tips menjaga tekanan darah tetap normal

Tips Sederhana Untuk Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Posted on

Bagi anda yang sudah memiliki penyakit tekanan darah tinggi tentunya amat berhati – hati dengan cara menjaga semua pola makan dan kesehatan. Itulah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengontrol tekanan darah tetap normal. Berikut ini beberapa tips lengkap yang bisa dilakukan agar tekanan darah tidak melonjak tinggi tanpa disadari.

Tips Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Kita semua mengetahui bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Hal ini kerena penyakit ini dapat memicu timbulnya penyakit lain yang justru lebih berbahaya seperti jantung dan juga stroke. Untuk itulah kita harus pintar memanagemen kesehatan agar tekanan darah tetap dalam kisaran yang wajar, berikut beberapa tipsnya :

1. Pola Makan Sehat

Menjaga pola makan sehat merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan bagi anda yang telah mengidap tekanan darah tinggi. Sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan yang kita makan ternyata adalah faktor terbesar yang menentukan kesehatan kita. Oleh sebab itu, menerapkan pola makan sehat adalah satu keniscayaan yang dapat membuat tekanan darah kita mudah dikontrol.

2. Kurangi Asupan Garam

Beberapa diantara implementasi pola makan sehat adalah memperbanyak buah dan sayur. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh, kolesterol dan gula. Untuk anda yang memiliki tekanan darah tinggi tentunya juga mengurangi konsumsi garam dapur. Hal ini karena garam dapur dapat memberikan efek negative untuk tekanan darah. Sebisa mungkin anda kurangi dalam menu masakan anda.

3. Pola Hidup Sehat

Setelah pola makan sehat. Lakukan juga pola hidup sehat, apa itu ? Hindari Alkohol, Rokok dan juga Begadang. Usahakan tidur yang cukup dan berkualitas. Salah satu sebab tekanan darah naik di bagian diastolic adalah karena kurang tidur malam atau kualitas tidur yang buruk.

4. Olahraga

Implementasi pola hidup sehat selain menghindari beberapa hal diatas anda juga bisa memulai dengan berolahraga. Semua orang sependapat bahwa olahraga merupakan salah satu sebab aliran darah menjadi teratur dan lancar. Hal ini pasti akan berdampak pada kondisi tekanan darah kita yang normal. Lakukan gerakan fisik 30 menit setiap hari dimulai dari gerakan – gerakan yang ringan. Rasakan efeknya.

5. Kontrol Sendiri Tekanan Darah Anda Setiap Saat

Bagaimana cara agar kita bisa mengontrol tekanan darah setiap hari ? Caranya adalah dengan memiliki sebuah alat ukur tekanan darah sendiri di rumah. Mengapa tidak ? Tensimeter atau alat ukur tekanan darah merupakan alat kesehatan yang bebas diperjual belikan. Anda dapat dengan mudah menemukannya di toko alat kesehatan di manapun. Dengan alat ini, anda akan tahu berapa tekanan darah saat ini. Dan segera mengambil tindakan apabila anda dapati tekanan darah anda sedang tinggi.