Teknik Mengatasi Kompresor AC Overheat

Posted on

Permasalahan AC overheat atau panas berlebih sering dialami oleh sebagian besar masyarakat. Simak beberapa teknik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Kompresor overload atau overheat adalah suatu kondisi ketika kompresor mengalami panas berlebih. Kondisi tersebut jika dibiarkan akan mengakibatkan matinya kompresor.

Adapun penyebab kondisi tersebut adalah kurangnya pelumas berupa oli, kondisi yang suda tua atau ampere kompresor sudah melebihi batas normal.

Jika sudah demikian, lantas bagaimana teknik mengatasinya? Yuk, simak bersama langkah-langkah simpelnya dari jasa service AC Jakarta Pusat berikut ini.

Kompresor AC Anda Overload? Ikuti Tips Mudah Berikut Ini

Atasi permasalahan kompresor overload dengan menyimak beberapa panduan mudah berikut. Namun, jika dirasa kondisinya sudah parah silakan kunjungi bengkel atau teknisi yang handal.

1.      Kompres Menggunakan Air Dingin atau Lap Basah

Cara pertama yang bisa Anda lakukan jika mengalami permasalahan kompresor overload adalah dengan melakukan pengompresan menggunakan air dingin. Cara ini terbilang efektif untuk dilakukan jika kondisi permasalahan masih ringan.

2.      Buka Pembatas Kompresor dengan Kipas

Sejatinya pada bagian blower dan kompresor terdapat sekat atau sumbatan. Silakan atasi permasalahan kompresor tersebut dengan membuka sekat tersebut.

Hal ini dimaksudkan agar angin dari blower dapat mengenai kompresor dan mengurangi tingkat panas berlebih yang dialami.

3.      Kurangi Tekanan Freon AC

Cara ketiga yang bisa Anda coba ketika beberapa cara sebelumnya dirasa kurang efektif adalah melalui pengurangan tekanan freon AC.

Anda dianjurkan untuk mengurangi tekanan freon namun pada kondisi yang wajar. Jika semula berada pada titik 80 psi maka silakan posisikan pada angka 70 psi.

4.      Tambahkan Oli Pada Kompresor

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab kompresor overheating adalah keringnya oli di bagian tersebut.

Maka langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan oli pada kompresor. Meski terbilang rumit hal ini disinyalir dapat membantu menangani permasalahan tersebut.

Itu dia aneka penjelasan rinci mengenai teknik mengatasi kompresor AC yang overheating. Meski terdapat berbagai macam cara penanganan yang bisa Anda lakukan, perlu Anda ketahui bahwa cara tersebut bisa optimal jika kondisi masalah masing ringan.

Jika sudah parah maka ada baiknya Anda memanggil teknisi yang handal di bidangnya atau konsultasikan ke bengkel. Semoga bermanfaat.