Peluang-Usaha-Ayam-Peteluri

Peluang Usaha Ayam Petelur Yang pastinya Menguntungkan

Posted on

hai teman teman kali ini kita akan membahs tentang Peluang Usaha Ayam Petelur Yang pastinya Menguntungkann

siapa disini yang ingin mengetahui peluang usaha ayam penelur agar bisa menguntungkan? nah ini dia cara caranya simak baik baik yaa

Peluang Usaha Ayam Petelur Yang pastinya Menguntungkan

Peluang-Usaha-Ayam-Peteluri

1. Lokasi, Kandang Ayam & Perlengkapan

Sebaiknya tempat kandang ayam petelur jauh dari pemukiman penduduk, agar bau kotoran ayam yang tidak sedap tidak mengganggu warga sekitar.

Selain itu, kandang ayam sebaiknya diletakkan di tempat yang tidak terlalu ramai agar ayam tidak stres. Stres pada ayam akan mempengaruhi kondisi fisik dan produktivitasnya dalam produksi telur.

Namun pastikan ayam petelur mudah dijangkau dengan kendaraan. Hal ini bertujuan untuk memastikan kelancaran proses pelacakan, pemeliharaan dan pengangkutan telur yang diambil untuk dijual.

2. Pemilihan Bibit

Memilih bibit ayam petelur merupakan hal yang perlu kita perhatikan karena merupakan kunci sukses tidaknya usaha peternakan yang kita jalankan. Disarankan untuk membeli bibit dari vendor terpercaya yang dapat memelihara ayam dari tubuh buah teratas. Dengan demikian, benih yang dihasilkan harus tumbuh sehat, normal dan tanpa cacat.

Jika dilihat secara fisik, ikan yang baik memiliki bulu yang merata menutupi seluruh bagian tubuhnya. Ciri lain dari bibit ayam yang baik adalah tidak ada kerusakan pada bagian tubuh manapun. Ukuran tubuhnya normal dengan berat badan ideal untuk anak seusianya. Nafsu makannya baik dan tidak ada kotoran di rektum.

Biasanya bibit ayam ini dikenal dengan sebutan DOC atau ayam umur sehari. Artinya, bayi yang baru lahir. Dianjurkan untuk memvaksinasi DOC untuk menyingkirkan serangan penyakit yang berbahaya. Umumnya harga DOC di pasaran sekitar Rp 900.000 untuk 100 ekor.

Ada dua jenis atau breed ayam yang digunakan pada ayam petelur di Indonesia, yaitu ayam petelur coklat dengan ukuran telur lebih besar dan ayam petelur putih dengan ukuran lebih kecil. Jika dilihat dari kandungan gizinya, sebenarnya kedua jenis telur ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan, yang juga bergizi tinggi.

Kalian juga bisa membaca Di artikel utama kami : Peluang Usaha Ternak

Peluang Usaha Ayam Petelur Yang pastinya Menguntungkan

Peluang-Usaha-Ayam-Peteluri

3. Pakan Ayam Petelur

Jika Anda ingin ayam petelur menghasilkan telur yang berkualitas, selain harus berasal dari litter yang berkualitas, jangan lupa untuk memberikan pakan yang berkualitas juga. Makanan terbaik untuk ayam petelur adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan kalsium untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Pakan yang diberikan kepada ayam biasanya berupa konsentrat, dedak atau jagung giling.

Berhati-hatilah agar ayam tidak mendapatkan makanan yang terlalu banyak, karena karena kelebihan nutrisi, ayam akan merasakan penimbunan lemak yang mengakibatkan berkurangnya kemampuan memproduksi telur. Oleh karena itu, akan lebih baik jika makanan yang diberikan sesuai dengan kandungan gizi dan dosis yang tepat sesuai dengan umur ayam.

4. Pemeliharaan Ayam Petelur

Kesehatan ayam petelur harus dijaga dengan pemberian vitamin dan vaksin secara teratur agar kekebalannya meningkat dan tidak mudah terserang penyakit.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan ayam petelur adalah dengan memperhatikan kebersihan kandang. Pastikan untuk membersihkan kandang ayam secara teratur untuk mencegah kotoran menumpuk. Sebaiknya gunakan cairan disinfektan agar kandang tetap bersih dan jauh dari sarang.

jika kalian ingin mencacah rumput bisa menggunakan mesin ini : Mesin Pencacah Rumput Multifungsi

sekian dulu penjelasan dari saya tentang Usaha Ternak Ayam Modal Kecil Tapi Tetap Menguntungkan semoga bermanfaat yaa…