cara memasak sate telur puyuh bacem

Simak Cara Memasak Sate Telur Puyuh Bacem Kesukaan Anda

Posted on

cara memasak sate telur puyuh bacem

Cara memasak sate telur puyuh bacem – Yogyakarta adalah kota yang dirindukan setiap orang yang datang, baik itu sekedar lewat, bepergian atau bekerja. Suasananya damai, orangnya ramah, dan masakannya sangat khas dan bervariasi.

Angkringan merupakan pengalaman kuliner khas yang sangat lekat dengan kota Yogyakarta, tentunya di bawah bimbingan Gudeg. Namun, hidangan kuliner ini dapat ditemukan di mana saja di kota dan mudah diakses oleh wisatawan dan penduduk lokal.

Angkringan adalah jawaban dari kegelisahan perut yang bergejolak ini, terutama saat lapar melanda di malam hari saat warung makan sebagian tutup. Banyak Angkringan yang buka hingga tengah malam, bahkan ada yang buka hingga tengah malam.

Menu Angkringan yang sangat variatif dan murah ini menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang sudah muak dengan warung makan konvensional. Ada nasi lombok, nasi goreng tempe, sate telur puyuh, sate usus, sate keong, dan lain sebagainya.

Anda tidak perlu khawatir jika anda merindukan masakan khas angkringan ini. Karena anda dapat membuatnya di rumah dengan resep dan cara memasak sate telur puyuh bacem yang akan kami paparkan dibawah ini. Simak sampai habis yaaa.

Baca Juga : Langkah yang Diperlukan dalam Pengolahan Air Minum

Cara Memasak Sate Telur Puyuh Bacem

Bahan:

  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • gula merah secukupnya, haluskan
  • 1 lembar daun salam
  • 600 ml air
  • 4 sdt kecap manis
  • 20 butir telur puyuh

Bumbu Halus:

  • penyedap rasa (opsional)
  • 1 sdt ketumbar
  • 5 butir bawang merah
  • 1 sdt garam

Cara Memasak:

  1. Rebus telur puyuh hingga matang. Angkat dan rendam dalam air dingin. Ini berguna untuk memudahkan Anda mengupas kulit..
  2. Kupas semua kulit telur.
  3. Campur semua bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan gula merah, lengkuas dan kecap manis.
  4. Rebus air kembali hingga mendidih, lalu tambahkan daun salam, laos, serai dan bumbu halus. Aduk semua bahan hingga merata.
  5. Rebus dengan air mendidih. Tambahkan kecap, gula dan garam, aduk kembali. Masukkan telur puyuh yang sudah matang ke dalamnya sambil diaduk. Lalu tutup
  6. Rebus sampai air kuahnya berkurang hingga telur menguning kecoklatan.
  7. Tusuk telur hingga berbentuk sate, kemudian sajikan bersama makanan inti.

Artikel lain jangan sampai ketinggalan Cara Membuat Minyak dari Buah Kelapa Homemade

Mencoba Jajanan Kekinian Sate Telur Puyuh Goreng

cara memasak sate telur puyuh bacem

Memperkenalkan sate telur puyuh goreng. Pernah dengar telur puyuh goreng yang satu ini? Mengapa sate digoreng? Jangan khawatir, masakan yang satu ini sama lezatnya dengan sate telur puyuh yang baru dimasak.

Sate ini sedikit berbeda dengan yang kita kenal sebagai sate telur puyuh. Memasak sate telur puyuh sedikit berbeda dengan cara membuat sate telur puyuh yang biasa, yaitu menggunakan peralatan dapur khusus (mesin pembuat telur puyuh), yang juga bisa digunakan sebagai cetakan.

Wajan berbentuk khusus dirancang untuk mencetak telur puyuh. Cara memasaknya hampir sama dengan menggoreng telur. Hanya saja perbedaannya kali ini pada telur puyuh. Siapkan wajan khusus, panaskan dengan api sedang. Tempatkan tusuk sate secara vertikal atau ikuti bentuk pembuat telur puyuh.

Tuang minyak sayur atau margarin ke dalam cetakan telur puyuh. Pecahkan telur puyuh di pembuat telur puyuh dan masak perlahan. Tunggu sampai bagian bawah telur keras, lalu balikkan telur agar matang merata.

Untuk menambah cita rasa, sate telur puyuh juga disajikan dengan saos sambal dan mayonaise.

Sangat praktis bukan? Semoga berhasil!

Selanjutnya artikel menarik lainnya Inspirasi Peluang Usaha Isi Ulang Galon dan Strateginya