Masjid Berusia 400 Tahun Yang Terlupakan

Posted on

Karpet Masjid – Masjid Jayantipur Bar di Kuwaritol Kaliabor adalah salah satu masjid tertua di India yang didirikan pada tahun 1570 Masehi. Saat ini adalah tahun ke 437 keberadaannya. Referensi sejarah saat kita kembali ke tahun 1532, ketika ketika jenderal Turbak dari pasukan Mughal dikalahkan oleh Raja Ahom “Swargadeo Suhunhmung” dalam pertempuran hebat di Hatbor dan Duimunisila di Kaliabor. Sebanyak 900 tentara muslim dijadikan tahanan.

Para prajurit ini kemudian dikenal dengan nama Moria ini, sebagian dari mereka tinggal di Jayantipur, Kaliabor. pada bagian selanjutnya dari pemerintahan Ahom, komunitas muslim Moria ini mendirikan sebuah masjid yang terbuat dari bambu dan jerami pada tahun 1570, sebuah struktur beton juga didirikan di tempat tersebut. Struktur-struktur lain didirikan pada tahun 1575 yang berjarak dari masjid asli.

Menurut legenda, seorang tukang batu Hindu yang terampil di bawa dari Dhaka di Bangladesh, untuk ikut membangun masjid tersebut. Dia adalah seorang yang terampil dalam arsitektur Islam dan dengan keahliannya masjid itu dibangun. Material dekoratif dibawa dari tempat-tempat yang jauh seperti Rajasthan. Setiap warga desa berkontribusi dalam pembangunan tersebut. Hingga sekarang terdapat beberapa lagu yang mencerminkan kisah kontribusi tenaga kerja para penduduk desa.

 

karpet masjid

Karpet Masjid –¬† Masjid Integritas Komunal

Konstruksi arsitektur memberikan kesaksian tentang keharmonisan hubungan antara Hindu dan Muslim. Meskipun ini sebuah masjid, strukturnya memiliki kemiripan dengan namghar atau tempat ibadah Hindu, dekorasi arsitektur dalam masjid menggunakan potongan-potongan kaca unik di Assam.

Disinilah integrasi komunal antara Hindu dan Muslim dapat diamati. Diantara 2 struktur masjid terdapat sebuah namghar yang tidak menjadikannya sebuah permasalahan.

Saat ini bangunan masjid dalam kondisi yang membutuhkan pemulihan segera. Penduduk desa “Jayantipur” sedang mencoba memperbaiki dengan kemampuan mereka namun kualitas dari pekerjaan mereka dan jumlah pekerjaan yang membutuhkan keterampilan dan dana yang besar tidak¬† mungkin dilakukan oleh penduduk desa. Jika pemerintah atau lembaga lain mengambil inisiatif untuk memulihkan dan mempopulerkan masjid ini kembali, masjid ini bisa menjadi situs penting bagi pariwisata religius di India.

Demikian Kilas Sejarah Masjid Jayantipur Bar, di Kuwaritol Kaliabor – India. Untuk mendapatkan beragam karpet masjid, dapat mengunjungi: >>>PlanetKarpet.Com<<<