baik untuk melengkapi nutrisi dalam tubuh.

Aneka Olahan Mie Jagung Kuah

Setelah saya jelaskan beberapa manfaat dari bihun jagung, sekarang akan saya jelaskan aneka olahan mie jagung. Olahan mie atau bihun yang akan dibuat kali ini adalah bihun kuah spesial. Masakan ini gampang cara buatnya dan dalam memasaknya jika ditotal selama 100 menit dengan 20 menit persiapan dan 80 menit waktu memasak, juga jumlah yang diberikan adalah 4 porsi. Berikut ini cara membuatnya.

Kunjungi juga: Rumah Mesin

Aneka Olahan Mie Bihun Jagung Kuah Spesial

aneka olahan mie jagung

Bahan utama yang dibutuhkan:

  • 150 gram bihun jagung, seduh dan tiriskan
  • 150 gram pakcoy, seduh air panas
  • 2 batang daun bawang ukuran kecil iris halus
  • 2 sdt bawang putih goreng cincang kasar

Bahan bumbu bihun kuah:

  • 5 siung bawang putih goreng utuh, memarkan
  • 1 cm jahe,lalu memarkan
  • 1 blok kaldu ayam
  • 1 batang daun bawang ,lalu ikat
  • 2 buah fish cake, potong berukuran panjang
  • 6 buah siomay frozen, potong menjadi 2 bagian
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1500 ml air

Bahan pelengkap kuah bihun:

  • saus sambal
  • cabai bubuk

Cara memasak dan membuat bihun jagung kuah spesial:

  1. Langkah pertama, masak terlebih dahulu bawang putih, daun bawang, jahe hingga mendidih.
  2. Kemudian tambahkan kue ikan dan pangsit.
  3. Selanjutnya, tambahkan kaldu ayam, merica bubuk, dan garam, lalu masak hingga mendidih.
  4. Selanjutnya, untuk menyajikan hidangan istimewa, tambahkan daun bawang dan bahan pelengkap lainnya.
  5. Untuk melengkapi sajian dari menu saus bihun, Anda bisa memakai saus sambal, bubuk cabai dan juga saus tomat saat penyajiannya. Saus bihun sangat cocok disajikan dingin, sepulang kerja dan saat kumpul keluarga.

Penutup

Jadi sekian artikel dari saya tentang aneka olahan mie jagung yaitu bihun kuah spesial dan sedikit ulasan tentang manfaat bihun jagung itu sendiri. Semoga artikel ini berguna dan untuk resep bihunnya anda bisa juga kreasikan dengan kreasi anda sendiri.

Jika pembaca memiliki usaha pada bidang pertanian, ataupun yang berkaitan dengan jagung anda bisa memakai mesin perontok jagung untuk merontokkan jagung yang masih menempel. Rontokkan jagung yang dihasilkan dari mesin ini dijamin cepat dalam prosesnya dan hasil yang diberikan juga memuaskan.

Mungkin itu aja dari saya, dan sampai jumpa.