Cara Membuat Desain Rumah yang Sederhana dan Mudah Dibuat

Posted on

Assalamualaikum Wr. Wb. kali ini saya akan membahas tentang cara membuat desain rumah yang sederhana dan mudah dibuat untuk pemula ataupun yang sudah terbiasa. Mulai dari langkah-langkah membuat desain dan cara membuat denah rumah minimalis.

Langkah-Langkah Membuat Denah Rumah

Tips dan Cara Membuat Denah Rumah yang Mudah dan Pas untuk Pemula

Setelah Anda mengetahui tips dan aplikasi membuat denah rumah dengan gambaran umum, Anda bisa menyimak ulasan tentang cara membuat denah rumah mungil misalnya tipe 36 berikut ini.

Anda dapat menggunakan aplikasi desain rumah Autocad seperti yang telah dibahas di atas untuk lebih jelasnya.

Baca juga : tempat PKL di Jogja

1. Membuat Daftar Aktivitas

Ini merupakan langkah awal dalam menyusun denah rumah yaitu dengan membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan nantinya di dalam ruangan tersebut.

2. Menentukan Jumlah Ruangan

Langkah kedua dalam membuat rencana setelah menyusun daftar kegiatan adalah menentukan jumlah lantai dan jumlah ruangan yang akan dibuat.

Anda bisa mensurvei ruangan yang ada dan membuat bagian ruangan jika perlu. Ini dilakukan jika bangunannya sudah ada. Jika bangunannya belum ada, Anda bisa mendesain denah rumah sesuai dengan lokasi dan luas tanah yang akan dibangun.

3. Mengukur Lahan

Jika Anda membangunnya di atas tanah kosong, perawatannya akan berbeda. Jadi pastikan bahwa total tanah sesuai dengan tempat yang Anda inginkan untuk rumah itu dibangun.

4. Mulai Membuat Denah Dasar

Hanya memerlukan garis-garis sederhana untuk membuat denah dasar. Denah dasarnya terkesan sederhana, namun berguna untuk mendapatkan gambaran tentang bentuk rumah yang akan dibangun nantinya.

5. Menggambar Secara Spesifik Jendela dan Pintu

Agar bisa dengan mudah membedakannya, pintu dan jendela harus memiliki bentuknya masing-masing. Selain itu, pastikan Anda memiliki arah yang benar untuk rencana tersebut.

6. Memberi Nama Setiap Ruangan

Beri nama setiap denah kamar agar Anda tidak bingung. Namanya tidak harus panjang, yang penting jelas misalnya ruangan di pojok nanti jadi kamar mandi, jadi sebut saja ‘Kamar Mandi’.

7. Menggambar Furnitur Sesuai Letaknya

Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa memperkirakan apakah masih ada area kosong yang harus dilalui atau tidak. Sesuaikan dengan ukuran tanah yang tersedia agar ukuran furnitur pas.

8. Memberikan Pembeda Tekstur

Dinding semen, keramik dan bata tentunya memiliki tekstur yang khas. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan bayangan dengan pola dan arah yang berbeda agar tidak bingung.

Cara Membuat Denah Rumah Minimalis

Baca juga : tempat PKL di Jogja

 Karakteristik Membuat Denah Rumah yang Ideal

Untuk membuat denah rumah yang dirancang ideal, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan hal-hal berikut:

  • Ruang Multifungsi dan Fleksibel
  • Tata Ruang yang Ideal
  • Menghitung Ukuran Ruangan
  • Sirkulasi Udara yang Baik

Memilih Model Rumah (Jumlah Lantai)

Cara Membuat Denah Rumah 2 Lantai

Menentukan tipe rumah yang akan dibangun merupakan langkah awal membangun rumah. Jenis rumah yang dimaksud adalah model rumah berdasarkan jumlah lantainya, rumah satu lantai atau lebih?

Mengumpulkan Inspirasi dan Referensi

Buat banyak referensi dan inspirasi dari karya yang ada sebelum mengajukan kerangka desain rumah dan menuangkannya ke dalam bentuk denah.

Anda juga bisa menggunakan referensi dari internet karena ada lebih banyak pilihan. Selain itu, lebih dari satu referensi bisa dipadukan agar desain rumah idaman sesuai dengan yang Anda inginkan.

Buat Program Ruang untuk Denah Rumah

Cara Membuat Denah Rumah Mudah

Penyusunan denah ruangan antara lain denah rumah adalah sebagai berikut:

  • Menentukan Jumlah Ruangan yang Diperlukan
  • Mempelajari Kebutuhan Ukuran Setiap Ruangan
  • Mengatur Penempatan atau Zonasi Ruangan

Mulai Membuat Sketsa Denah Rumah dengan Garis

Cara Membuat Denah Rumah Untuk Pemula

Anda sudah menentukan referensi apa saja yang dibutuhkan untuk denah rumah dan kamar, kemudian langkah selanjutnya adalah mulai membuat sketsa denah rumah dengan garis-garis. Mulailah dengan mendeskripsikan situs atau lahan yang Anda miliki, secara kerangka.

Di era yang semakin canggih dan serba instan, banyak sekali aplikasi desain rumah yang dapat memfasilitasi hal tersebut dan membantu Anda dalam menyusun denah rumah. Diantaranya adalah SketchUp Free, DreamPlan, Home Design 3D, dan masih banyak lagi.

Berikan Detail Denah dan Mulai Penataan Perabot pada Denah 

Anda bisa memberikan detail awal, dengan meninggikan pintu pintu, dinding, dan jendela. Selain itu, furnitur dan perabot di setiap ruangan di denah akan lebih baik lagi.

Detail dapat berupa ukuran, notasi, dan detail arsitektur lainnya untuk memperjelas denah. Bukan untuk melihat bagian depan rumah, sketsa rumah bisa dibuat sedemikian rupa.

Lakukan Uji Coba dan Buat Altenatif Denah Rumah

Cara Membuat Denah Rumah

Rencana yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda sudah pasti menjadi tujuan yang ingin Anda capai untuk menyusun rencana Anda sendiri, bukan?

Oleh karena itu, tidak ada salahnya menawarkan alternatif denah rumah, hingga denah tersebut menjadi pilihan yang paling sesuai dan tepat.

Evaluasi Denah Rumah yang Telah Kamu Buat

Bandingkan dengan denah lain atau bayangkan dalam bentuk ruang yang sebenarnya jika Anda telah memberikan detail denah tersebut; Anda dapat menyesuaikan setiap ukuran dan standar, ini disebut evaluasi.

Alternatif Denah Rumah Terbaik

Tidak kalah pentingnya untuk mencari alternatif sketsa rumah terbaik, setelah Anda memiliki denah rumah dasar.

Salah satu cara yang bisa dicoba adalah membalikkan zonasi ruang, memutar denah rumah dasar atau bertukar posisi antar ruangan.

Jadi nantinya Anda bisa memilih mana yang terbaik dari sekian banyak versi sketsa rumah.

Membuat Denah dengan Aplikasi Autocad

Cara Membuat Denah Rumah Di Autocad

Anda dapat membuat desain denah rumah dengan AutoCAD Architecture, yang merupakan perangkat lunak desain Autodesk gratis dan ditawarkan.

Dengan aplikasi ini Anda dapat membuat desain dan dokumentasi yang luar biasa dengan pilihan yang lebih mudah dan lebih banyak, karena terdapat lebih dari 8000 objek arsitektur, termasuk konstruksi dan set alat untuk dipilih.

Baca juga : cara menyembuhkan stroke

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf, semoga artikel saya tentang cara membuat desain rumah bermanfaat.

Good Luck:)