manisan kering

Manisan Kering Buah Untuk Camilan dan Cara Pembuatannya

Posted on

Apakah kalian pernah membuat manisan kering? Buah manisan umumnya berasa manis atau agak gurih karena direndam dalam larutan garam atau gula. Ini bertujuan untuk mengawetkan buah secara alami. Manisan kering bisa menjadi pilihan jika ingin mengawetkan buah karena tahan lama dan bisa menjadi bekal perjalanan yang sehat juga.

Sebagai salah satu jenis produk alami, buah sangat baik untuk membantu menjaga kondisi tubuh manusia. Kandungan nutrisi dan vitamin dalam buah sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kulit, menangkal radikal bebas, bahkan membantu mencegah penyakit serius seperti kanker. Maka tak heran jika banyak orang yang gemar makan buah secara rutin.

Konsumsi buah ini tidak hanya dengan memakannya secara langsung tetapi juga dengan mengolah buahnya menjadi berbagai minuman dan makanan yang enak. Misalnya, mengolah menjadi camilan manisan kering dengan cara mengurangi atau menghilangkan kadar air pada buah kemudian dijemur secara alami di bawah sinar matahari atau menggunakan alat seperti mesin pengering/oven.

Manisan Kering Mudah Didapatkan di Toko Camilan

Manisan kering dengan bahan utama buah buahan menjadi favorit hampir semua orang karena dipandang sebagai camilan sehat dan rendah kalori. Sebab, keberadaan jajanan ini cukup menarik. Sehingga banyak produsen baik industri maupun rumahan yang sudah mulai menjajaki usaha manisan kering. Aneka manisan kering juga bisa kamu temukan dengan mudah baik secara online maupun offline.

Jika Anda ingin membelinya secara online, Anda bisa mengetikkan kata kunci “manisan kering” dari berbagai situs yang menjual jajanan ini akan muncul.

Jika ingin memilih langsung, Anda juga bisa mengunjungi toko suvenir atau toko makanan ringan. Saat ini juga banyak daerah yang mempromosikan manisan kering sebagai ciri khas kotanya, sehingga jajanan ini bisa lebih mudah didapatkan.

Baca Juga : Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Enak dan Praktis

Pembuatanya Bisa Dilakukan Dirumah Lhoo..

Jika Anda punya waktu luang dan tidak sedang keluar rumah, tak ada salahnya mencoba membuat sendiri manisan buah kering sendiri di rumah. Ada berbagai macam jenis buah yang bisa anda jadikan manisan dan sesuai selera, misalnya pepaya, kedondong, mangga, salak, kiwi, nanas, dan masih banyak lagi.

Pada umumnya membuat manisan ini adalah dengan merendam buahnya lalu tiriskan airnya. Anda dapat merendamnya dalam larutan gula atau larutan garam kemudian memisahkannya dari air dan mengeringkannya di bawah sinar matahari hingga kering atau bisa menggunakan alat seperti mesin pengering/oven.

Jika Anda lebih suka rasa yang lebih manis, Anda dapat menaburkan butiran gula sebelum memasukkannya ke dalam toples. Simpan manisan di tempat yang sejuk dan tidak lembab agar tahan lebih lama.

Cara Membuat Manisan Kering Buah (Secara Umum)

manisan kering

Pada umunya cara membuat manisan kering sangat mudah dan sederhana. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak beberapa alat dan bahan serta langkah-langkah untuk pembuatannya berikut ini :

Komposisi dan bahan:

  • 500 gram buah sesuai selera (gunakan buah yang setengah matang/ mengkal)
  • 1 sendok makan garam
  • Secukupnya air putih bersih
  • 500 gram gula
  • 1 sendok teh kapur sirih

Langkah-langkah pembuatannya : 

  1. Kupas buah yang akan dijadikan manisan, lalu belah dan ambil dagingnya.
  2. Kemudian potong buah menjadi dua bagian menjadi irisan tipis, hingga ujungnya diiris tipis.
  3. Tuang 1 liter air ke dalam wadah, kemudian larutkan garam dan aduk rata.
  4. Setelah itu, Redam potongan buah ke dalam larutan garam dan diamkan selama 1 hari.
    Angkat dan tiriskan.
  5. Tuang air ke dalam air dan larutkan bubuk kapur sirih, kemudian rendam potongan buah yang sudah direndam air garam.
  6. Tunggu 1 hari, lalu angkat dan tiriskan.
  7. Selanjutnya rebus 1 liter dan gula hingga mengental, lalu angkat dan dinginkan.
  8. Rendam potongan buah dalam larutan gula mendidih dan diamkan selama 1 hari. Angkat dan tiriskan.
  9. Rebus kembali larutan gula hingga mengental, lalu dinginkan sebelum digunakan untuk manisan buah.
    Perendaman terakhir juga bisa bertahan hingga 1 hari.
  10. Setelah tahap perendaman, buah yang sudah jadi kemudian dikeringkan di bawah terik matahari atau bisa menggunakan food dryer.
  11. Setelah dikeringkan, buah pala bisa dikeluarkan, ditaburi gula pasir, kemudian dimasukkan ke dalam toples atau kemasan.
  12. Proses perendaman ganda menghasilkan manisan pala yang tahan lama.