man with bad time management

10 Tips Time Management yang Keren Banget!

Posted on

Dalam satu hari kita diberikan durasi waktu yang sama yaitu 24 jam. Tetapi dalam durasi waktu yang sama tersebut mengapa ada manusia yang lebih sukses dan sibuk daripada yang lain? Jawabannya bisa saja karena Anda membuang waktu tersebut sia-sia.

Seperti kata orang, hal yang tidak dapat kembali lagi adalah waktu. Membuang waktu dengan melakukan hal yang tidak produktif bisa jadi berarti Anda telah membuang peluang dan kesempatan menuju kesuksesan di masa depan.

Daripada Anda mulai sibuk menyesali waktu yang telah Anda buang, lebih baik Anda menyimak beberapa solusi agar Anda dapat mengatur waktu yang masih Anda miliki sebaik-baiknya. Berikut 10 tips time management yang efektif.

  1. Tentukan Turn Around Time

Ketika Anda akan menyelesaikan sebuah pekerjaan sebaiknya Anda juga menentukan Turn Around Time yang dibutuhkan di masinh-masing pekerjaan. Turn Around Time tersebut berguna untuk membantu Anda agar lebih efektif dan efisien ketika mengelola setiap detik yang dihabiskan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

  1. Menjadi Rapi dan Terorganisir

Pekerjaan yang berantakan dan tidak teratur dapat membuang lebih banyak waktu dan tenaga yang Anda miliki untuk membereskannya terlebih dahulu. Selalu rapikan setiap pekerjaan yang telah Anda selesaikan, hal ini akan mempengaruhi sisi psikologi Anda dan membuat Anda lebih bersemangat keesokan harinya.

  1. Konsistensi dan Komitmen

Dengan memiliki komitmen yang kuat dan konsisten melakukan hal kecil setiap harinya akan menciptakan habit baik dikemudian hari, jika habit ini telah terbentuk maka Anda akan menjalani pekerjaan secara otomatis dan senang hati tanpa merasa pekerjaan tersebut adalah beban bagi Anda sehingga pencapaian-pencapaian yang Anda miliki akan terasa semakin dekat.

Aplikasi Rekomendasi Saham

  1. Beri Jeda Pada Diri Sendiri

Menyelesaikan tugas-tugas yang padat dengan efisiensi waktu yang tinggi tentu akan membuat Anda kelelahan, tetap lowongkan waktu sejenak untuk diri Anda sendiri. Memberi jeda dan waktu tenang baik untuk psikologis Anda hal ini juga dapat mencegah Anda dari kemungkinan mengalami stress saat bekerja.

  1. Jangan Mulai dengan Tergesa

Mulailah secara perlahan-lahan karena mengatur waktu termasuk hal yang tidak mudah apalagi jika Anda tidak terbiasa melakukan hal tersebut. Lakukan secara perlahan tetapi konsisten dan memiliki komitmen dengan tujuan yang jelas akan membantu Anda dalam mengatur waktu.

  1. Prioritaskan Pekerjaan

Memberikan prioritas yang mana pekerjaan yang lebih dahulu diselesaikan akan membantu Anda ketika diberikan pekerjaan dalam jumlah yang cukup banyak. Setelah menyelesaikan pekerjaan prioritas lalu selesaikan pekerjaan lain yang sudah Anda list. Apalagi ketika Anda sudah menentukan turn around time pada setiap pekerjaan maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menyelesaikannya.

  1. Tidur Secukupnya

Jam tidur orang dewasa berkisar pada 7-8 jam dalam sehari, ketika Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup maka badan Anda akan merasa segar kembali. Kurangi berselanjar di dunia maya sampai pagi hari, karena hal ini akan membuat Anda merasa kelelahan di pagi hari dan otomatis akan mengganggu produktivitas Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

  1. Menyadari dan Melepaskan Pikiran Negatif

Ketika pikiran-pikiran negatif mulai datang ke diri Anda, sadari pikiran tersebut lalu perlahan-lahan lepaskan. Jangan mengunci ataupun menolak pikiran tersebut, karena semakin Anda tolak pikiran tersebut akan semakin kuat ada dalam diri Anda. Memang akan sedikit mengganggu tapi ingat bahwa jika semua hal buruk ini tidak berlangsung selamanya.

  1. Rajin Berolahraga dan Makan Makanan Sehat

Hal-hal basic seperti rutin berolahraga dan mengatur pola makan, akan memberikan dampak yang besar bagi Anda. Ketika tubuh Anda sehat dan bugar ketika beraktivitas maka Anda akan lebih bersemangat menjalani hari dan menyelesaikan pekerjaan Anda dengan optimisme.

  1. Fokus dalam Bekerja

Terbiasalah untuk fokus menyelesaikan pekerjaan demi pekerjaan yang sudah Anda prioritaskan. Dengan fokus maka Anda akan terhindar dari banyak gangguan untuk menunda-nunda dan bermalas-malasan dalam menyelesaikan pekerjaan, fokus juga akan membuat pekerjaan Anda selesai tepat waktu. Jadi Anda bisa memanfaatkan waktu yang tersisa untuk melakukan hal lain yang tentunya membawa hal baik bagi Anda.