Pengacara di Bali

Apa Boleh Perusahaan Meredam Ijazah Bekas Pegawai?

Posted on

Pengacara di Bali – Saya ialah bekas pegawai di salah satunya perusahaan swasta. Saya di PHK sekitaran dua bulan kemarin. Di awal bekerja, perusahaan mengharuskan saya dan karyawan lainnya memberikan ijazah kami ke perusahaan. Tetapi demikian saya di-PHK perusahaan masih tetap meredam ijazah saya dan tidak mengembalikannya ke saya. Hal tersebut benar-benar bikin rugi saya. Walau sebenarnya saya benar-benar perlu itu untuk mencari kerja pada tempat lain. Pertanyaannya, bolehkah perusahaan meredam ijazah bekas pekerjanya yang notabene tidak bekerja kembali di situ, dan cara hukum apa yang dapat saya kerjakan. Terima Kasih

Apa Boleh Perusahaan Meredam Ijazah Bekas Pegawai?

Jawabnya Perusahaan jangan meredam ijazah orang yang tidak bekerja kembali di Perusahaannya. Bila itu terjadi, karena itu telah sebagai wujud pelanggaran hak seseorang (tindakan menantang hukum Pasal 1365 KUHPerdata) dan sebagai tindak pidana Penggelapan seperti diartikan Pasal 372 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Pasal 1365 KUHPerdata berbunyi: “tiap perbuatan yang melanggar hukum dan membawa kerugian, mewajibkan orang yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk mengganti kerugian tersebut”.

Pasal 372 KUHP berbunyi: “barangsiapa dengan sengaja dan melawan hukum memiliki barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang lain, tetapi yang ada dalam kekuasaannya bukan karena kejahatan diancam karena penggelapan, dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah.”

Terkait : Pengacara di Bali Terbaik Untuk Anda

Masalah cara hukum ada dua langkah yang dapat dilakukan. Langkah Pidana dan langkah Perdata. Langkah pidana dengan memberikan laporan perusahaan dalam masalah ini beberapa pihak berkaitan misalkan HRD. Atau bahkan juga Direkturnya yang ketahui atau ada hubungan dengan penahanan ijazah Anda ke Kepolisian di tempat atas dasar Penggelapan.

Langkah perdata dengan ajukan tuntutan Tindakan Menantang Hukum ke pengadilan supaya ijazah anda dibalikkan dan menuntut ganti kerugian ke perusahaan bila ada.

Tetapi saat sebelum ambil beberapa langkah di atas, sebaiknya Anda mengontak perusahaan untuk menuntaskan permasalahan ini secara kekerabatan. Untuk tehnis usaha hukum perdata atau pidana Anda bisa mengkonsultasikan selanjutnya ke advokat.

Jika Anda saat ini memerlukan pengacara di bali bisa langsung kunjungi website pengacaradibali.com