Cara Membuat Bika Ambon

Cara Membuat Bika Ambon Praktis dan Sederhana

Posted on

Cara Membuat Bika Ambon – Bika ambon merupakan kue khas dari daerah Medan Sumatera Utara Namun banyak orang yang salah mengartikan bahwa kue berasal dari Ambon, walau namanya menggunakan Ambon makanan ini bahkan tidak ada kaitannya dengan kota di Indonesia timur ini.

Kue ini memiliki rasa yang manis serta legit, aroma dari bika ambon juga sangat harum khas.  Bentuk bika ambon juga terbilang unik karena memiliki rongga seperti jaring – jaring yang membuat kue ini semakin unik.

Banyak Ibu – ibu yang ingin mencoba membuat bika ambon namun gagal membuat jaring – jaringnya. Dan ada juga yang hasil akhir kuenya bantet sehingga mengurangi kenikmatan bika ambon. Nah disini kami akan memberikan resep untuk membuat bika ambon yang benar.

Cara Membuat Bika Ambon

Bahan Bika Ambon :

  • Tepung terigu 100 gram (dengan kadar protein sedang yang biasa digunakan untuk membuat roti)
  • Tepung sagu 300 gram
  • Air kelapa yang masih segar 200 ml
  • Ragi 11 gram (sebagai bahan pengembang)
  • Santan kental 600 ml (gunakan mesin peras santan)
  • Telur ayam 15 butir
  • Vanili 1 sendok teh
  • Gula pasir putih 450 gram (hindari menggunakan gula pasir yang berwarna gelap karena nanti akan tercium aroma tebu)
  • Garam secukupnya

 Cara Membuat Bika Ambon :

  1. Pertama, siapkan wadah dengan ukuran sedang. Campurkan tepung dengan ragi dan aduk hingga kedua bahan tercampur dengan rata.
  2. Masukkan secara perlahan air kelapa ke dalam campuran terigu dan ragi sambil diaduk pelan – pelan. Pastikan ketiga bahan tersebut tercampur dengan sempurna dan tidak ada gumpalan tepung.
  3. Diamkan adonan selama kurang lebih selama 14 – 16 menit sambil mempersiapkan bahan yang lain.
  4. Lanjut untuk menyiapkan wadah yang lebih besar, masukkan gula pasir, 1 sendok garam, dan vanili lalu campur dengan spatula hingga rata. Masukkan telur satu per satu sambil diaduk supaya tercampur.
  5. Ambil adonan yang sudah didiamkan tadi dan campurkan dengan adonan telur. Kemudian tambah dengan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
  6. Masukkan santan kental secara bertahap dan tetap diaduk, proses pengadukan harus diperhatikan supaya kedua bahan tercampur dengan sempurna.
  7. Saring adonan bika untuk memastikan adonan sudah tercampur dengan baik.
  8. Diamkan adonan selama kurang lebih 2 jam agar saat jadi bika ambon bisa mengembang dan keluar bentuk jaring – jaring.
  9. Setelah itu, panaskan oven dahulu lalu siapkan loyang yang sudah diolesi minyak atau margarin. ( loyang yang diolesi dengan minyak bertujuan supaya nanti tidak lengket.)
  10. Tuangkan adonan kedalam loyang namun jangan sambil diaduk untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
  11. Jika oven sudah panas masukkan loyang, panggang api sedang dan biarkan pintu pintu terbuka sedikit. Kalau pintu oven dibuka terlalu lebar proses pemasakannya lebih lama dan hasilnya kurang masksimal.
  12. Panggang selama 7 – 13 menit hingga warna kulit luar kuning kecoklatan.
  13. Bika ambon siap untuk disajikan.

Itulah tadi proses lengkap pembuatan bika ambon anda dapat membandingkan resep ini dengan resep bika ambon lain di google untuk lebih memantapakannya. Anda juga dapat mencoba mesin takoyaki.

Semoga bisa menjadi insirasi anda untuk berkreasi mengolah makanan khas nusantara terimakasih.