Cara Membuat Kunyit Asam untuk Diet

Cara Membuat Kunyit Asam untuk Diet

Posted on

Cara Membuat Kunyit Asam untuk Diet – Jamu kunyit asam merupakan salah satu obat tradisional yang populer dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Jamu ini telah turun temurun diwariskan oleh nenek moyang. Seperti namanya, jamu kunyit asam ini terbuat dari bahan dasar rimpang kunyit dan asam jawa. Selain karena rasanya yang enak, jamu kunyit asam dipilih karena memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan termasuk dapat digunakan sebagai penurun berat badan.

Memiliki berat badan yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Selain digunakan sebagai tolak ukur kecantikan dan sumber kepercayaan diri seseorang, berat badan ideal juga dapat menandakan kesehatan seseorang.

Dalam bidang kesehatan, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit serius seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes dan lain-lain. Sementara itu, kekurangan berat badan juga dapat menyebabkan anemia, osteoporosis, dan gangguan pertumbuhan. Dengan kata lain, berat badan yang ideal dapat memberikan angka harapan hidup paling tinggi bagi Anda.

Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, sekarang Anda tidak perlu risau, karena jamu kunyit asam dapat Anda jadikan alternatif untuk menurunkan berat badan. Khasiat dari obat tradisional kunyit asam ini sudah terbukti sejak zaman nenek moyang kita. Banyak orang memiliki berat badan berlebih mencoba minum jamu kunyit asam secara rutin sebelum sarapan setiap harinya, dan ternyata bisa turun hingga 4 kg dalam sebulan.

Perhatikan cara membuat jamu kunyit asam berikut ini.

Cara Membuat Kunyit Asam untuk Diet

Bahan-bahan:

  • 2 Gelas Air (500 ml)
  • 100 gr atau 2 Buah Gula Jawa
  • 5 Biji Asam Jawa
  • 1 sdt Kunyit Bubuk
  • 0,25 sdt Garam

Cara Membuat:

  1. Sisir kasar “Gula Jawa” dengan menggunakan pisau.
  2. Masukan gula jawa sisir ke dalam panci, lalu tambahkan air mineral dan asam jawa.
  3. Rebus selama 15 menit sambil diaduk hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih, tambahkan kunyit dan garam. Lanjutkan perebusan selama 5 menit sambil diaduk hingga rata.
  5. Setelah matang, angkat panci kmudian sisihkan.
  6. Siapkan gelas dan saringan, lalu tuang jamu kunyit asam sambil disaring. Selesai, kamu bisa sajikan langsung atau beri tambahan es batu. Jamu kunyit asam enak saat disajikan selagi masih hangat.

Khasiat Jamu Kunyit Asam untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Membuat Kunyit Asam untuk Diet

Kandungan zat curcumin yang ada di dalam jamu kunyit asam tidak hanya bermanfaat untuk meredakan nyeri haid. Namun juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

Hal ini dapat terjadi karena kunyit membantu proses metabolisme tubuh agar kembali normal dan secara efektif mengurangi lemak berlebih yang ada di dalam tubuh. Mari kita simak bersama bagaimana tata cara konsumsi jamu kunyit asam yang benar sehingga dapat dirasakan manfaatnya untuk menurunkan berat badan.

  • Konsumsi sebelum sarapan

Usahakan untuk mengonsumsi jamu kunyit asam secara rutin sebelum sarapan, yaitu sekitar pukul 6-8 pagi. Minum segelas jamu kunyit asam selagi masih hangat. Rasa hangat inilah yang membuat perut terasa lebih kenyang.

Mengonsumsi jamu kunyit asam sebelum sarapan dipercaya dapat memperlambat rasa lapar, sehingga bisa mengontrol diri Anda untuk tidak makan berlebihan dalam waktu yang cukup lama.

  • Konsisten | Cara Membuat Kunyit Asam untuk Diet

Jika Anda ingin berhasil mendapatkan berat badan yang ideal, maka Anda wajib memiliki niat dan konsistensi yang tinggi. Konsumsilah jamu kunyit asam secara rutin setiap hari sebelum sarapan.

  • Atur pola makan

Selain konsisten dalam mengonsumsi jamu kunyit asam sebelum sarapan, Anda juga perlu memperhatikan pola makan. Jagalah pola makan dengan baik, jangan terlalu makan berlebih ataupun terlalu memaksa untuk mengurangi porsi makanan secara dratis.

Walaupun jamu kunyit asam sangat bermanfaat bagi kesehatan, namun Anda juga perlu hati-hati dalam mengonsumsinya. Bagi Anda yang memiliki penyakit lambung atau maag, usahakan untuk mengonsumsi jamu kunyit asam setelah sarapan.

  • Olahraga | Cara Membuat Kunyit Asam untuk Diet

Tips selanjutnya yaitu dengan menjaga pola hidup yang sehat. Konsumsi jamu kunyit asam dan mengatur pola makan saja tidak akan cukup untuk menurunkan berat badan agar ideal jika Anda tidak mengimbanginya dengan olahraga yang teratur.

Tidak hanya memiliki berat badan yang ideal, namun tubuh Anda menjadi lebih segar dan sehat. Lakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan sehat, yoga, atau sit-up atau push-up rutin setiap hari minimal 30 menit.

Sangat mudah bukan? Bagi Anda yang menginginkan berat badan yang ideal, cara-cara di atas dapat Anda ikuti dan praktekkan di rumah ya! Semangat! ^^

Demikian tadi cara membuat kunyit asam untuk diet. Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di NOVI MAROF.