Jasa Drilling dan Blasting dengan Jenis Bahan Peledak Tambang Terbaik

Posted on

Jenis bahan peledak tambang memang sering digunakan pada jasa drilling dan blasting. Seperti yang kita ketahui, umat manusia telah menggunakan bahan peledak sejak dulu. Bahkan menurut catatan sejarah, paling jauh sudah ditemukan bahwa bahan peledak digunakan sejak abad ke 19 di Tiongkok.

Kala itu, Bangsa Tiongkok  membuat bahan peledak pertama menggunakan campuran potasium nitrat atau saltpetre, arang dan juga sulfur. Campuran seperti ini lalu dikenal baik dengan nama black powder atau yang disebut bubuk mesiu.

Sampai pada pertengahan abad ke-19 ini menjadi satu-satunya jenis bahan peledak yang dipakai manusia. Mulai dari penggunaan untuk senjata api, kembang api, artileri berat atau untuk kepentingan sipil. Misalnya konstruksi bangunan dan urusan pertambangan.

Mengenal Berbagai Jenis Bahan Peledak Tambang

Ketika perusahaan jasa drilling dan blasting melakukan peledakan, tentunya akan menggunakan berbagai macam bahan peledak untuk proyek tambang. Maka dari itu, anda harus mengetahui apa saja jenis bahan peledak yang bisa digunakan untuk kegiatan drilling dan blasting pada area pertambangan.

Bahan peledak yang dimaksud yaitu bahan peledak kimia. Ini merupakan bahan kimia senyawa tunggal atau campuran baik yang berbentuk cair, padat maupun campurannya. Yang jika diberi aksi panas, gesekan, benturan atau ledakan awal bisa mengalami reaksi kimia eksotermis yang cepat.

Hasil reaksinya sebagian maupun seluruhnya berbentuk gas. Dilengkapi dengan panas serta tekanan yang tinggi yang secara kimia bisa lebih stabil. 

Blasting Agent

Dry blasting agent atau ANFO merupakan campuran dengan bentuk butiran yang memiliki bahan bakar atau sensitizing agent. Serta bahan bakar pengoksidasi atau intensive oxidizing agent. Jenis bahan peledak tambang yang satu ini seringkali digunakan untuk peledakan.

Semua bahan bahan campuran ini tidak memiliki bahan tambahan. Bahkan diklasifikasikan sebagai bahan peledak. Campuran yang dihasilkan tidak bisa diledakkan dengan menggunakan plastik cap no 8. Karena blasting agent mempunyai sifat sebagai bahan peledak hanya sesudah diberi primer atau booster.

Selanjutnya ada emulsion/ slurry/ water gel blasting agent. Ini merupakan campuran oksidator, foel sensitizer dan sekitar 15 hingga 20% air. Selanjutnya campuran tersebut ditambah dengan bahan pengikat atau yang sering disebut dengan gelling agent yang mengakibatkan slurry tahan pada air. Di dalam emulsion nya pengikatnya berupa jenis oli dan lilin atau parafin.

Komposisi dan Bahan

Hampir seluruh bahan peledak komersial adalah campuran dari senyawa-senyawa yang didalamnya terkandung 4 unsur dasar yakni H, C, O dan N. Selanjutnya agar bisa mendapatkan efek tertentu terkadang unsur tersebut ditambah dengan zat-zat sensitizer seperti Al, Ca, Na dan lain sebagainya.

Sebuah bahan peledak tidak harus mengandung material eksplosif seperti nitrostarch, nitrogliserin atau TNT. Setiap jenis bahan peledak tambang yang ada di dalam campuran memiliki fungsi yang berbeda yakni sebagai fuel, explosive base, oxygen carrier dan lain sebagainya.

blasting
Jasa Peledakan Drilling & Blasting

Penyedia Jasa Peledakan dengan Bahan Peledakan Tambang Terbaik

Saat ini bila anda membutuhkan jasa drilling dan blasting untuk proyek tambang, maka disinilah tempatnya. Kegiatan pertambangan pastinya memerlukan teknik serta tim yang handal dan profesional. Supaya aktivitas ini bisa berjalan lancar tanpa ada halangan, maka anda dapat menggunakan media jasa trading dan plastik yang terpercaya.

Sebagai salah satu penyedia jasa drilling dan blasting yang berkualitas, kami selalu menawarkan pengerjaan yang memuaskan hati para pelanggan. Selain itu kami selalu menggunakan jenis bahan peledak tambang yang sesuai dan aman untuk lingkungan. Mulai sekarang untuk kegiatan drilling dan blasting, anda bisa percayakan sepenuhnya kepada kami.