tiket kereta api ke bandung

Hal Menarik Seputar Tiket Kereta Api Ke Bandung

Posted on

Tiket kereta api ke Bandung hampir setiap hari laris manis dibeli baik di aplikasi maupun marketplace online. Selain dikenal sebagai pusat kuliner, Bandung juga memiliki sejumlah tempat wisata populer. Setiap tahun selalu ada destinasi wisata terbaru yang unik dan indah.

Sekilas tiket kereta api ke Bandung

tiket kereta api ke bandung

Perjalanan ke Bandung bisa berasal dari mana saja, entah itu Jakarta maupun Malang dan kota-kota lainnya di tanah air. Berikut hal-hal menarik yang harus Anda ketahui seputar KA Bandung:

  • Jumlah Perjalanan

Setiap harinya terdapat 13 perjalanan KA Bandung dari berbagai rute dan tipe kelas. Dengan tujuan akhir di Solo, Surabaya, Semarang, Jakarta dan lainnya. Puas menjelajahi Kota Bandung, Anda bisa melanjutkan penjelajahan ke kawasan Indonesia lainnya dari stasiun Bandung.

  • Kisaran Harga Tiket KA Bandung

Bila Anda berasal dari Jakarta, harga tiket KA ke Bandung dibanderol sangat terjangkau.  Sementara untuk pendatang dari Jateng, wajib membayar tiket lebih mahal. Perkiraan harga tiket kereta api ke Bandung mulai dari Rp 67.000 – Rp 345.000 per orang.

  • Durasi Perjalanan

Selain harga tiketnya yang bervariasi, lamanya perjalanan juga dipengaruhi dengan tujuan awal pemberangkatan. Contohnya KA Jakarta Bandung yang rata-rata menghabiskan waktu perjalanan selama 3 jam lamanya. Atau KA Malang Jakarta yang membutuhkan waktu lebih lama sekitar 15 jam lamanya.

Jenis stasiun KA Bandung

Jumlah stasiun di Bandung yang menyediakan rute perjalanan lokal maupun luar kota cukup bervariasi. Anda yang ingin liburan ke Bandung, bisa memilih satu dari 3 stasiun berikut ini:

  • Stasiun Cimahi

Stasiun Cimahi usianya sudah cukup tua bahkan sudah ada sebelum Indonesia merdeka tepatnya pada tahun 1884. Stasiun ini melayani perjalanan dari luar kota maupun local dengan tipe kelas ekonomi, eksekutif maupun bisnis.

Kota tujuan utama Stasiun Cimahi di antaranya adalah Purwokerto, Cirebon juga Surabaya. Anda yang sudah puas bermain di Bandung, bisa melanjutkan traveling dengan mengunjungi salah satu dari ketiga kota tersebut.

  • Stasiun Bandung Hall

Promo tiket kereta api ke Bandung umumnya menjadikan Stasiun Bandung Hall sebagai pemberhentian terakhir. Mengapa demikian? karena stasiun inilah yang paling terkenal di kota kembang. Berada di Kelurahan Pasir Kaliki dan Kebon Jeruk, menyediakan akses masuk lebih dari satu yakni di pintu selatan juga pintu utara.

Dikenal sebagai stasiun populer yang menyediakan bervariasi rute perjalanan. Stasiun Bandung Hall dilengkapi fasilitas modern yang akan memanjakan Anda setelah sampai di Kota Bandung. Ada pun jumlah perjalanan luar kota yang dilayani stasiun ini meliputi kota Solo, Malang, Jakarta dan sebagainya.

  • Stasiun Kiaracondong

Rekomendasi stasiun pemberhentian terakhir di Kota Bandung adalah Stasiun Kiaracondong yang berada di Jln. Ibrahim Adjie dari pintu masuk utara. Sementara jika Anda mengaksesnya dari arah selatan, stasiun ini berada persis di Jln. Stasiun Kiaracondong, Babakansari, Jabar.

Fasilitas bandara check-in bisa Anda temukan di Stasiun Kiaracondong yang menandakan sisi modern dari stasiun ini. Stasiun ini dibuka sejak 1923 dan telah mengalami berbagai renovasi serta pertambahan fasilitas. Melayani berbagai rute perjalanan dari Blitar, Surabaya, Kutoarjo dan sebagainya.

Itulah tiga stasiun utama yang paling dikenal di Kota Bandung. Anda yang terbiasa menggunakan bus untuk traveling ke Bandung, mungkin baru pertama kali mendengar mengenai stasiun tersebut.

Catat seluruh informasi pentingnya supaya perjalanan liburan ke Bandung tidak berakhir mengecewakan. Selain itu, belilah tiket kereta api ke Bandung hanya di counter stasiun atau situs dan aplikasi online terpercaya seperti tiketkeretaapi.com.