cara budidaya ikan mujair

Cara Budidaya Ikan Mujair yang Mudah dan Simpel

Posted on

Pada artikel berikut ini saya akan share bagaimana cara budidaya ikan mujair. Dari berbagai jenis ikan air tawar, ikan mujair merupakan salah satu yang paling digemari karena rasanya yang khas dan dagingnya yang melimpah.

Tak heran jika peluang bisnis budidaya ikan mujair juga sangat menguntungkan dan banyak pemula yang bergabung karena relatif mudah dilakukan.

Jika Anda tertarik untuk menjadi calon juragan ikan mujair, pastikan untuk menyimak langkah-langkah budidaya yang kami siapkan untuk Anda.

Beberapa Langkah dalam Cara Budidaya Ikan Mujair

cara budidaya ikan mujair

Kemampuan ikan mujair untuk beradaptasi dengan lingkungan air yang berbeda membuat mereka kuat dan tidak mudah stres. Selama persediaan makanannya terjaga dengan baik, pengembangbiakan ikan yang bernama latin mozambique tilapia ini berjalan lancar hingga proses pemanenan.

Waktu dari pemilihan bibit hingga panen hanya membutuhkan waktu beberapa bulan sebelum bisa dijual. Langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk memulai cara budidaya ikan mujair dijelaskan di bawah ini.

1. Cara budidaya Ikan dengan Membuat Kolam Khusus Ikan Mujair

Agar lebih mudah dan murah, Anda bisa membuat kolam ikan mujair dari terpal. Soal ukuran, jumlah ikan dan luas lahan bisa disesuaikan. Secara umum, kolam berbentuk persegi panjang dengan kayu di sudut untuk penyangga.

Jangan langsung mengisi kolam dengan air, keringkan selama 2-3 minggu. Selanjutnya beri jeruk nipis untuk membasmi hama dan penyakit. Setelah beberapa hari, tambahkan 50-70 gram urea atau pupuk kandang untuk merangsang pertumbuhan organisme (makanan alami ikan).

2. Cara Budidaya dengan Memijahkan Indukan Mujair Untuk Mendapatkan Benihnya

Bahkan, Anda bisa mendapatkan benih dari penanam benih. Namun, untuk memastikan kualitasnya, lebih baik melakukan pemijahan induknya sendiri.

Caranya adalah dengan membuat kolam penangkaran dengan luas 3×4 meter dan kedalaman 60 cm kemudian ditaruh lumpur halus di bagian bawah sebagai sarang ikan. Pilih indukan betina dan juga jantan dengan kualitas terbaik dengan perbandingan 3 : 2.

Selama proses pembuahan, induk betina menyimpan telur di mulutnya. Kemudian ada masa inkubasi 3-5 hari sebelum akhirnya menetas. Saat larva ikan berumur 2 minggu, pisahkan dari induknya.

3. Melepas Bibit Ikan Mujair

Taburkan benih anakan ikan mujair di kolam terpal pada hari-hari mulai petang, Anda tidak perlu khawatir jika dalam beberapa hari pertama ada 3-4 ikan yang mati. Namun jika jumlahnya lebih dari 3-4 ekor per hari, maka Anda perlu mencari penyebabnya dan segera mengambil tindakan.

4. Proses Perawatan dan Pemeliharan Budidaya Ikan Mujair

Pemberian pakan pada budidaya ikan mujair harus dilakukan secara rutin tiga kali sehari. Konsentrasi pakan berupa pelet dengan kandungan 28%, 30% lemak dan 15% karbohidrat. Perbandingan jumlah pakan untuk 400-500 ekor ikan mujair adalah hingga 1-2 kilogram.

Peternakan ikan Mujaer mengurus pemberian makan dan pengelolaan air. Pemberian pakan Massenai, pada prinsipnya ikan mujaer sudah mendapatkan pakan alami dari organisme yang ada di dalam kolam. Namun, Anda perlu memberikan makanan tambahan untuk pertumbuhannya.

Pakan tambahan terdiri dari 30% pelet overprotein hingga 2-3% rekomendasi ikan. Selain itu, jenis pakan dapat diselingi dengan tepung kopra, dedak halus atau tepung ikan. Beri makan secara teratur tiga kali sehari. Yang tidak boleh dilewatkan adalah pemeliharaan kondisi suhu air yang ideal 28-30 derajat Celcius.

5. Tahap Terakhir Memanen Ikan Mujair

Tahap terakhir dalam budidaya ikan mujair adalah tahap panen, yang dilakukan setelah 4-5 bulan. Cara memanennya adalah dengan mengurangi jumlah air di kolam perlahan-lahan agar ikan tidak cepat stres, lalu isi ikan dengan jaring di wadah yang bersih.

Tips menjaga harga ikan mujair lebih tinggi adalah dengan memberi makanan terakhir sebelum panen. Untuk saat dijual tidak perlu diberi pakan lagi supaya ikan tidak stress.

Penutup

Sekian artikel dari saya tentang cara budidaya ikan mujair yang mungkin bisa kamu coba dirumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan menanamkan jiwa pengusaha khususnya untuk ikan mujair ini.

Dalam pemberian pakan mujair anda bisa mencampurnya dengan bekatul supaya kandungan nutrisi pada ikan tetap terjaga dan ikan menjadi besar. Bekatul bisa didapatkan dengan membeli di toko peternakan ataupun membuat sendiri dengan mesin giling sekam menjadi bekatul untuk pakan ternak.

Jadi itulah sedikit dari saya, saya tutup demikian. Sampai jumpa.