Resep Kue Rangin

Resep Kue Rangin yang khas daerah Betawi yang Enak

Posted on

Resep Kue Rangin – Kue tradisional Indonesia ini selain lezat ternyata menjadi salah satu kue unik. Mengapa karena kue ini memiliki begitu banyak nama berbeda di setiap daerah.

Sejarah Kue Rangin

Selain dikenal sebagai kue rangin, kue ini juga sangat terkenal sebagai kue pancong, kue baris pan, ada juga yang menyebut brandos kue rangin ini. Bagi Anda yang tinggal di Betawi, Jawa dan kota-kota lain, tentu Anda sudah tidak asing dengan kue ini kan?

Dari beberapa makanan ringan di tahun 90-an yang masih umum ditemukan sampai sekarang, salah satunya adalah kue rangin atau pancong. Kue ini bahkan sudah banyak disukai sejak tahun 80-an dan merupakan camilan favorit anak-anak sekolah.

Kue tradisional ini sering dijumpai di Jakarta, kue ini adalah kue khas betawi asli. Lebih dikenal sebagai jajanan tradisional selama sekolah dasar sebagai kue rangin, rangi atau juga disebut kue pancong atau bandros, apa pun namanya di berbagai daerah, adalah kue yang mudah dibuat, terutama jika Anda memiliki cetakan.

Resep kue rangin Betawi yang sangat terkenal dengan cara pembuatannya yang tradisional. Kue Rangin terbuat dari tepung beras dicampur dengan santan. Rasanya guntur dan manis karena ada gula tapurung di atasnya. Anda juga bisa menggunakan mesin peras santan. Biasanya kue rangin ini dapat ditemukan di depan sekolah, pasar dan terkadang ada yang berkeliaran di depan rumah.

Manfaat santan untuk kesehatan

Kelapa adalah pohon multiguna dan multifungsi. semua yang terkandung dalam pohon kelapa bisa dimanfaatkan. seperti air kelapa misalnya, memiliki banyak manfaat seperti rasa air dan buah. tapi juga suka minyak kelapa dan lainnya.

Salah satu hal yang paling menarik adalah santan. Santan adalah salah satu bahan dalam memasak yang sering digunakan untuk memasak.

Santan diperoleh dari jus dan daging kelapa parut ditambah sedikit air. Rasanya gurih dan berlemak, membuat rasa makanan lebih enak dan disukai.

    Cegah Penuaan

Serat, lemak dan nutrisi serta antioksidan dalam santan dapat membantu mencegah penuaan. jadi bagi yang mengkonsumsi santan secara teratur, kemungkinan besar dia akan awet muda.

    Perkuat tulang

Tulang yang kuat tidak hanya membutuhkan kalsium, tetapi juga fosfor yang berlimpah dalam santan. Konsumsi santan juga membantu menyehatkan dan memperkuat tulang Anda.

    Kaya akan Antioksidan

Santan juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas dan melindungi dari kerusakan sel.

    Pupuk rambut

Ternyata minyak dari santan yang sudah diolah atau sisa santan dalam bentuk ampas kelapa, berkhasiat untuk pemupukan dan menghitamkan rambut, jangan percaya !! coba saja secara teratur.

    Mengencangkan kulit

Santan yang digunakan sebagai gosok wajah atau sabun untuk wajah dipercaya mampu mengencangkan kulit atau mencegah penuaan kulit Anda, terutama baik untuk wanita.

Resep Kue Rangin

Dalam resep ini kue rangin cukup mudah, cukup mudah dan tidak repot. Tetapi kita harus menggunakan cetakan khusus untuk membuat kue rangin, seperti yang sering digunakan oleh penjual kue ini. Bentuk cetakan kue mirip dengan kue tetapi hanya sedikit lebih rendah. Seperti dilansir ccokpad, berikut adalah resep membuat kue rangin, gurih dan manis khas jajajan tahun 90an.

Bahan Resep Kue Rangin yang harus disiapkan:

  •     Tepung beras, 250 gram
  •     Santan, 400 ml 1/2 kelapa
  •     Santan cair, 600 ml 1/2 kelapa
  •     Garam secukupnya
  •     Gula pasir, 50 gram, untuk taburan
  •     Kelapa sedang, 250 gram, parut memanjang
  •     Telur ayam, 2 butir telur, kocok
  •     Minyak goreng / margarin secukupnya, untuk disebar

Cara membuat Kue Rangin:

  1. Pertama-tama, masukkan semua bahan dalam satu wadah yaitu tepung, santan, ragi instan, telur kocok, garam, dan parutan kelapa.
  2. Semua bahan ini diaduk sampai merata dan didiamkan sekitar 25 menit.
  3. Lalu, siapkan cetakan kue panekuk dan panaskan. Jangan lupa, olesi dulu permukaan cetakan dengan minyak.
  4. Langkah selanjutnya, masukkan semua bahan kue panekuk di atas ke dalam cetakan dan panggang sampai matang & kering.
  5. Setelah matang, kue panekuk diangkat dan ditaburi dengan beberapa pilihan seperti gula, keju, atau cokelat taburan meses.

Tips Kue Rangin:

  1.     Pastikan cetakannya panas saat campuran dituang.
  2.     Saat memanggang pancake, gunakan api kecil untuk memasak secara merata.
  3.     Untuk membuat adonan harum, tambahkan saja daun pandan saat merebus santan dan   tepung beras.

Demikian tadi resep kue rangin dan beberapa manfaatnya, semoga bermanfaat untuk Anda. Anda juga dapat menggunakan mesin perontok jagung. Sekian dan terima kasih.