Manfaat Minyak Cengkeh

Posted on

Manfaat Minyak Cengkeh :

Cengkeh atau cengkeh merupakan bumbu masakan asli Indonesia yang banyak dijumpai pada bumbu masak dan obat-obatan herbal.

Tidak hanya diolah dengan cara dikeringkan atau digiling hingga halus, cengkeh juga bisa dijadikan minyak yang memiliki berbagai khasiat. Apa manfaat kesehatan dari minyak cengkih? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

Minyak Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

Minyak atsiri ini diproduksi dengan menyaring kuncup bunga kering yang ada di pohon cengkeh.

Bagian lain seperti batang dan daun juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan minyak cengkih.

Umumnya minyak cengkih bening. Namun dari beberapa filter, minyak cengkeh bisa berwarna kuning muda serta memiliki aroma yang kuat dan pedas.

Manfaat Minyak Cengkeh

Berikut manfaat minyak cengkeh lainnya yang dipercaya baik untuk kesehatan.

  1. Mengatasi Masalah Kulit

Dilansir Everyday Health, minyak cengkih bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kulit kering.

Cara pemakaiannya cukup mudah, oleskan minyak pada kulit kering, lalu lap dengan kain bersih.

Minyak cengkeh juga sering digunakan sebagai bahan alami pada produk kecantikan.

Minyak ini ditemukan dalam produk perawatan untuk mengurangi bekas luka, menenangkan kantung mata, dan meredakan bengkak di kulit.

  1. Mengatasi Sakit Perut

Tak hanya dioleskan ke kulit, minyak ini bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit perut, lho. Minyak esensial ini mengandung eugenol yang dipercaya dapat membantu meredakan ketidaknyamanan pencernaan.

Selain itu, minyak cengkih dapat digunakan untuk mengobati perut kembung, cegukan, dan mabuk perjalanan.

Untuk cara mengonsumsinya jangan langsung ditelan ya. Sebaiknya tuangkan beberapa tetes minyak cengkih ke dalam air matang, aduk hingga tercampur, lalu diminum.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Minyak cengkeh sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan balsem. Pasalnya, cengkeh memiliki zat aktif yang membantu melancarkan aliran darah dan membantu mengurangi rasa sakit di tubuh.

Karena khasiat ini, minyak cengkih digunakan untuk meredakan ketegangan yang disebabkan oleh sakit kepala.

Sedangkan jika digunakan sebagai campuran aromaterapi, minyak cengkih tidak hanya memperlancar peredaran darah, tetapi juga dapat menstimulasi otak. Efeknya, pikiran Anda menjadi fokus dan tubuh Anda lebih berenergi.

  1. Perawatan Rambut

Keefektifan minyak cengkih dalam memperlancar peredaran darah juga bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Minyak ini dipercaya dapat mengurangi rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Jika dioleskan secara rutin, dipercaya minyak cengkeh dapat mengembalikan kilau rambut kusam.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa mencampurkan minyak cengkeh dengan minyak zaitun.

Setelah keramas, oleskan campuran kedua minyak tersebut ke batang rambut dan balut dengan handuk yang dibasahi air hangat. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

Tak hanya dalam bentuk bunga kering, cengkeh juga diolah menjadi minyak. Minyak cengkih diproduksi dengan menyaring kuncup bunga kering dari cengkeh. Bagian lain dari pohon, seperti batang dan daun, juga bisa dimanfaatkan.

Minyak cengkeh berwarna putih bening hingga kuning muda dan memiliki aroma pedas yang kuat. Minyak ini telah digunakan selama berabad-abad dalam berbagai tujuan. Minyak ini dikenal dengan rasa dan aromanya yang sangat kuat.

Meski bermanfaat, sebaiknya jangan menggunakan minyak cengkih sembarangan. Penting untuk memilih minyak cengkeh untuk tujuan oral atau topikal. Konsumsi minyak cengkeh juga harus diencerkan karena kandungannya yang sangat kuat.

Manfaat minyak cengkeh

Antimikroba

Dilansir dari Healthline, studi tahun 2012 mengungkapkan bahwa minyak cengkih memiliki kemampuan untuk membunuh sel bakteri staph dalam kultur cair dan dalam biofilm. Minyak cengkeh juga dianggap paling efektif menghentikan pertumbuhan berbagai jamur.

Minyak ini memiliki aktivitas antibakteri saat ditambahkan ke kultur cair atau dimasukkan sebagai uap.

Menjaga kesehatan mulut

Menurut penelitian, minyak cengkeh dan molekulnya efektif mencegah erosi gigi. Para peneliti percaya minyak cengkih dapat bekerja dengan cara yang mirip dengan fluorida dalam mencegah gigi berlubang. Minyak cengkeh mampu menghambat organisme penyebab gigi berlubang.

Manfaat minyak cengkeh

Meringankan sakit gigi

Selama berabad-abad, cengkeh telah digunakan sebagai teknik pereda nyeri pada gigi. Minyak cengkeh mengandung bahan aktif eugenol yang merupakan obat bius alami. Senyawa ini membantu mengurangi rasa sakit hingga meredakan sakit gigi. Eugenol juga memiliki sifat anti-inflamasi alami. Ini bisa mengurangi pembengkakan dan iritasi pada mulut.

Perkuat kekebalan Anda

Minyak cengkeh dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam minyak tersebut berperan sebagai penangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Karena sifat anti-peradangannya yang tinggi, minyak cengkih dapat bermanfaat selama sakit tenggorokan, batuk, pilek, dan sinusitis. Mengkonsumsi minyak cengkih yang terdapat dalam ekspektoran dapat membersihkan dan melegakan rongga hidung.