Cara bermain saksofon untuk pemula

Posted on

Dibandingkan dengan banyak instrument lain, saksofon adalah salah satu yang paling mudah dipelajari.

Kuncinya dirancang untuk penggunaan yang mudah dan logis, corongnya tidak terlalu rumit dibandingkan dengan rekan orkestranya, dan bermain selaras dengan nada yang baik dapat dilakukan dalam beberapa sesi latihan.

Pada dasarnya, anggota keluarga alat musik tiup kayu ini adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin mempelajarinya.

Saksofon alto dan tenor adalah yang paling umum untuk pemula, untuk alasan yang akan kita bahas di bawah ini, tetapi keempatnya memiliki gaya dan daya tarik yang unik, terlepas dari apakah Anda seorang pemula atau sudah lama bermain musikā€¦

Saksofon pemula yang dasar akan memungkinkan Anda untuk membiasakan diri dengan instrumen dan mulai belajar memainkannya.

Jenis Saksofon

Sementara ada beberapa anggota keluarga saksofon yang lebih eksentrik (termasuk kontrabas besar dan Melodi C yang indah tetapi kurang dihargai), ada empat pilihan umum yang dapat dipelajari oleh sebagian besar saksofon pemula:

  • saksofon sopran
  • alto saksofon
  • saksofon tenor
  • saksofon bariton

Urutan kunci dan not musik yang sesuai dengannya adalah sama pada setiap saksofon, itulah sebabnya pemain yang lebih mahir biasanya beralih di antara setidaknya instrumen yang berbeda dalam tipe saksofon.

Pelajari Alto Saxophone

Dipatenkan pada tahun 1846, saksofon alto adalah saksofon yang paling umum di pasaran dan sering ditemukan di band sekolah, marching band, orkestra, dan band jazz.

Alasan yang paling mungkin untuk ini adalah bahwa ini adalah perpaduan yang baik antara mudah ditiup dan mudah dipegang dan memiliki suara mid-range yang bagus.

Secara umum, alto adalah tempat yang baik untuk memulai jika Anda benar-benar pemula, karena ide memainkan saksofon yang mudah dikenali atau terinspirasi oleh beberapa pemain jazz hebat yang memainkan instrumen itu. Selain itu, dengan asumsi anggaran menjadi pertimbangan, ukuran alto saxophone lebih kecil daripada rekan tenornya, yang berarti juga lebih murah.

Panduan mendengarkan alto saxophone

Lihat Cannonball Adderley, pemain saksofon alto yang populer di tahun 1950-an dan 60-an.

Belajar saksofon tenor

Saksofon tenor terlihat sangat mirip dengan alto, tetapi sedikit lebih besar. Dengan demikian, lebih berat untuk dipegang, memiliki corong dan buluh yang lebih besar, dan membutuhkan lebih banyak udara untuk membuat suara.

Untuk orang dewasa, seharusnya tidak menjadi masalah, tetapi ini adalah pertimbangan yang valid jika Anda mencari saksofon pemula untuk anak-anak.

Jika Anda terinspirasi oleh musik jazz, saksofon tenor bisa dibilang merupakan instrumen solo paling populer dalam gaya ini, dengan banyak pemain saksofon jazz yang hebat memilih instrumen ini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kuncinya juga sama (Bb) dengan sopran, jadi bergantian di antara keduanya, bahkan pada saat sesi manggung atau Latihan.

Panduan mendengarkan saksofon tenor

Untuk rekaman saksofon tenor yang menakjubkan, dengarkan Sonny Rollins, salah satu pemain saksofon jazz paling berpengaruh dalam sejarah musik Amerika.