Manfaat Umbi Porang

Manfaat Umbi Porang dalam Bidang Industri Maupun Kesehatan

Posted on

Tahukah Anda? umbi porang ternyata memiliki segudang manfaat baik untuk bahan baku industri maupun untuk kesehatan.

Tanaman porang (Amorphophallus muelleri) adalah salah satu golongan tanaman umbi-umbian yang tumbuh di daerah hutan. Tanaman ini oleh warga sekitar juga dikenal sebagai iles-iles.

Porang biasanya tumbuh liar pada daerah hutan dengan naungan pohon.pohon besar. Tanaman yang satu ini memiliki ciri batang berwarna hijau dengan corak-corak putih menyerupai ular. Oleh karena itu tak jarang masyarakat yang mengira tanaman porang sebagai makanan ular.

Di Indonesia sendiri saat ini tanaman porang mulai banyak dibudidayakan oleh para petani. Pasalnya, umbi porang memiliki nilai komoditas yang tinggi di pasaran ekspor. Selain memiliki nilai jual yang tinggi, umbi porang juga mengandung senyawa glucomannan atau Konjac Glucomannan (KGM) yaitu sejenis serat yang mudah larut.

Selain senyawa glucomannan, umbi porang juga mengandung zat karbohidrat yang tinggi hingga mencapai lebih dari 80% dan menjadikannya komponen terpenting dalam umbi porang.

Umbi porang memiliki segudang manfaat, diantaranya yaitu sebagai bahan baku pangan maupun bahan baku industri. Di bidang kuliner sendiri, umbi porang dapat dijadikan sebagai bahan baku mie, bahan baku pembuatan jelly dan lain sebagainya. Tak hanya itu, kandungan yang ada di dalam umbi porang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sementara itu, di bidang industri, porang dijadikan sebagai bahan baku pembuatan lem, penjernih air, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak informasi berikut!

Manfaat Umbi Porang dalam Bidang Industri

1. Bahan Baku Lem Kertas

Umbi porang mengandung senyawa glucomannan yang sifatnya hampir mirip dengan bahan perekat alami yang sangat bagus jika dijadikan sebagai bahan baku pembuatan lem. Selain bagus dalam merekatkan kertas, lem yang dihasilkan tersebut juga ramah terhadap lingkungan.

2. Penjernih Air

Senyawa glucomannan yang terkandung di dalam umbi porang sangat cocok digunakan untuk menjernihkan air dari kotoran, minyak, kapur, dan lain sebagainya.

3. Isolator Listrik 

Senyawa glucomannan pada umbi porang berbentuk menyerupai gel dan bisa dijadikan sebagai pengganti gel silikon. Gel silikon ini sangat bagus digunakan untuk mencegah hantaran listrik dan juga panas pada isolator listrik.

4. Bahan Campuran untuk Industri | Manfaat Umbi Porang

Kandungan pada umbi porang juga dapat dijadikan sebagai bahan campuran dalam pembuatan kertas. Hal ini bertujuan agar kertas bisa kuat dan tahan lama. Selain itu, umbi porang juga bermanfaat dalam pembuatan lem, cat, kain katun dan wol, pengilap kain, yang tentunya dengan bahan baku lebih baik dan harga yang lebih murah.

5. Membuat Bahan Waterproof 

Jika dicampurkan dengan natrium hidroksida dan gliserin, senyawa glukomannan dat bermanfaat untuk membuat bahan yang kedap air.

6. Bahan Obat

Kandungan glucomannan yang ada pada umbi porang ternyata juga bermanfaat dalam dunia kesehatan, yaitu digunakan sebagai bahan pembentuk kapsul obat-obatan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam umbi porang terdapat kandungan lem alami yang bisa digunakan untuk merekatkan kapsul obat.

7. Pengganti Agar-agar

Umbi porang memiliki serat yang tidak berwarna dan mudah larut di dalam air, tidak berbau, dan konsistensi seperti gelatin atau agar-agar. Hal ini menjadikan umbi porang bisa diolah menjadi menyerupai agar-agar.

8. Bahan Makanan Jepang

Umbi porang juga sering dimanfaatkan sebagai bahan baku kuliner. Di Jepang sendiri, umbi porang diolah menjadi tepung dan digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan mie shirataki atau konnyaku.

9. Bahan Pengental Es Krim

Selain digunakan untuk bahan baku makanan Jepang, ternyata porang juga bermanfaat sebagai bahan baku dessert seperti ice cream.  Kandungan glucomannan juga bisa digunakan sebagai pengental pada es krim agar tidak mudah meleleh.

Baca Juga : Cara Mengolah Porang

Manfaat Umbi Porang untuk Kesehatan

1. Kaya serat dan cocok untuk diet 

Manfaat umbi porang untuk kesehatan yang pertama yaitu membantu menurunkan berat badan. Anda bisa memanfaatkan umbi porang sebagai bahan makanan alternatif yang kaya serat. Glukomanan merupakan salah satu jenis serat polisakarida yang memiliki sifat mudah larut dalam air.

Senyawa glucomannan di sini berperan untuk memperlambat pengosongan pada perut sehingga dapat membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama dan bisa mengurangi porsi makan.

Maka tak heran jika umbi porang sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Jika dikonsumsi secara rutin, serta diimbangi dengan pola makan dan pola hidup sehat dengan berolahraga, maka Anda bisa segera mendapatkan tubuh yang ideal.

2. Menurunkan kadar kolesterol 

Kadar kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung dan stroke. Namun, Anda tak perlu khawatir karena umbi porang dipercaya memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Dalam sebuah penelitian, telah dibuktikan bahwa konsumsi suplemen glucomannan secara efektif dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Dosis konsumsi suplemen ini yaitu 3,6 gram per harinya.

Dengan adanya penurunan pada kadar kolesterol jahat ini, maka risiko penyakit yang terjadi pada pembuluh darah seperti penyakit jantung  dan stroke pun ikut menurun.

3. Manfaat Umbi Porang untuk Menurunkan kadar gula darah 

Selain bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, umbi porang juga berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah. Bagi para penderita diabetes, umbi porang akan sangat bermanfaat.

Dalam sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa glucomannan bermanfaat untuk menurunkan faktor-faktor risiko penyakit diabetes, serta resistensi insulin.Senyawa glukomanan di sini berperan untuk meningkatkan penyerapan nutrisi di dalam usus kecil sehingga sensitivitas insulin ikut meningkat.

Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan dalam umbi porang ini bisa membuat kadar gula darah menjadi turun secara perlahan sehingga lebih terkontrol. Selain itu, glucomannan juga bermanfaat untuk mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol.

4. Mencegah kanker 

Manfaat umbi porang yang selanjutnya yaitu dapat mencegah kanker. Dalam sebuah penelitian telah dibuktikan bahwa umbi porang dapat mencegah kanker paru-paru.

Manfaat porang ini tidak hanya berguna untuk menghambat pertumbuhan kanker dan zat prakanker, namun juga mencegah terjadinya kanker. Selain itu, kandungan glucomannan pada porang bisa menurunkan tingkat keganasan pada tumor dan kanker.

5. Manfaat Umbi Porang Mengatasi sembelit 

Zat glukomanan yang terkandung di dalam umbi porang bisa membantu mengatasi masalah sembelit kronis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penderita sembelit yang diberikan suplemen glukomanan secara rutin selama 10 hari, frekuensi buang air besar kembali secara normal.

Demikian tadi beberapa manfaat umbi porang dalam bidang industri maupun untuk kesehatan.

Melihat dari banyaknya manfaat yang diberikan umbi porang, maka tak heran jika  umbi porang saat ini telah memiliki pasar ekspor hingga ke Jepang, China, Taiwan, Vietnam, Australia, dan Korea Selatan.

Jadi tunggu apalagi? apakah Anda masih ragu untuk membudidayakan tanaman porang? Yuk intip Cara Menanam Porang dari Umbi.

Jangan lupa kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi-informasi menarik lainnya.