cara membuat kopi susu

Cara Membuat Kopi Susu yang Bikin Nagih dan Nikmat

Posted on

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat kopi susu. Siapa yang mencoba untuk tidak terbiasa dengan minuman kopi susu? Padahal minuman ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang khas. Padukan rasa pahit kopi dengan susu manis dan gurih untuk menghasilkan rasa minuman yang sangat kuat.

Minuman ini sangat cocok untuk dinikmati selama waktu senggang dan di waktu malam di malam hari. anda juga dapa membuatnya menggunakan mesin kopi untuk membuat kopi. Bagi pecinta kopi, tentu saja tahu cara mencicipi kopi dengan jumlah yang tepat untuk menemani waktu santai bersama teman atau keluarga tercinta. Lalu bagaimana cara membuat kopi susu seperti dijelaskan di atas?

Sekilas Cara Membuat Kopi dan Kopi

 

cara membuat kopi susu

Kopi adalah minuman dari seduhan biji kopi yang dipanggang terlebih dahulu dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi adalah salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan oleh lebih dari 50 negara.

Membuat kopi sebelum dapat diminum melalui proses yang panjang, mulai dari memanen biji kopi yang sudah matang kemudian mengolah biji kopi dan mengeringkan sebelum berubah menjadi kopi. Proses selanjutnya adalah pemanggangan dengan tingkat panas yang tinggi.

Setelah itu biji kopi dipanggang ditumbuk dan ditumbuk menjadi bubuk kopi dengan mesin kopi sebelum kopi bisa diminum.

Espresso

Minuman perpaduan ekstrak biji kopi, memiliki rasa tinggi dan rasa kental. Dalam minuman espresso ada crema dalam bentuk busa berwarna emas yang ada di permukaan minuman. Espresso berasal dari Italia, artinya express (cepat) disajikan untuk konsumen yang memesannya.

Americano

Jenis kopi espresso dengan menambahkan suntikan air panas, kekuatan aroma dan rasa kopi yang dihasilkan tergantung pada variasi dengan jumlah suntikan air panas tambahan, sehingga penampilan kopi americano lebih tipis daripada kopi espresso.

Doppio Di Espresso

Kopi ini sering disebut sebagai kopi double shot, kopi yang dihasilkan memiliki dua kali rasa (rasa) kopi espresso, kopi jenis ini sering digunakan sebagai kompetisi barista di dunia karena metode pembuatannya yang agak unik dan membutuhkan keahlian dalam memproduksi kopi berkelas.

Freddo

Jenis kopi ini sering juga disebut Iced Coffee (es kopi), jenis kopi ini tidak perlu kedinginan, umumnya hanya menuangkan es di permukaan minuman, es tersebut dalam bentuk susu yang telah didinginkan terlebih dahulu. Rasa kopi yang dihasilkan lebih kuat dari kopi biasa.

Macchianto

Kopi dibuat dengan campuran kopi espresso dengan susu, sekilas kopi ini memiliki kopi lette dan kopi coppucino. Kopi Macchianto dalam bahasa Italia memiliki makna tanda, sehingga penyajian kopi macchianto disajikan dengan tanda atau bintik tambahan dengan sedikit busa yang berasal dari susu di atasnya.

Cara membuat kopi susu

Bahan untuk membuat kopi susu:

  • 1 sendok makan kopi bubuk
  • 2 sendok makan gula pasir
  • ½ sendok teh bubuk cokelat biasa
  • 3 sendok makan susu kental manis
  • 1 sendok teh creamer
  • 160 ml air panas

Langkah-langkah untuk membuat kopi susu:

  1. Siapkan 1 gelas
  2. Masukkan kopi bubuk, coklat, dan creamer ke dalam gelas
  3. Tuang air panas secukupnya
  4. Campur dengan baik
  5. Siapkan saringan dan cangkir untuk menikmati kopi Anda.
  6. Tuang kopi ke dalam cangkir melalui saringan.Saring sisa kopi, bubuk kakao, dan creamer.
  7. Tambahkan gula dan susu ke kopi yang akan Anda nikmati

Jadi itulah cara membuat kopi susu, jika Anda ingin memulai usaha dirumah mungkin bisa menggunakan mesin kopi untuk membut kopi sendiri. Semoga bisa Anda praktikkan di rumah dan bisa bermanfaat. Itu saja dan terima kasih.