Manfaat Minyak Kelapa Untuk Obat

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Obat, Penjelasan Lengkap!!

Posted on

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Obat. Hallo semua kembali lagi di artikel kali ini kita akan membahas Manfaat Minyak Kelapa Untuk Obat jangan lupa baca sampai selesai agar paham yahh!

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Obat

Obat adalah hal yang wajib kita minun saat kita sakit, tetapi Minyak Kelapa bisa bermanfaat untuk obat loh? kalian sudsah tahu tau belum, baca berikut sampai selesai agar tahu!!

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Obat 

Minyak Kelapa Untuk Obat Antimikroba

Di samping bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit-penyakit degeneratif, menurut Price, minyak kelapa juga merupakan antibiotik alami yang bisa diandalkan.  la pun menguatkan pendapatnya ini dengan mengutip banyak penelitan.
Menurut dia, asam laurat paling poten melawan bakteri dan virus yang membran selnya berlapis lemak (lipid coated microorganism)Di antaranya, bakteri Heliicobacter pylori (penyebab tukak lambung), virus influenza, herpes, hepatitis C, cytomegalovirusbahkan HIV
Sedangkan asam kaprilatnya efektif menghalau jamur kandida (penyebab keputihan pada wanita).
Untuk menguatkan ini, ia menceritakan pengalaman Chris Dafoe, seorang penderita HIV/AIDS asal Indiana, Amerika Serikat, yang sembuh setelah makan kelapa setiap hari.
Tak lupa ia pun mengutip hasil penelitian awal Cornardo Dayrit, farmakolog dari University of the Philippines tentang pengaruh monolaurin terhadap virus HIV.

Namun, dr. Zunilda S. Bustami, MS, Sp.FK, farmakolog dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menggarisbawahi cara mengambil kesimpulan semacam ini.

Menurut dia, suatu zat yang punya aktivitas antimikroba di tingkat laboratorium, tidak berarti pasti punya aktivitas serupa saat diminum. Ada banyak faktor yang mempengaruhi. Misalnya saja, zat itu tidak bisa sampai ke tempat kerja yang dituju dalam kadar yang cukup. Zunilda memberi contoh isoprinosin. Obat ini dalam pengujian laboratorium punya kemampuan menekan pertumbuhan virus. Saking hebatnya penemuan ini, sampai sang penemu  mendapatkan hadiah Nobel. Namun, ternyata obat ini gagal sebagai antivirus pada manusia.

“Alkohol 70% juga punya aktivitas antimikroba, tapi kita ‘kan enggak mungkin minum alkohol untuk mengobati infeksi,” katanya menganalogikan.

Meski demikian Zunilda membenarkan manfaat minyak kelapa sebagai antiseptik lokal (pemakaian luar). Tanpa menyangkal bahwa buah kelapa adalah makanan yang baik, Zunilda berpendapat lain. Secara tata krama ilmiah, penelitian-penelitian itu belum cukup dijadikan dasar menjadikan minyak kelapa sebagai obat dalam pengertian kedokteran.

Minyak Kelapa Untuk Obat Kontroversi lemak jenuh

Entasnya minyak kelapa dari wajan goreng ke lemari obat jelas bukan tanpa kontroversi. Pasalnya, kandungan paling besar dalam minyak kelapa adalah asam laurat.

Ini golongan asam lemak jenuh (saturated fatty acid). Sebagaimana diketahui, lemak jenuh selama ini dituding sebagai kambing hitam berbagai masalah kesehatan kardiovaskuler, seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol.American Heart Association (AHA) mengeluarkan “fatwa” bahwa konsumsi lemak tak boleh lebih dari 30% dari total kalori.

Sementara asupan lemak jenuhnya tak boleh lebih dari 10%. Hingga sekarang, fatwa itu belum dicabut, dan masih dipakai sebagai pegangan di kalangan ahli gizi. Memang, minyak nabati tidak mengandung kolesterol, karena kolesterol hanya diproduksi oleh hewan dan manusia. Namun, menurut AHA, konsumsi lemak jenuh yang berlebihan bisa merangsang hati untuk memproduksi kolesterol lebih banyak.

Padahal, kalangan prokelapa menganggap kandungan asam lemak jenuh inilah yang bertanggung jawab terhadap aktivitas minyak kelapa sebagai obat. Murray Price, dokter naturopati penulis buku Coconut Oil for Your Health (diterjemahkan oleh Prestasi Pustaka Publisher dengan judul Terapi Minyak Kelapa) menepis pandangan itu dengan mengusung berbagai penelitian.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan

berbicara tentang minyak kelapa untuk obat. dan obat berhubungan dengan kesehatan tentunya kita akan sedikit membahas tentang Minyak Kelapa untuk kesehata. Yang sudah banyak percaya bahwa minyak kelapa bisa untuk kesehatan. Kita akan membasanya. Oke perhatikan berikut manfaat nya :

1. Mencegah osteoporosis

Minyak kelapa membantu tubuh lebih efektif menyerap vitamin yang larut dalam lemak, seperti magnesium dan kalsium. Asupan kalsium yang mencukupi dalam tubuh mengarah pada struktur dan kepadatan tulang yang lebih kuat. Dengan demikian, mengonsumsi minyak kelapa dalam bentuk paling alaminya dapat membantu mengurangi gejala pengeroposan tulang yang diakibatkan oleh osteoporosis.

2. Memerangi peradangan

Minyak ini juga diperkaya oleh antioksidan penangkal radikal bebas sebagai penyebab peradangan. Sebuah studi asal India melaporkan bahwa kandungan antioksidan tinggi dalam minyak kelapa berperan sebagai agen antiinflamasi untuk memerangi gejala infeksi dan peradangan dalam tubuh, misalnya dalam ksaus arthritis, batu empedu, dan pankreatitis.

3. Mencegah penyakit gusi dan karies gigi

Berkumur dengan minyak kelapa (teknik oil pulling) sebenarnya telah digunakan turun temurun sebagai metode alami menjaga kesehatan mulut dan gusi, seperti mencegah kebusukan gigi dan gusi berdarah. Penelitian melaporkan, rutin melakukan oil pulling dapat secara efektif mengikis lapisan plak gigi dan sekaligus juga mencegah pembentukan plak baru yang menyebabkan gingivitis, infeksi gusi.

4. Mencegah dan mempercepat pengobatan kanker

Salah satu sifat yang paling menguntungkan dari minyak kelapa adalah kandungan asam lemak rantai sedang (MCT)-nya. MCT tidak hanya lebih mudah diserap oleh hati, tetapi juga dimetabolisme dengan cepat. Artinya, asam lemak sehat ini dapat diolah lebih lanjut menjadi keton.

Sel tumor membutuhkan energi dari glukosa untuk dapat berkembang biak dan bertahan hidup dalam tubuh. Ketika didampingi dengan pola diet rendah karbohidrat, tubuh jadi memiliki simpanan energi yang lebih banyak dari keton dan bukannya glukosa, akibatnya sel tumor tidak dapat mengakses sumber makanan utamanya. Oleh karena itu, keton dapat bertindak sebagai penghalang pertumbuhan tumor. Bahkan, sebuah studi menunjukkan bahwa ketika minyak kelapa disuntikkan ke sel-sel kanker adenokarsinoma dalam usus besar, keton benar-benar mampu menghambat pertumbuhan sel kanker tanpa memengaruhi sel-sel usus normal.

5. Menstabilkan gula darah

Menu makan yang diperkaya dengan kandungan MCT (65%-nya dapat Anda peroleh dari minyak kelapa) telah terbukti meningkatkan toleransi glukosa dan mengurangi penumpukan lemak tubuh. MCT juga dilaporkan dapat memelihara aksi dan resistensi insulin, walau sejauh ini baru dibuktikan lewat percobaan tikus lab. Minyak kelapa juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 2.

Obat

kita juga akan membahas tentang obat agar lebih paham yah :

Pengertian Obat

Pengertian Obatadalah bahan/paduan bahan-bahan untuk digunakan dalam menetapkan diagnosis, mencegah, mengurangi, menghilangkan, menyembuhkan penyakit, luka atau kelainan badaniah atau rohaniah pada manusia/hewan, memperelok badan atau bagian badan manusia.

Menurut SK Menteri Kesehatan No.25/Kab/B.VII/ 71 tanggal 9 Juni 1971, yang disebut dengan obat ialah suatu bahan atau paduan bahan-bahan untuk digunakan dalam menetapkan diagnosis, mencegah, mengurangi, menghilangkan, menyembuhkan penyakit, luka atau kelainan badaniah dan rohaniah pada manusia atau hewan, memperelok badan atau bagian badan manusia.

Menurut Undang-Undang Farmasi obat adalah suatu bahan atau bahan-bahan yang dimaksudkan untuk digunakan dalam menetapkan diagnosa, mencegah, mengurangi, menghilangkan dan menyembuhkan penyakit atau gejala penyakit, luka, ataupun kelainan badaniah, rohaniah pada manusia ataupun hewan.

Menurut Ansel (2001), obat adalah zat yang digunakan untuk diagnosis, mengurangi rasa sakit, serta mengobati atau mencegah penyakit pada manusia atau hewan. Obat dalam arti luas ialah setiap zat kimia yang dapat mempengaruhi proses hidup, maka farmakologi merupakan ilmu yang sangat luas cakupannya.

Namun untuk seorang dokter, ilmu ini dibatasi tujuannya yaitu agar dapat menggunakan obat untuk maksud pencegahan, diagnosis, dan pengobatan penyakit. Selain itu, agar mengerti bahwa penggunaan obat dapat mengakibatkan berbagai gejala penyakit. (Bagian Farmakologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia)

Obat adalah sediaan atau paduan bahan-bahan yang siap untuk digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosis, pencegahan, penyembuhan, pemulihan, peningkatan, kesehatan dan kontrasepsi (Kebijakan Obat Nasional, Departemen Kesehatan RI, 2005).

benda yang dapat digunakan untuk merawat penyakit, membebaskan gejala, atau memodifikasi proses kimia dalam tubuh. Obat merupakan senyawa kimia selain makanan yang bisa mempengaruhi organisme hidup, yang pemanfaatannya bisa untuk mendiagnosis, menyembuhkan, mencegah suatu penyakit.

Macam Obat

Dalam penggunaannya, obat mempunyai berbagai macam bentuk. Semua bentuk obat mempunyai karakteristik dan tujuan tersendiri.   Ada zat yang tidak stabil jika berada dalam sediaan tablet sehingga harus dalam bentuk kapsul atau ada pula obat yang dimaksudkan larut dalam usus bukan dalam lambung. Semua diformulasikan khusus demi tercapainya efek terapi yang diinginkan. Berbagai bentuk obat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya.

1. Serbuk (Pulvis)

Merupakan campuran kering bahan obat atau zat kimia yang dihaluskan, ditujukan untuk pemakaian luar.

2. Pulveres

Merupakan serbuk yang dibagi bobot yang kurang lebih sama, dibungkus menggunakan bahan pengemas yang cocok    untuk sekali minum.Contohnya adalah puyer.

3. Tablet (Compressi)

Merupakan sediaan padat kompak dibuat secara kempa cetak dalam bentuk tabung pipih atau sirkuler kedua permukaan rata atau cembung mengandung satu jenis obat atau lebih dengan atau tanpa bahan tambahan dan sebagainya .

Itulah beberapa penjelasan mengenai Minyak Kelapa Untuk Obat. Kalian bisa baca lebih mengenai Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan. Kalian punya masalah mengenai mesin kelapa atau mesin lainya? bisa juga hubungi rumahmesin.com loh teman-teman!