cara membuat minyak dari buah kelapa
Coconut oil with fresh coconut half on wooden background

Cara Membuat Minyak dari Buah Kelapa Homemade

Posted on
cara membuat minyak dari buah kelapa
Ilustrasi Minyak dai Buah Kelapa

Cara membuat minyak dari buah kelapa – Dalam beberapa tahun terakhir, minyak kelapa semakin populer. Dari produsen makanan hingga produsen kosmetik berlomba-lomba memproduksi bahan alami tersebut menjadi produk mereka.

Minyak berbahan dasar daging kelapa ini memiliki banyak manfaat, mulai dari kecantikan hingga kesehatan. Tidak diragukan lagi, perusahaan besar berlomba-lomba memproduksi produk berbahan dasar minyak kelapa secara massal.

Meski banyak produk jadi sudah ditemukan di pasaran, tidak ada salahnya menggunakan alat dan bahan sederhana untuk membuat sendiri barang di rumah. Kalaupun daging kelapa diolah menjadi minyak, tidak ada kesulitan.

Kandungan asam lemak pada minyak kelapa dapat digunakan sebagai obat penyakit Alzheimer. Ibarat pisau bermata dua, lemak jenuh yang terkandung dalam minyak kelapa ternyata bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Artikel lain yang mungkin anda tertarik Inspirasi Peluang Usaha Isi Ulang Galon dan Strateginya

Begini Tahapan Cara Membuat Minyak dari Buah Kelapa

Ada beberapa cara mengolahnya. Ijinkan kami untuk berbagai cara yang mudah untuk mengolah daging kelapa menjadi minyak dibawah ini:

Cara Membuat Minyak dari Buah Kelapa Tanpa Pemanasan

Cara mengolah daging kelapa menjadi minyak ini akan menghasilkan warna yang bening, dan sering disebut juga dengan minyak kelapa murni. Siapkan kelapa tua yang sudah diolesi dan perhatikan langkah-langkahnya dengan seksama:

  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga ditambahkan sedikit air agar santan yang keluar lebih banyak).
  • Masukkan santan ke dalam kantong plastik dan diamkan selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan yaitu santan di atas dan air di bawah.
  • Buat lubang di bagian bawah plastik agar airnya terpisah dan terbuang.
  • Tuang santan kental ke dalam wadah plastik, tutup rapat, dan simpan pada suhu ruangan yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam.
  • Setelah 24 jam akan terbentuk tiga lapisan yaitu minyak kelapa (atas), minyak kelapa (tengah), air (bawah)
  • Tuang minyak ke dalam wadah yang telah dialasi kain bersih atau tisu tanpa pewangi untuk memisahkan minyak dan santan.

Anda juga bisa meletakkan wadah di bagian freezer dari freezer dari lapisan ketiga teratas yang membeku. Pisahkan bagian yang beku lalu ulangi langkah di atas dengan tisu atau kain bersih. Hasil dari tetesan minyak inilah yang disebut dengan virgin coconut oil (VCO).

Membuat Minyak Kelapa Dengan Pemanasan

Cara kedua mengolah daging kelapa menjadi minyak adalah dengan memanaskan santan terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga ditambahkan sedikit air agar santan yang keluar lebih banyak).
  • Masak santan dengan api kecil selama 2-3 jam. Pastikan santan tidak gosong dengan mengaduknya sesekali.
  • Setelah santan menjadi coklat dan kental, minyak kelapa mulai muncul di atas santan.
  • Matikan api dan diamkan pada suhu kamar.
    Setelah tidak panas lagi, masukkan minyak ke dalam wadah yang dilapisi kain bersih atau tisu tanpa pewangi untuk memisahkan minyak dan santan.
  • Cara kedua ini akan menghasilkan warna minyak kuning. Meski begitu, hasil minyak ini tetap diharapkan memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

Minyak kelapa rumahan di atas dapat bertahan hingga 8-10 bulan pada suhu kamar. Minyak harus ditempatkan dalam wadah tertutup rapat agar bakteri tidak masuk dan merusak kualitas minyak itu sendiri.

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan

Minyak Kelapa Murni dan Manfaatnya
Minyak kelapa murni (VCO) baru-baru ini disebut sebagai makanan super karena banyak manfaat kesehatannya yang positif. Apalagi saat kepedulian masyarakat terhadap kesehatan meningkat selama pandemi ini, permintaan VCO pun meroket. Yuk simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

Baca juga: Penyulingan Air Laut Dengan Metode Desalinasi RO

1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat pertama minyak kelapa terletak pada kandungan asam lemaknya yang menyehatkan. Minyak kelapa tinggi lemak jenuh tertentu. Lemak ini memiliki efek yang berbeda pada tubuh dibandingkan kebanyakan lemak makanan lainnya.

Asam lemak dalam minyak kelapa dapat mendorong tubuh Anda untuk membakar lemak, dan memberikan energi bagi tubuh dan otak Anda. Di sisi lain, ini juga meningkatkan kolesterol HDL (baik) dalam darah Anda, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan asam laurat atau monolaurin yang terdapat pada minyak kelapa murni berguna untuk melawan bakteri, mengurangi jamur, dan virus. Anda bisa mengkonsumsi minyak ini 3 kali sehari saat sedang sakit untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Dilansir dari harian kompas.com, VCO juga masuk dalam daftar 14 komponen herbal yang dianggap sebagai imunomodulator atau peningkat kekebalan pada penderita Covid-19, dikonsumsi bersamaan dengan ekstrak daun jambu biji, jamu, dan minyak atsiri daun kayu putih.

3. Memiliki Kandungan Antioksidan Yang Baik

Polifenol yang terkandung dalam VCO berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk mencegah aterosklerosis pada pembuluh darah.

Aterosklerosis adalah pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak lemak di dinding pembuluh darah. Penumpukan ini membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung.

4. Memaksimalkan Program Diet untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang diet, sebaiknya coba minyak kelapa murni ini. VCO memiliki manfaat menekan nafsu makan karena bisa membuat kita kenyang dalam waktu yang lama. Manfaat keempat dari minyak kelapa adalah mengurangi rasa lapar.

Salah satu kelebihan yang menarik dari kandungan MCT adalah dapat mengurangi rasa lapar. Ini mungkin terkait dengan cara tubuh memetabolisme lemak, karena keton dapat menurunkan nafsu makan seseorang. Selain itu, VCO dapat membakar lebih banyak kalori untuk meningkatkan produksi energi.

5. Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut dan Gigi

Manfaat lain dari VCO adalah dapat melembabkan kulit. VCO juga memiliki efek antibakteri dan dapat digunakan untuk penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis. Efek antibakteri ini juga dapat mencegah penyebaran Staphylococcus pada penyakit ini.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kelembapan pada kulit kering dan mengurangi gejala eksim. Minyak kelapa juga dapat melindungi rambut dari kerusakan rambut.

Menggunakan obat kumur minyak kelapa juga dapat membunuh beberapa bakteri berbahaya di mulut Anda. Meski diperlukan lebih banyak penelitian, hal itu diyakini dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mengurangi bau mulut.

Semua manfaat minyak VCO memang banyak dan mempunyai efek sampingnya. Meski begitu, minyak VCO yang hanya digunakan sebagai obat herbal tidak disarankan untuk pengobatan jangka panjang. Anda perlu berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau dokter jika ingin mengkonsumsinya dalam jangka panjang.

Jika Anda mengalami alergi atau gangguan kesehatan lainnya, segera hubungi petugas kesehatan atau dokter terdekat.

Baca Juga : Langkah yang Diperlukan dalam Pengolahan Air Minum