Tentang Web Hosting, Apa itu Hosting?

Posted on

Apa itu web hosting? Jika itu pertanyaan yang pernah Anda tanyakan pada diri sendiri, Anda tidak sendiri. Baik Anda ingin membuat situs web sendiri, atau membayar perancang web atau biro iklan untuk membuatnya untuk Anda, Anda pasti pernah mendengar orang-orang berbicara tentang perlunya mendapatkan hosting web. Tapi apa itu web hosting, mengapa Anda membutuhkannya, dan di mana Anda bisa mendapatkannya?

Dalam artikel ini, kami akan memberikan jawaban untuk semua pertanyaan ini dan lainnya, dengan cara bebas jargon yang mudah dipahami. Baca terus, dan temukan semua yang perlu Anda ketahui tentang mendapatkan hosting web untuk situs Anda dan cara memilih layanan hosting situs web terbaik. Jika Anda baru memulai, jangan lewatkan panduan kami untuk pembuat situs web terbaik juga.

Apa itu web hosting?

Web hosting adalah tempat semua data situs web Anda – teks, gambar, video, dan sebagainya – disimpan, dan dikirimkan kepada orang-orang yang ingin mengaksesnya melalui web.

Pada masa-masa awal web, beberapa orang sebenarnya meng-host situs web mereka di komputer mereka sendiri. Dan secara teknis Anda masih bisa melakukan ini. Namun dalam praktiknya, sebagian besar komputer rumah tidak cukup kuat untuk memungkinkan lebih dari beberapa orang mengakses situs Anda pada saat yang sama tanpa mogok.

Jadi saat ini, kami melakukan outsourcing tugas ini ke perusahaan web hosting indonesia, yang memiliki akses ke server komputer yang besar dan kuat di seluruh dunia. Dan karena mereka memiliki begitu banyak pelanggan, mereka dapat melakukan ini dalam skala besar, dan menjaga biaya hosting web tetap rendah untuk semua orang.

Berapa yang harus saya bayar untuk hosting web?
Pemilik situs web baru mungkin harus membayar sekitar £ 50- £ 100 setahun untuk hosting web. Namun, semakin kompleks situs Anda, dan semakin sentral bagi bisnis Anda, semakin besar keinginan Anda untuk membayar. Jadi, situs web e-niaga yang sangat besar dan kompleks untuk perusahaan besar, misalnya, dapat menghabiskan biaya sebesar £ 10.000 untuk dihosting.

Jelas, itu membayar untuk berkeliling untuk mendapatkan kesepakatan terbaik. Tetapi seperti halnya perbandingan harga apa pun yang Anda lakukan di web, angka-angka utama dapat menyesatkan, jadi Anda harus menggali lebih dalam. Secara khusus, beberapa perusahaan hosting terbesar menawarkan hosting hanya dengan beberapa dolar seminggu, atau bahkan gratis. Namun, kedua penawaran ini biasanya harus dilihat sebagai cara bagi perusahaan tersebut untuk memikat Anda, dan membuat Anda membayar lebih banyak dalam jangka panjang.

Pertama, paket hosting web yang sangat murah atau gratis ini mungkin memiliki batasan waktu, jadi Anda perlu membaca cetakan kecilnya untuk mengetahui apakah dan kapan harganya tiba-tiba melonjak. Kedua, itu biasanya berarti situs web Anda dipenuhi iklan, yang tidak akan Anda hasilkan dari diri Anda sendiri.

Ketiga, layanan mungkin akan kekurangan bandwidth, sehingga membatasi jumlah orang yang dapat mengunjungi situs web Anda pada satu waktu. Mereka juga mungkin memiliki penyimpanan yang rendah, membatasi ukuran dan jumlah gambar dan video yang dapat Anda sertakan di situs web Anda. Dan terakhir, Anda mungkin akan diberikan URL khusus; sesuatu yang sejalan dengan mybusiness.daveswebsitehosting.com. Jika Anda menginginkan nama domain yang lebih baik (yaitu, bisnisku.com), Anda harus membayarnya secara terpisah.

Kabar baiknya adalah jika Anda merasa paket yang Anda pilih tidak berfungsi untuk situs web Anda, Anda selalu dapat meningkatkan versi kapan saja. Perusahaan web hosting tidak pernah malu menerima lebih banyak uang dari Anda!

Apa yang harus saya cari di perusahaan web hosting?

Salah satu hal terpenting yang harus dicari dalam perusahaan web hosting adalah tingkat dukungan teknis. Mereka mungkin menyenangkan ketika mencoba membuat Anda siap, tetapi apa yang terjadi setelah itu yang sangat penting.

Dukungan dapat ditawarkan dengan berbagai cara, yang mungkin termasuk telepon, obrolan langsung, email, dan tiket dukungan. Sebagian besar perusahaan menjanjikan bahwa dukungan tersedia 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, dan 365 hari setahun. Namun, beberapa membatasinya menjadi jam dan hari kerja, yang mungkin terbukti rumit jika perusahaan berada di zona waktu global yang berbeda dengan Anda.

Ada alasan lain untuk mempertimbangkan di mana perusahaan hosting berbasis, dan yang sama pentingnya, di mana server mereka juga berbasis. Sebagai pedoman umum, semakin besar jarak yang ditempuh data antara server dan pengunjung situs web Anda, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat situs web Anda. Oleh karena itu, jika situs web Anda ditujukan terutama untuk orang-orang di area Anda, sebaiknya gunakan perusahaan hosting lokal.

Tentu saja, itu akan menjadi ekonomi palsu jika penyedia lokal memiliki perangkat lunak dan perangkat keras berkualitas rendah. Dan hanya karena mereka secara fisik dekat dengan Anda tidak berarti mereka akan menawarkan dukungan yang baik. Jadi, selalu bermanfaat untuk melakukan riset dan memeriksa ulasan pelanggan sebanyak mungkin.

Bisakah saya mempercayai penyedia web hosting?
Secara umum, Anda dapat mempercayai perusahaan web hosting untuk setidaknya berusaha memenuhi janji mereka kepada Anda. Pasar sangat kompetitif sehingga jika tidak, mereka pasti tidak akan bertahan lama. Namun, ada satu hal khusus yang harus diperhatikan, dan itu adalah kata berduri ‘tidak terbatas’.

Banyak perusahaan hosting menjanjikan ‘bandwidth tidak terbatas’, yang berarti tidak ada batasan tentang berapa banyak orang yang dapat mengunjungi situs web Anda pada satu waktu. Mereka mungkin juga menawarkan ‘penyimpanan tidak terbatas’, yaitu Anda berpotensi mengunggah konten dalam jumlah tak terbatas ke situs web Anda tanpa pernah kehabisan ruang.

Ini adalah putaran pemasaran yang tidak masuk akal dan murni. Secara realistis, ruang disk dan bandwidth Anda akan selalu dibatasi secara fisik. Yang biasanya dimaksudkan perusahaan dengan janji ini adalah Anda akan mendapatkan lebih banyak ruang dan akan mampu menangani lebih banyak lalu lintas daripada kebutuhan pengguna rata-rata. Akan tetapi, akan ada batasan; Anda hanya tidak akan tahu apa itu sampai Anda melampauinya.

Jenis bahasa yang menyesatkan ini tidak benar-benar aktif, dan merupakan masalah yang pada akhirnya harus dihadapi oleh industri hosting web … kecuali pemerintah mengaturnya terlebih dahulu. Sementara itu, jika penyedia Anda mengiklankan bandwidth atau penyimpanan ‘tidak terbatas’, berhati-hatilah, dan periksa syarat dan ketentuannya dengan cermat.

Apa jenis utama web hosting?

Semakin kuat paket hosting Anda, semakin banyak biayanya (Kredit gambar: Andrea Piacquadio dari Pexels)
Ada banyak jenis hosting web yang berbeda, dan ini tampak cukup menakutkan bagi pemilik situs web yang baru pertama kali melakukannya. Jika itu Anda, yakinlah bahwa hosting bersama, jenis pertama dalam daftar kami di bawah adalah semua yang benar-benar perlu Anda ketahui.

Shared hosting adalah bentuk web hosting termurah, dan layanan paling umum untuk dipilih oleh pemilik situs web rata-rata. Ini disebut ‘dibagikan’ karena situs web Anda akan berada di server yang sama seperti banyak situs lain, yang mungkin berjumlah ratusan. Fitur yang tersedia dengan jenis layanan ini biasanya cukup mendasar, tetapi cocok untuk situs web yang hanya mengharapkan jumlah pengunjung yang rendah.

Dengan hosting Virtual Private Server (VPS), situs web Anda juga berbagi ruang server dengan situs web lain, tetapi lebih sedikit. Jenis hosting ini lebih stabil dan aman daripada hosting bersama, jadi kecil kemungkinannya untuk mogok saat jumlah pengunjung melonjak, tetapi juga lebih mahal. Jenis hosting ini cocok untuk situs web apa pun yang mengharapkan jumlah lalu lintas sedang.

Hosting khusus, seperti namanya, berarti situs web Anda mendapatkan server pribadinya sendiri. Ini adalah layanan termahal yang disebutkan sejauh ini. Untuk uang tambahan, Anda akan membuat situs web Anda disajikan lebih cepat kepada pengunjung Anda dan kecil kemungkinannya untuk mogok, bahkan selama lonjakan lalu lintas yang tinggi. Jenis hosting ini cocok untuk bisnis besar dengan situs lalu lintas tinggi. Hosting khusus dapat dikelola sendiri, di mana Anda mengontrol server dan bertanggung jawab atas keamanan dan pemeliharaannya, atau tidak dikelola, di mana tim teknis dari perusahaan hosting itu sendiri yang bertanggung jawab atas tugas-tugas ini.

Tidak nyaman dengan gagasan menyimpan situs web Anda di satu server fisik, membuatnya rentan terhadap pemadaman listrik lokal, diretas, bencana alam, atau diganggu oleh pemerintah nasional? Kekhawatiran semacam ini telah memunculkan jenis hosting baru, yang disebut cloud hosting. Ini berarti situs web Anda disimpan di beberapa server di seluruh dunia, menyebarkan risiko terjadinya apa pun pada situs web Anda, dan menyediakan sumber daya tambahan selama lonjakan lalu lintas. Sisi negatifnya adalah Anda kurang memiliki kendali atas di mana data Anda berada.

WordPress hosting murah adalah layanan hosting yang dioptimalkan secara khusus untuk situs web WordPress. WordPress.org memungkinkan Anda membuat situs web secara gratis (ini nomor dua di daftar pembuat situs web terbaik kami) tetapi cukup sulit untuk disiapkan. Jadi sebagian besar penyedia hosting utama telah turun tangan untuk membuatnya lebih mudah dengan, misalnya, mengizinkan Anda menginstal perangkat lunak dengan satu klik, dan secara otomatis memperbaruinya untuk Anda, serta menghosting situs Anda. Lihat panduan kami untuk penyedia hosting WordPress terbaik hari ini.

Hosting email ditujukan untuk orang dan organisasi yang tidak ingin menggunakan layanan email pihak ketiga seperti Gmail, tetapi lebih suka menyimpan dan mengontrol email mereka sendiri di server mereka sendiri. Ini mungkin server yang juga menyimpan situs web mereka, atau yang terpisah.

Ingin menjadi perusahaan hosting sendiri? Anda sebenarnya tidak perlu membeli server fisik dan mengoperasikannya sendiri: Anda dapat menyewa ruang di server orang lain, lalu menjualnya ke orang lain. Inilah yang disebut sebagai web hosting pengecer.