jenis alat peraga

Mengenal Pengertian Dan Jenis Alat Peraga Pendidikan

Posted on

Salah satu cara yang digunakan dalam dunia pendidikan adalah penggunaan sebuah alat peraga. Alat ini berfungsi untuk memperjelas dan membuat menjadi lebih real beberapa peristiwa ataupun permasalahan yang sedang dipelajari pada saat itu. Ada banyak sekali macam dan jenis alat peraga. Berikut ini ulasannya.

Pengeritan Alat Peraga

Sebenarnya apa definisi alat peraga itu ? Diatas sudah kita jelaskan secara singkat. Namu berikut ini salah satu contoh pengertian alat peraga menurut Wijaya dan Rusyan “1994”. Alat peraga adalah satu media yang berperan sebagai perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi pelajar  dalam belajar sehingga menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Apapun pengertian alat peraga pada intinya adalah agar proses belajar atau proses penjelasan  terhadap segala sesuatu yang dipelajari menjadi lebih hidup dan seolah – olah terlihat nyata. Bukan begitu para pembaca sekalian ? Oke. Berikut ini beberapa macam alat peraga yang banyak digunakna dalam berbagai bidang.

Jenis Alat Peraga

# Gambar

Alat peraga yang paling banyak digunakan dalam dunia pendidikan khususnya adalah gambar. Hal ini karena sangat prkatis dan mudah didapatkan. Dan tentunya harganya cukup murah. Anda ingat waktu masih duduk di Sekolah Dasar. Tentu akan banyak melihat gambar – gambar aneh, seperti gambar organ manusia, gambar tengkorak dan lain sebagainya. Ini tidak lain adalah sebuah alat peraga pembelajaran yang digunakan di sekolah.

# Boneka (Manekin)

Selain gambar ada juga alat peraga dalam bentuk tiga dimensi yang terlihat nyata. Yaitu berupa boneka atau kerap kali disebut dengan manekin. Alat peraga ini juga banyak digunaka di berbagai bidang, baik pendidikan ataupun lainnya. Salah satu contoh penggunaannya adalah di sekolah tinggi ilmu kesehatan yang disebut juga dengan boneka phantom. Ingin tahu lebih lanjut seperti apa, anda bisa kunjungi website toko alat peraga kesehatan untuk melihat langsung bentuk dan macamnya.

# Instrument

Alat peraga juga bisa berupa gabungan dari berbagai macam alat menjadi satu kesatuan yang berfungsi sebagai peraga. Sebut saja instrument. Contoh alat peraga ini banyak digunakan di sekolah – sekolah teknik seperti teknik elektro, mesin dan lain sebagainya. Di sekolah dasar ataupun tingkat menengah pun ada. Contohnya pada pelajaran ipa. Tentunya banyak instrument peraga yang kita gunakan untuk peraga pendidikan.