Cincin Tunangan dan Cincin Kawin, Apa Bedanya?

Cincin Tunangan dan Cincin Kawin, Apa Bedanya?

Posted on

Cincin Tunangan dan Cincin Kawin, Apa Bedanya?

Baik cincin kawin maupun cincin tunangan sama-sama memiliki makna penting bagi sepasang pengantin. Akan tetapi, sebenarnya apa perbedaan di antara keduanya, ya? Dan apakah setiap pasangan harus memilih cincin tunangan dan cincin kawin yang beda atau terpisah?

Untuk menemukan jawabannya, simak dulu penjelasannya di bawah ini, yuk! Anda juga bisa dapatkan cincin tunangan maupun cincin kawin dengan Frank and Co harga 2021 yang bersaing serta desain cantik untuk menyempurnakan momen spesial Anda dan pasangan.

Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Kawin

Secara garis besar, perbedaan di antara cincin tunangan dan cincin kawin adalah momen atau kapan cincin diberikan. Sesuai dengan namanya, cincin tunangan diberikan dan dikenakan untuk pertama kali pada saat momen pertunangan atau lamaran. Sementara itu, cincin kawin dipertukarkan antara mempelai pria dan wanita pada hari pernikahan.

Baik cincin tunangan maupun cincin kawin sama-sama merupakan simbol cinta dan komitmen. Hanya saja, makna di balik cincin tunangan lebih mengarah pada momen pada saat sepasang kekasih memutuskan bahwa mereka akan menikah. Sedangkan pada cincin kawin, cincin tersebut mewakili ikatan resmi pernikahan di antara sepasang kekasih.

Dari segi desain, cincin kawin biasanya cenderung lebih simpel dibandingkan cincin tunangan. Bahkan, tak jarang cincin kawin hanya merupakan cincin logam mulia tanpa ada hiasan batu sama sekali. Kalaupun ada, biasanya batu mulia tersebut dipasang dengan gaya solitaire, alias hanya ada satu butir batu saja. Di samping itu, ukuran batunya juga biasanya kecil.

Sementara itu, cincin tunangan biasanya punya desain yang lebih “meriah” dibandingkan cincin kawin. Ukuran batu mulianya pun tak jarang relatif lebih besar. Dan meskipun tradisi cincin tunangan adalah cincin bertahtakan batu berlian, Anda juga tetap bisa bebas memilih batu mulia lainnya untuk cincin tunangan, kok.

Apakah Cincin Tunangan dan Cincin Kawin Harus Berbeda?

Walaupun tradisi yang berkembang di masyarakat Barat umumnya menunjukkan bahwa wanita memiliki dua cincin berbeda – sebagai catatan tambahan, cincin pertunangan biasanya hanya diberikan kepada wanita – bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan cincin yang sama untuk tunangan dan pernikahan, kok.

Pada akhirnya, keputusan apakah Anda akan membeli cincin tunangan dan cincin kawin yang berbeda tentu kembali pada diri Anda dan pasangan masing-masing, seperti selera, kebutuhan, hingga budget. Sebab, membeli cincin tunangan dan cincin kawin sekaligus tentu membutuhkan dana lebih besar dibandingkan hanya membeli satu cincin, kan? Lagipula, tak ada salahnya jika Anda memakai cincin pertunangan sebagai cincin kawin.

Sedangkan jika Anda dan pasangan memang sudah menyiapkan anggaran ekstra untuk cincin tunangan dan cincin kawin, Anda bisa pertimbangkan untuk memesan bridal set. Istilah tersebut mengacu pada satu set cincin yang terdiri atas tiga cincin berbeda: satu cincin tunangan (untuk wanita), dan dua cincin kawin.

Dengan membeli bridal set, Anda dan pasangan pun dapat memilih set cincin yang desainnya matching dan bisa melengkapi satu sama lain. Biasanya, bridal set memiliki warna logam pada cincin yang sama sehingga semuanya dapat terlihat seragam.

Tapi, jika Anda ingin membeli secara terpisah, hal tersebut juga merupakan ide menarik. Apalagi jika Anda dan pasangan memiliki selera yang berbeda. Dengan begitu, Anda bisa pilih cincin yang benar-benar sesuai dengan selera Anda, dan pasangan pun bisa memilih sendiri cincin dengan desain dan warna yang 100 persen pas dengan keinginannya.