Yuk Kenali Jenis Bahan Pembuatan Cincin untuk Pasangan

Yuk Kenali Jenis Bahan Pembuatan Cincin untuk Pasangan!

Posted on

Dalam sebuah hubungan yang belum terikat komitmen, biasanya cincin lamaran emas digunakan untuk mereka yang ingin melanjutkan hubungan yang lebih serius, bahkan hingga ke jenjang pernikahan. Umumnya mereka melakukan pertukaran cincin pada saat acara lamaran berlangsung.

Sama halnya cincin nikah, cincin untuk lamaran juga terbuat dari berbagai bahan pilihan lho. Di mana bahannya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, simak pembahasan berikut mengenai bahan untuk membuat cincin.

6 Jenis Bahan Pembuatan Cincin 

Yuk Kenali Jenis Bahan Pembuatan Cincin untuk Pasangan

Cincin Lamaran emas kuning

Emas kuning adalah salah satu jenis logam mulia yang bersifat kuat dan tidak mudah korosi. Sejak dulu emas kuning sudah sering dijadikan sebagai perhiasan, karena bersifat tahan lama dan sangat ideal untuk mengikat suatu hubungan.

Walaupun demikian, hindarilah membuat cincin dengan kadar emas 24k. Sebab, kadar tersebut terlalu elastis dan tidak bisa dicampur dengan logam lainnya. Maka dari itu, gunakanlah kadar emas yang lebih kecil, yaitu 22k.

Cincin lamaran emas putih

Cincin ini merupakan hasil dari campuran emas kuning dan rodium. Saat ini emas putih dianggap lebih menarik daripada emas kuning, karena terlihat lebih minimalis, modern, elegan, dan memancarkan sinar yang lembut. Selain itu, warna dari emas putih hampir mirip dengan warna perak, jadi tidak terlalu mencolok jika dilihat.

Cincin rose gold

Merupakan hasil campuran dari emas dengan perunggu atau perak, yang menghasilkan warna emas kemerahmudaan. Saat ini cincin rose gold menjadi tren di kalangan anak muda, Sebab tampilannya lebih fresh, unik, dan kokoh. Warna pink yang ditampilkan pada cincin tersebut tergantung pada campurannya. Jika logam yang dicampurkan lebih banyak, maka cincin akan dominan berwarna merah. 

Cincin platinum

Ada beberapa keyakinan yang melarang lelaki untuk memakai perhiasan emas. Sebagai penggantinya, banyak pasangan yang memilih cincin platinum. Sifat dari platinum tidak mudah korosi dan sangat kuat. Jika dibandingkan dengan cincin emas, cincin ini lebih mahal di pasaran karena termasuk cincin yang langka.

Cincin palladium

Palladium memiliki tampilan yang hampir mirip dengan platinum, tetapi memiliki harga yang lebih murah. Walaupun sifat dari cincin tidak tahan lama, tetapi sangat cocok jika digunakan untuk keperluan lamaran. Karena jangka waktu pemakaiannya lebih singkat daripada cincin perkawinan.

Cincin perak

Harga cincin ini relatif murah dari cincin logam lainnya. Sayangnya, perak lebih rapuh, mudah tergores, dan jika terlalu sering terkena air maka warnanya akan memudar. Apabila kamu tetap ingin memakainya, pilihlah cincin perak yang telah dicampur bahan rodium. Dengan begitu, cincin perak akan lebih kuat dan bertahan lama.

Sekian penjelasan terkait jenis-jenis cincin lamaran emas. Apa kamu sudah menentukan cincin yang akan diberi kepada pasangan? Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengunjungi The Palace Jeweler. Di sana menyediakan beragam cincin dari produk Frank & co. dengan harga mulai dari Rp 999.000 saja.