6 Manfaat Kesehatan Bawang Putih yang Ampuh Untuk Kamu!

Posted on

Bawang putih yang memiliki nama latin allium sativum umum digunakan sebagai bumbu masakan, bawang putih ini umumnya digunakan sebagai bumbu masakan, selain itu bawang putih juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, kalsium, zat besi dan berbagai vitamin lainnya. Maka dari itu bawang putih dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit.

Simak berbagai manfaat bawah putih dibawah ini.

  • Menjaga kesehatan jantung

Dengan makan bawang putih mentah terdapat efek kardioprotektif yang dapat melindungi kesehatan jantung. Bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Cara bawang putih melindungi jantung dengan cara mencegah plak untuk terbentuk di dalam pembuluh darah.

Aplikasi Rekomendasi Saham

  • Dapat mencegah kanker

Bawang putih ini mengandung senyawa sulfur bioaktif yang dipercaya memiliki efek pada pembentukan kanker dan proses lainnya yang dapat mengubah tingkat risiko kanker. Dengan meningkatkan asupan konsumsi bawang putih dapat menurunkan risiko kanker lambung, usus besar, pankreas dan payudara.

  • Dapat meningkatkan kesehatan tulang

Pada penelitian yang dilakukan pada wanita menopause menunjukkan bawang putih dapat menurunkan defisiensi estrogen yang dapat menyebabkan gangguan tulang, karena efek ini bawang putih ini dipercaya dapat memberikan efek baik osteoarthritis.

  • Mencegah demensia

Demensia ini dapat dipicu dari stres oksidatif yang terjadi karena radikal bebas. Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas, bawang putih ini juga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

  • Menurunkan tekanan darah

Dengan mengkonsumsi ekstrak bawang putih dipercaya dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Masyarakat percaya bahwa bawang putih yang berumur tua dan dalam dosis yang wajar serta dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan tekanan darah.

  • Dapat mengatasi infeksi lain dan pilek

Kandungan senyawa allicin yang terdapat dalam bawang putih dipercaya dapat mengatasi pilek dan berbagai macam infeksi lainnya. Senyawa ini bersifat antimikroba. Penelitian lain menunjukan dengan mengkonsumsi suplemen bawang putih mempunyai potensi terkena penyakit pilek ini lebih rendah dibandingkan mengkonsumsi plasebo.

Nah ini 6 manfaat kesehatan yang dimiliki oleh bawang putih yang bisa dijadikan alternatif sebagai obat.

Simak manfaat menarik lainnya disini