cara membuat kue kering kelapa

Cara Membuat Kue Kering Kelapa Sangrai yang Mudah Dibuat

Posted on

Kue kering kelapa merupakan camilan yang bukan main course. Secara harfiah, kue ini sering diartikan sebagai makanan ringan yang terbuat dari tepung. Karena cara membuat kue kering kelapa.

Secara spesifik, kue kering adalah camilan yang keras tapi renyah dengan kadar air yang sangat rendah karena dibuat di dalam oven.

Kue kering kelapa yang akan saya bahas di bawah ini merupakan resep kue yang enak untuk cemilan dan suguhan saat lebaran. Dan kue kelapa sangrai ini juga merupakan resep yang sangat mudah untuk di praktekkan di dapur sendiri dan tidak ribet dalam pembuatannya.

cara membuat kue kering kelapa

Resep ini juga bagus untuk camilan anak-anak karena tidak terlalu manis, tapi tetap enak dan menggugah selera. Rasa kelapa yang gurih juga menambah cita rasa kue ini. Dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk acara-acara tertentu. Dan itu juga bisa digunakan sebagai suguhan tamu.

Langkah – Langkah Cara Membuat Kue Kering Kelapa Sangrai :

Bahan dan Alat Cara Membuat Kue Kering Kelapa :

  1. 1/2 kg terigu tepung
  2. 250 gr mentega
  3. 250 gr gula halus
  4. 1/2 kelapa, parut lalu sangrai
  5. 2 kuning telur
  6. 1/4 sdt vanilla essence cair
  7. mixer

Langkah membuat kue kering kelapa sangrai :

Campurkan semua bahan hingga tercampur rata.

Siapkan wadah, aduk merata degan mentega, bentuk andonan berbentuk bulat.

Pipihkan dengan garpu.

Panggang dgn temperature sedang hingga kering.

Angkat, angin angin, simpan di toples yg tertutup rapat simpan buat lebaran.

Tips Cara Membuat Kue Kering Kelapa Sangrai :

Kelapa sangrai memiliki banyak manfaat untuk masakan. Diantaranya ada rasa hangat dan aroma kelapa yang harum. Meski tidak sulit membuatnya, ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar kelapa sangrai tetap kering.

Membuat kelapa sangrai seperti Serundeng terkadang tidak enak rasanya. Hasilnya mungkin terlalu kering atau gosong. Agar buah kelapa bakar memiliki rasa yang gurih dan renyah, berhati-hatilah saat menyiapkannya sebagai berikut.

1. Kelapa

Untuk kelapa sangrai, pilih kelapa tua. Kelapa tidak terlalu empuk dan teksturnya agak keras. Sebaiknya gunakan kelapa jenis merah agar hasil kelapa sangrai lebih menarik. Selain bisa disangrai kelapa juga bisa dijadikan cocomesh jaring sabut kelapa.

2. Bersihkan kelapa

Kupas kelapa hingga bersih dan bilas dengan air hingga lendir di dalamnya larut. Tiriskan kelapa. Gosok kelapa secara vertikal dengan parutan tajam agar seratnya memanjang.

3. Penggunaan rempah-rempah

Untuk membuat olahan kelapa sangria seperti serundeng, perlu ditambahkan berbagai bumbu agar enak. Buat bumbu halus dari bawang putih, cabai merah, ketumbar, garam dan gula merah sisir. Kemudian tambahkan daun salam, lengkuas dan daun jeruk. Campur kelapa kering dengan bumbu.

4. Kelapa sangrai

Untuk memanggang kelapa, atur wajan besi dengan api sedang. Tambahkan campuran kelapa parut dan bumbu ke dalam wajan. Aduk terus sampai kelapa mengering dan berbau harum.

Sebaiknya jangan berhenti mengaduk agar warna kelapa menjadi kuning kecoklatan merata. Jika terlalu panas, kecilkan api. Namun, jangan pernah menggunakan api besar yang dapat dengan mudah membakar kelapa.

Setelah kelapa sangrai mengering untuk serundeng, angkat dan dinginkan. Kelapa goreng juga bisa digiling hingga halus dan berminyak, yang dikenal dengan istilah poyah. Olahan ini memberi hidangan rasa yang enak dan aroma yang harum.

5 Manfaat Sehat Kebiasaan Ngemil Parutan Kelapa

Kelapa dikenal sebagai tanaman yang memiliki sejuta manfaat. Mulai dari kayu kelapa, daun kepala, buah kelapa, hingga air kelapa.

1.Menstabilkan Jantung

Parutan kelapa banyak seratnya membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung. Serat ini berfugsi menghancurkan kolesterol jahat dalam darah yang membahayakan jantung.

2.Meningkatkan Fungsi Otak

Kelapa bisa memperbaiki fungsi otak dan memperlambat datangnya penyakit Alzheimer.

3.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan kandungan selenium dalam parutan kelapa, sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat. Sebab selenium memproduksi selenoprotein yang membantu mengurangi banyak penyakit.

4.Mencegah Infertilitas Pada Pria

Hal ini bukanlah sebuah mitos. Karena parutan kelapa mengandung banyak mineral yang bisa mencegah kemandulan pada pria.

5.Mencegah Anemia

Wanita mudah terkena anemia. Dengan sering makan kelapa parut, kamu tidak mudah terkena anemia sebab kelapa parut ini tinggi akan zat besi yang memicu produksi sel darah merah dalam tubuh.

Cukup penjelasan dari saya tentang cara membuat kue kering kelapa sangrai, semoga membantu anda semua. TERIMA KASIH